Google

Friday, December 4, 2015

SOAL PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA



PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA
NASKAH LATIHAN MANDIRI
KODE MATA KULIAH : PAUD4106
NAMA MATAKULIAH : METODE PENGEMBANGAN BAHASA
KODE NASKAH : LM01
PENGEMBANG : SARDJIYO (sardjiyo@mail.ut.ac.id)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSTAS TERBUKA

Sapaan

Hallo, Mahasiswa Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Apakah Anda sudah mempelajari Bahan Materi Pokok (BMP) ? Bila sudah! Anda dapat langsung mengerjakan naskah Latihan Mandiri (LM) Mata Kuliah PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa. LM ini dimaksudkan untuk membantu Anda untuk mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari BMP Bacalah soal dengan teliti dan pilih atau klik-lah pada butir pilihan jawaban A, B, C atau D. Setiap Anda mengklik suatu pilihan jawaban Anda akan mendapatkan umpan balik mengenai benar salah jawaban yang Anda pilih. Selain itu LM ini dilengkapi pula dengan yang berisi rambu-rambu untuk menjawab setiap butir soal. Sehingga dengan mengerjakan LM ini Anda akan terbantu dalam memahami BMP yang sekaligus dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan diri menghadapi UAS.

1.
Bahasa manusia berbeda dengan isyarat hewan. Pada manusia, bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian bahasa pada manusia merupakan ...
       
A.bahasa isyarat
B. upaya kreatif yang tidak pernah berhenti
C.fenomena
D.manipulasi simbol-simbol

2.
Tedapat aliran yang mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia. Aliran yang dimaksud adalah aliran menurut ...
       
A.Sofisme
B.Stoijin
C.Plato
D.Aristoteles


3.
 
Salah asatu karakteristik bahasa adalah hubungan antara berbagai macam suara dan visual, objek, maupun gagasan. Hal tersebut termasuk karakteristik bahasa ...
 
       
A. sistematis
B.fleksibel
C.beragam
D.arbitier

4.
Dalam komunikasi diperlukan bahasa yang bersifat dimengerti atau diterima. Istilah lain terkait peristilahan tersebut adalah ...
       
A.ekspresif
B.reseptif
C.sosialisasi
D.berbicara

5.
Dalam penggunaan bahasa dimaksudkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya. Pernyataan tersebut adalah contoh yang termasuk fungsi bahasa ...
       
A.instrumental
B.regulatif
C.heuristik
D.personal

6.
Menurut teori behavioristik bahwa anak dilahirkan tanpa membawa kemampuan apapun, sementara ahli nativis mengatakan individu dilahirkan dengan alat penguasaan bahasa (Language Acquisition Device). Tokoh nativis tersebut adalah...
       
A.Chomsky
B.Howe
C.Marantos
D.Miller

7.
Berikut adalah contoh penerapan teori behavioristik” saya makan susu” kata si anak. Sang ibu tidak menerima kalimat tersebut walaupun secara tata bahasa sudah benar. Umumnya Sang ibu menerima kalimat dari anak walaupun tata bahasanya tidak benar tetapi maksudnya benar, adalah ...
       
A.Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu saat kalau kamu sudah besar kamu bisa belajar di sana
B.Bu, Ani berangkat sekolah dulu ya...
C.Sekarang saya sudah sekolah dan banyak temannya
D.Di sekolah banyak tempat permainan

8.
Anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk berperan aktif terhadap lingkungannya, dalam memproses informasi, dan dalam penyimpulan tentang struktur bahasa. Hal tersebut kajian dari teori ...
       
