Google

Tuesday, June 10, 2014

Soal PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama



LATIHAN SOAL UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama
   
KODE NASKAH: LM 01
KODE MATAKULIAH: PAUD4102
NAMA MATAKULIAH: METODE PENGEMBANGAN MORAL dan NILAI AGAMA
NAMA PENGEMBANG: DIAN NOVITA (ophie@mail.ut.ac.id)

Sapaan
Hallo Mahasiswa Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Apakah Anda sudah mempelajari bahan materi Pokok (BMP)? bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan naskah latihan Mandiri (LM) mata kuliah PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama. LM ini di maksudkan untuk membantu Anda untuk mengetahui keberhasilan atau kemajuan Anda setelah mempelajari BMP.
Bacalah soal dengan teliti dan pilih atau klik-lah pada butir pilihan jawaban A, B, C, atau D. setiap Anda mengklik suatu pilihan jawaban Anda akan mendapatkan umpan balik (feedback) mengenai benar salah jawaban yang Anda pilih. selain itu LM ini dilengkapi pula dengan hint yang berisi rambu-rambu untuk menjawab setiap butir soal. sehingga dengan mengerjakan LM ini Anda akan terbantu dalam memahami BMP sekaligus dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan diri menghadapi UAS.
Selamat mengerjakan dan selamat belajar,semoga sukses!
1
Affective motivation aspect menurut Peter memiliki makna sebagai ....

A. suatu perhitungan emosi yang akan diakibatkan dari sebuah keputusan yang diambil oleh seseorang
B. suatu perhitungan antisipatif dari seseorang terhadap risiko yang mungkin muncul jika dirinya menentukan suatu hal
C. suatu pola yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu nilai moral yang didasari oleh dua landasan perhitungan/ penilaian
D. suatu pola standar awal yang dimiliki oleh anak usia Taman Kanak-kanak dalam rangka mengembangkan moralitas anak

2
Berikut adalah tahapan pengembangan moral menurut Dewey, kecuali ....

A. Pre convensional
B. Autonomous
C. Heteronomous
D. tingkat konvensional

3
Berikut adalah hal yang harus dilakukan seorang pendidik agar dapat membantu anak didik berhubungan dengan orang lain, kecuali ....

A. mampu menempatkan dirinya setara dengan anak didik
B. dapat menyelami pikiran dan jiwa anak didik
C. menunjukkan ketegasan dan kewibawaan sebagai pendidik
D. membuat anak dapat menerima pendapatnya

4
Salah satu tujuan pendidikan moral yang dikemukakan oleh Adler adalah ....

A. menjalin hubungan konstruktif antara anak-guru, guru-guru, dan dengan pihak lain
B. memberi peluang kepada anak untuk memberi pengamatan
C. memberikan dukungan positif kepada anak dengan tindakan guru sebagai model peran yang positif
D. dapat beradaptasi pada berbagai situasi dalam relasinya dengan orang lain dan dalam hubungannya dengan kultur lain.

5
Pembentukan karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan memberi dampak yang sangat besar dalam pembentukan diri anak, Hal ini dapat dilihat pada anak yang diajari iklim kerja keras dan tangggung jawab, maka anak tersebut akan....

A. belajar memahami tentang bagaimana orang lain memperlakukan dirinya
B. menunjukkan prestasi yang tinggi
C. membentuk perilaku sosial pada kehidupan masa dewasa
D. mengkontrol emosinya dalam kehidupan sehari-hari


6
Anak yang berfikir heteronomous meyakini bahwa keadilan merupakan sesuatu yang tetap ada Piaget mengistilahkan dengan ....

A. otonomus justice
B. autonomous morality
C. immanent justice
D. heteronomous morality

7
Pada level pertama penalaran moral prakonvensional ada beberapa area perkembangan yang perlu ditingkatkan dalam kegiatan pengembangan anak TK, kecuali ....

A. sosial emosional
B. saint
C. fisik
D. bahasa

8.
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya, pemahaman terhadap perbedaan ini kepada anak bertujuan ....

A. menitikberatkan pada pengembangan kepribadian
B. meningkatkan antarbudaya dan membangun sikap toleran
C. memberi kesempatan kepada anak untuk memahami satu budaya
D. meningkatkan keterampilan berbahasa anak

9
Abdullah Nasih Ulwan menjelaskan bahwa salah satu aspek tanggung jawab pendidik terhadap anak didiknya adalah tanggung jawab pendidikan ....

A. sosial
B. kognitif
C. moral
D. bahasa

10
Kondisi yang menekankan pada pengurangan ajaran nilai, norma dan moral yang ada pada diri seseorang adalah ....

A. disolusi
B. resolusi
C. disonansi
D. resonansi

11
Sejak awal kehidupan manusia telah memiliki potensi positif maupun negatif yang tertanam pada dirinya. Peran guru dan orang tua dalam hal ini adalah ....

A. mengurangi ketegangan, mengurangi rasa sakit dan menimbulkan kesenangan
B. melepaskan energi pada setiap kesempatan yang memungkinkan tanpa penundaan
C. mengantisipasi beberapa perilaku positif yang muncul pada anak
D. pengkontrol dan pengendali dari perilaku anak didik dalam proses pendidikan

12
Jika disonansi diistilahkan sebagai penghalang masuknya nilai-nilai budaya kehidupan, maka resonansi....

A. menekankan getar nilai, norma dan moral pada pendidikan
B. menghambat getar nilai, kognitif dan moral pada pendidikan
C. menghalangi getar nilai, fisik dan moral pada pendidikan
D. menguatkan getar nilai, bahasa dan moral pada pendidikan

13.
Seorang anak yang dilingkungan keluarganya tidak pernah ditegur ketika berbuat salah, maka ia tidak merasa melanggar aturan karena sudah terbiasa dibiarkan oleh orang tuanya. hal tersebut masuk kedalam kategori disonansi ....

A. sosio politis
B. personal
C. bawaan ilmu pengetahuan dan pola modernisasi
D. kognitif

14
Sebagai guru kita dapat memberikan respon positif terhadap anak didik dengan cara dibawah ini, kecuali ....

A. menghargai dan memuji hasil karya anak
B. memberi dukungan moril kepada anak
C. menghargai pendapat dan mendekatkan diri pada anak
D. memberikan berbagai informasi dan mengajukan beberapa pertanyaan

15
Pembuatan atau cara untuk mendekati suatu aktivitas tertentu disebut ....

A. persamaan
B. persatuan
C. pendekatan
D. penjajakan

16.
Berikut ini adalah faktor yang melandasi keputusan profesional dalam memilih pendekatan pendidikan, kecuali pengetahuan tentang ....

A. sosial kultural dimana anak hidup
B. proses kegiatan belajar mengajar
C. belajar dan perkembangan anak
D. kekuatan, minat dan kebutuhan setiap individu anak dalam kelompok

17
Pada saat orang tua melihat anak mencoret-coret tembok, guru menegur dengan memberi pujian " warna lukisanmu bagus sekali, coba melukisnya diatas kertas gambar, pasti lebih bagus". contoh diatas adalah teknik membentuk tingkah laku anak dengan ....

A. memuji
B. mengubah lingkungan rumah
C. peringatan atau isyarat
D. mengajak

18
Salah satu manfaat bercerita adalah guru dapat mengembangkan daya ....

A. imajinasi anak
B. pikir anak
C. halusinasi anak
D. ingat anak

19
Untuk menunjukkan perwatakan dalam suatu cerita sesungguhnya guru dapat menggunakan media, maka teknik bercerita yang digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan ....

A. dongeng
B. ilustrasi dari buku
C. boneka
D. papan flanel

20
Pendekatan pembelajaran yang mudah membuat anak senang dan gembira adalah ....

A. karyawisata
B. dongeng
C. sajak
D. bernyanyi

21
Dibawah ini adalah program perilaku anak TK yang dilakukan dengan pembiasaan, kecuali ....

A. berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
B. menjenguk teman sakit
C. menyerobot pada saat antri mainan dengan temannya
D. bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan

22
Untuk menumbuhkan sikap sopan santun pada anak guru dapat mengajarkannya dengan ....

A. mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain
b. mengenal arti kebersamaan dan persatuan
C. bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan
D. berdoa sebelum dan sesudah memulai kegiatan

23
Kegiatan yang dilakukan oleh anak usia 4-5 tahun yang terdapat pada materi inti pengembangan moral dari menu pembelajaran anak usia dini adalah ....

A. meniru gerakan beribadah dengan tertib
B. membantu pekerjaan ringan orang dewasa
C. menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
D. mengikuti nyanyian lagu agama

24
Untuk mengenalkan aturan bermain didapur, guru dan orang tua dapat memperkenalkan hal-hal berikut kecuali ....

A. tidak mengganggu ibu atau pembantu yang sedang bekerja
B. menekankan pentingnya berperilaku sopan diatas meja makan
C. tidak bercanda seperti mendorong atau berlari-lari yang dapat menyenggol benda yang ada didapur
D. memperlihatkan benda-benda didapur yang dapat membahayakan

25
Pada saat kegiatan bercerita selesai, guru meminta anak menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan, hal ini termasuk dalam melatih anak agar memiliki sikap ....