A.nativistik
B.behavioristik
C.kognitif
D.prakmatik

9.
Berikut adalah contoh penerapan teori Pragmatik sebagaimana diungkapkan Halliday dalam Bromley (1995) tentang bahasa awal anak melalui bahasa personal
       
A.Saya senang bermain denganmu
B.Seandainya saya memilki mainan sepertimu
C.Berikan pada saya mainanmu
D.Ajaklah saya bermain denganmu

10.
Berikut contoh penerapan teori Interaksionis  dalam bentuk kalimat ...
       
A. 
A.       Seandainya saya memilki mainan sepertimu
B. Saya ingin memberitahukanmu tentang teman baruku
C.Ajaklah saya bermain denganmu
D.Berikan pada saya mainanmu

PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA

11.
Whole Language adalah sebuah sistem yang alamiah tentang pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah. Pernyataan ini dikemukakan oleh :
       
A.Eisele
B.Kruhm
C.Richard
D.Weaver

12.
Whole Language berprinsip bahwa anak diharapkan bekerja dan belajar sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya.  Prinsip tersebut lebih tepat disebut .... masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya, pendapat tersebut dikemukakan....
       
A.Demonstration
B.Expectation
C.Responsibility
D.Employment

13.
Kelas whole languageadalah kelas yang sibuk karena dipenuhi dengan banyak buku-buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalammenata sentra kegiatan, kecuali ....
       
A.menata sentra agar mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup
B.memperjelas pola lalu lintas jalan untuk keluar masuk sentra
C.menata sentra seaman mungkin untuk anak
D.menata sentra agar nyaman dengan menggunakan fasilitas sekolah seperti AC

14.
Dalam guru membacakan sebuah cerita dengan menggunakan suara keras dan intonasi yang baik sehingga anak-anak dapat tertarik dari isi cerita yang disampaikan guru tersebut. Contoh ini termasuk dalam ...
       
A.reading aloud
B.journal writing
C.sustained silent reading
D.guided reading

15.
Kemampuanmenyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa reseptif yang melibatkan beberapa faktor sebagai berikut, kecuali :
       
A. penyimak
B.situasi
C.pembicara
D.kapasitas

16.
Menurut Jalongo (2007) tentang kemampuan anak dalam mendengar mengalami perkembangan
       
A.infant, mulai mengeluarkan suara bergumam
B.usia satu sampai dua tahun, mulai mengenal namanya sendiri
C.usia 3-4 tahun, mengingat permainan jari
D.usia 5-6 tahun , anak sering mengatakan “apa?” atau “hah?”

17.
Jika anak mulai belajar bahasa asing yang dimulai dari cara pengucapan fonem, kata, dan kalimat sebelum dia dapat mengucapkan kata dan menggunakanya dalam berbicara, adalah fungsi
       
A.menjadi dasar belajar bahasa
B.menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa tulis
C.menunjang keterampilan berbahasa lainya
D.memperlancar komunikasi lisan

18.
Tarigan mengemukakan ada sejumlah tujuan orang menyimakuntuk .... kecuali:
       
A. belajar
B.mengapresiasi
C. menghibur diri
D.mengisi waktu luang

19.
Dalam perkembangan berbicara anak dipengaruhi oleh faktor neurologi, kecuali
       
A.perkembangan kognitif
B.strategi memproses informasi
C.kemampuan output motor
D.kemampuan sensorik

20.
Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal serbagai berikut, kecuali
       
A.kesiapan berbicara
B.kesempatan berlatih
C.pengalaman
D. otivasi untuk belajar dan berlatih

PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA

21.
Menurut Bromley(1992) menyatakan terdapat perbedaan kecepatan dalam berbahasa pada anak, namun komponen dalam bahasa tidak berubah. Komponen tersebut adalah...
       
A.perkembangan fonologi
B.perkembangan morfologi
C.perkembangan fisik
D.semantik

22.
Tahap perkembangan bahasa berbicara anak terbagi dalam dua periode besar yakni periode prelinguistik (0-1tahun) dan periode linguistik (1-5tahun). Pada periode linguistik terbagi dalam tiga fase besar. Setelah Anda analisis satu persatu dari alternatif jawaban, tentukan yang bukan termasuk dalam fase linguistik adalah fase ...
       
A.satu kata
B.dua lebih dari satu kata
C.tiga lebih dari satu kata
D.diferensiasi

23.
Menurut Vygotsky (1986) terdapat tiga tahap perkembangan bicara anak yang berhubungan erat dengan perkembangan berpikir anak, kecuali tahap ....
       
A.eksternal
B.egosentris
C.berbicara internal
D.verbal

24.
Dalam memberi pengalaman menulis pada anak didik, peran guru hendaknya.... kecuali
       
A.menyediakan bahan dan kesempatan bagi anak untuk menulis sendiri
B.menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis
C.memperhatikan karaktristik, kebutuhan, dan minat anak
D.perencanaan untuk pengalaman menulis yang beragam

25.
Menurut Brewer ( terdapat empat tahapan dalam kemampuan menulis pada anak, sebagai berikut. Pilih satu yang bukan tahapan menururut Brewer adalah tahap ...
       
A.mencoret atau membuat goresan (Scribble stage)
B.pengulangan linear (Linear Repetitive stage)
C.menulis nama (Letter Name Writing or Phonetic Writing)
D. menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage)

26.
Menurut Jolongo (2007) perkembangan menulis yang saling berkaitan dengan menggambar dalam tahap awal disebut tidak ada huruf-huruf yang dapat dikenal. Dalam tahap ini lebih menunjukkan konsep komunikasi melalui simbol, yakni... kecuali
       
A.random scribbling
B.controlled scribbing
C.name of scribbing
D.modeling scribbing

27.
Terdapat sejumlah alasan guru untuk menumbuhkan cinta membaca pada anak. Pilih satu yang bukan alasan menurut Leonard (1999:27) adalah ...
       
A.anak yang senang membaca akan membaca dengan baik dan sebagian waktunya digunakan untuk membaca
B.membaca akan memberikan wawasan yang lebih luas dalam segala hal dan membuat belajar lebih mudah
C.membaca dapat membantu anak-anak untuk memiliki rasa kasih sayang
D.membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan

28.
Hasil penelitian Grifin dkk (1998) menyatakan sekolah yang mengajarkan keterampilan pra membaca di TK berdampak positif terhdapa anak ketika memasuki sekolah dasar. Pilih satu jawaban yang tidak termasuk pernyataan hasil penelitian Grifin tersebut adalah kemampuan ...
       
A.membedakan auditorial
B.diskriminasi visual
C.memainkan komputer
D.bahasa lisan<

29.
Kemampuan membaca seperti juga kemampuan menulis merupakan kegiatan yang komplek, artinya banyak faktor yang mempengaruhinya seperti faktor motivasi, lingkungan , keluarga dan guru. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ...
       
A.Anderson
B.Tampubolon
C.Grifin
D.Leonhardt

PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA

30.
Ketika anak diperkenalkan dengan buku dan ia mulai tumbuh kesadaran akan tulisan dalam buku, menemukan kata yang pernah ditemuai sebelumnya, dan mengungkapkan kata-kata yang bermakna terkait dengan dirinya serta mengenal tulisan kata-kata pusisi, lagu dan sudah mengenal abjad. Pernyataan ini adalah salah satu contoh tahapan dalam perkembangan membaca menurut Cochrane Efal yakni tahap ...
       
A.fantasi
B.pembentukan konsep diri
C.membaca gambar
D.membaca lancar

31.
Literatur anak-anak adalah pembelajaran yang baik untuk anak karena akan merangsang daya pikir dan imajinasi dengan baik.Manfaat buku bagi anak akan menggabungkan beberapa kualitas sebagai berikut, kecuali
       
A.memperpanjang pengalaman
B.sediakan bantuan bahasa
C.sediakan dana secukupnya
D.sediakan dukungan untuk pembaca

32.
Bahan pustaka atau literatur begitu banyak jenis dan ragamnya yang kesemuanya bertujuan mendukung pengembangan bahasa atau pengetahuan anak. Berikut adalah jenis karya cetak atau karya grafis sebagai berikut, kecuali :
       
A.majalah
B.piringan hitam
C.surat kabar
D.laporan

33.
Banyak para ahli yang mengklasifikasikan literatur berdasarkan usia anak. Berikut adalah contoh buku yang tepat sesuai dengan anak yang berusia 2- 4 tahun, adalah buku yang ...
       
A.berwarna warni
B.mempunyai cerita yang sederhana dengan dengan akhir yang menyenangkan
C.mempunyai imajinasi, fantasi, komedi, dongeng dan buku yang berisi informasi
D.mempunyai fantasi tinggi, memecahkan masalah dan mengidentifikasi karakter

34.
Peranan literatur dalam pengembangan bahasa bagi anak adalah sebagai berikut, kecuali ...
       
A.memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca pada anak
B.memperluas pengetahuan anak
C.memberikan dasar-dasar ke arah belajar secara mandiri
D.mendorong dan mengembangkan potensi diri yang memiliki egoisme tinggi

35.
Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan bahasa anak khususnya membentuk kebiasaan membaca anak dan cinta buku, kecuali :
       
A.bawa anak ke toko buku yang terkenal dan terlengkap koleksi bukunya
B.membaca dan berbicara tentang buku-buku dengan cinta dan kasih sayang
C.pastikan bahwa di kelas ada cukup buku untuk semua anak
D. buat suasana yang menyenangkan untuk membaca

36.
Cara mengenalkan buku bacaan bagi anak agar anak memiliki sifat cinta buku diperlukan suatu proses yang harus ditempuh yakni pembangkitan minat, relasi makna, dan refleksi. Pada tahap pembangkitan diharapkan anak secara aktif terlibat dalam mengingingat apa yang anak tahu tentang topik. Selanjutnya tahap relasi makna, dalam fase ini anak akan datang ke dalam ide-ide baru dari teks dalam buku, serta tahap terakhir adalah tahap refleksi. Inti dari fase ini adalah ...
       
A.anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata sendiri ide-ide yang mereka temui
B.anak didorong untuk mulai berpikir tentang topik dan mereka akan mengeksplorasi secara rinci
C.memperkenalkan judul dan penulis dari teks dan ilustrasi
D.melihat ilustrasi dan memprediksi konten sesuai dengan ilustrasi

37.
Permainan mendengarkan berkaitan dengan ...
       
A.benda
B.warna warni
C.bunyi-bunyian
D.tulisan

38.
Media visual yang sering digunakan adalah televisi. Tidak diragukan lagi bahwa televisi dapat membantu memperkaya perbendaharaan kata-kata atau bahasa AUD. Untuk memanfaatkan televisi tersebut langkah yang harus dilakukan guru adalah ... kecuali :
       
A.mendampingi ketika menonton tayangan
B.memberi penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami anak
C.memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya seluas luasnya
D.mengajukan pertanyaan terkait dengan tayangan televisi tersebut

39.
Berikut adalah peranan menyimak, kecuali ...
       
A.memperlancar komunikasi lisan
B.meningkatkan keterampilan berbahasa
C.landasan belajar bahasa
D.memberitahukan sesuatu informasi

40.
Berikut adalah contoh yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa memiliki kemampuan mendengar yang dikaitkan dengan proses pemebalajaran, kecuali :
       
A.memainkan beberapa musik yang diminati
B.menggunakan lagu-lagu berisi cerita
C.saya bercerita, kamu mengerjakan, latihan untuk bekerja sama, yang satu menyebutkan yang lain mengerjakan
D.simak - kerjakan

PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA

41
Berbagai strategi dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak agar anak menjadi pendengar aktif, kecuali
       
A.mempertahankan kontak mata
B.menggunakan bahasa verbal
C.menangkap pengertian
D.mengolah pesan

42.
Berikut contoh sejumlah metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan menyimak . Pilihlah satu metode yang tidak sesuai untuk mengembangkan kemampuanmenyimak pada anak, adalah ...
       
A.simak - ulang ucap
B.simak – kerjakan
C.simak – terka
D.simak - gambar

43.
Menurut