A. sosialisasi
B. tenggang rasa dan toleransi
C. mampu mengendalikan emosi
D. berani, bangga, bersyukur dan tanggung jawab

26
Dibawah ini adalah fungsi penilaian, kecuali ....

A. sebagai bahan masukan bagi pihak lain yang memerlukan pembinaan selanjutnya
B. memberikan informasi kepada orang lain tentang ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anaknya
C. sebagai pertimbangan untuk menetapkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan niat dan kemampuan anak
D. mengetahui ketercapaian kemampuan yang telah ditetapkan dalam GBPKB TK

27
Prinsip yang berorientasi pada proses dan tujuan, penilaian di TK dilaksanakan dengan .....

A. bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan hasil belajar
B. berorientasi pada tujuan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak
C. memperhatikan kesesuaian antara apa yang diajarkan di TK dengan laporan yang dibuat
D. memberikan gambaran sejauh mana penguasaan bahan belajar yang disampaikan guru selama proses pembelajaran

28
Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan lembar pengamatan, kecuali ....

A. memberi kesempatan untuk anak dalam mempertahankan atau mempertanggungjawabkan pendapat
B. diadakan pembatasan agar jumlahnya tidak terlalu banyak
C. disepakati bersama sehingga siapapun yang menggunakannya tidak mengalami kesulitan
D. mewakili keseluruhan tingkah laku atau kemampuan yang akan dinilai

29
Penilaian kegiatan bercerita yang dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan teknik ....

A. bertanya
B. observasi
C. pemberian tugas
D. portofolio

30
Pendidikan nilai-nilai keagamaan dalam landasan yuridis berfungsi untuk ....

A. membangun pondasi yang kokoh bagi pendidikan selanjutnya
B. mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang memahami nilai-nilai ajaran agama
C. meletakkan kerangka kehidupan dalam tatanan masyarakat
D. menanamkan sifat saling menghormati antar suku bangsa dan agama

31
Guru dapat memberikan kegiatan pembelajaran nilai-nilai keagamaan anak TK dengan cara ....

A. membereskan mainan setelah digunakan
B. memberikan pembiasaan berdoa sebelum melakukan pekerjaan
C. mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kita
D. membiasakan mandi sendiri sebelum berangkat sekolah

32
Pada hakekat belajar nilai-nilai keagamaan, peragaan mengandung makna ....

A. memberikan hasil dan pengalaman belajar yang mendalam bagi anak
B. menunjukkan keaktifan anak yang tumbuh atas dorongan dari dalam dirinya sendiri
C. anak dapat menangkap suatu pesan atau informasi secara langsung dan kongkret
D. anak dapat menikmati gerakkan yang diperagakan oleh guru

33
Dibawah ini adalah dampak positif dari target mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada anak TK, kecuali ....

A. akal pikiran
B. fisik
C. kemampuan bersosialisasi
D. kemampuan berbahasa

34
Guru dan orang tua dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak hendaknya memiliki tujuan khusus dengan melihat aspek-aspek dibawah ini, kecuali aspek ....

A. usia
B. sosial
C. fisik
D. psikis

35
Tujuan guru melakukan penanaman nilai-nilai agama bagi anak TK adalah ....

A. membentengi anak dari pengaruh lingkungan yang negatif
B. membantu anak berfikir lebih matang
C. membantu perkembangan bahasa anak
D. membantu anak meningkatkan kreatifitas

36
Landasan utama penanaman esensi nilai-nilai keagamaan kepada anak usia TK adalah ....

A. keluarga
B. guru
C. teman
D. lingkungan

37
Penanaman nilai-nilai agama pada anak akan muncul manakala anak sering melihat dan terlibat dalam acara-acara keagamaan seperti ....

A. melakukan peribadatan
B. bimbingan dan penyuluhan
C. renungan dan intropeksi
D. pendidikan budi pekerti

38
Pada saat mengajarkan nilai-nilai agama pada anak TK hendaknya guru harus menguasai terlebih dahulu materi yang akan diajarkan karena pada usia TK anak banyak belajar dari apa yang mereka lihat. Kondisi diatas menjelaskan bahwa anak bersifat ....

A. misunderstand
B. ritualis
C. imitative
D. egosentris

39
Materi pembelajaran yang bersifat terapan dan sangat dibutuhkan untuk beraktivitas dalam kehidupan anak adalah ....

A. enjoyable
B. aplikasi
C. mudah dimengerti
D. mudah ditiru

40
Untuk memantau proses perkembangan dan kemajuan anak dalam mengikuti program yang disiapkan guru maka prinsip materi pengembangan agama yang perlu dilakukan guru yaitu ....

A. keteladanan dari lingkungan dan orang tua dan keluarga
B. monitoring yang rutin
C. penekanan pada aktivitas sehari-hari
D. kesesuaian dengan kurikulum spiral

41
Dalam menyiapkan kegiatan harian guru mengembangkan materi nilai-nilai agama yang disisipkan melalui pengembangan bidang kemampuan dasar lainnya, kegiatan tersebut disebut juga dengan kegiatan yang ....

A. rutinitas
B. khusus
C. umum
D. terintergrasi

42
Dibawah ini adalah beberapa tujuan dari pembuatan SKH, kecuali ....

A. proses kegiatan belajar mengajar akan lebih lancar
B. guru dapat mengajarkan materi yang diinginkan sesuai perkembangan situasi dikelas
C. guru dapat menggunakan media secara integral
D. guru dapat menghindari diri dari lupa dan kebimbangan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung

43
Salah satu langkah pembuatan perencanaan Satuan Kegiatan Mingguan adalah ....

A. memilih dan menentukan kegiatan berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai dan mengintegrasikan dengan materi nilai-nilai ajaran agama
B. memilih tema sesuai dengan keinginan guru serta menggunakannya hingga waktu yang lama
C. mendistribusikan kemampuan yang harus dikuasai anak dalam satu bulan untuk setiap sub tema
D. memberikan tanda ceklis (V) pada setiap kemampuan dan tema yang disukai oleh guru, dan membaginya untuk setiap 3 bulan sekali.

44
Berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran yang telah dibuat guru melalui kajian empirik, kecuali ....

A. kesinambungan antara program satu dengan program lainnya
B. melalukan pendekatan terpadu
C. menyiapkan kurikulum yang komprehensif
D. mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak didik

45
Yang melatarbelakangi perlunya inovasi dalam pengembangan pembelajaran di TK adalah ....

A. munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan sarana yang ada dilingkungan penyelenggara pendidikan
B. ketidakseragaman dalam pencapaian target kompetensi standar pengembangan nilai-nilai agama bagi anak
C. penerapan metode yang tidak sesuai dengan perkembangan anak
D. sikap anak yang tidak perduli dan antusias dalam mengikuti program pengembangan karena terkesan dipaksakan

46
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk melakukan inovasi pendekatan dan pengembangan nilai-nilai agama pada anak TK, kecuali ....

A. menggunakan berbagai media dan sumber belajar
B. kesesuaian dengan keinginan anak
C. lingkungan yang kondusif
D. menggunakan pembelajaran terpadu

47
Berikut adalah beberapa langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang kita lakukan, kecuali ....

A. lakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara yang anak pilih
B. kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri
C. biasakan anak memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan bergelut dengan ide dan gagasan
D. kembangkan sifat rasa ingin tahu anak dengan memancing mereka untuk bertanya

48
Untuk dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi guru dapat mengangkat tema pembelajaran dengan bercerita terlebih dahulu kepada anak misalnya tema matahari, bulan dan bintang. kemudian guru mengambil salah satu untuk dijadikan topik pembicaraan dengan anak bertanya manfaat serta keindahannya. dalam kegiatan tersebut guru sedang melakukan pendekatan ....

A. karyawisata
B. keteladanan
C. demonstrasi
D. bercakap-cakap

49
Karakteristik penilaian yang ideal adalah ....

A. dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung
B. dilakukan hanya pada saat pembukaan pembelajaran
C. dilakukan pada saat guru melakukan umpan balik tentang materi pembelajaran
D. dilihat pada kemampuan dan kecepatan anak menyelesaikan tugas

50
Guru dapat melakukan penilaian terhadap anak didik dengan melihat seluruh hasil karya anak dan dengan melihat kinerja anak dalam melakukan kegiatan. dalam hal ini guru melakukan instrumen penilaian dengan mengacu pada ....

A. produk
B. observasi
C. performance
D. pengukuran

1 comment: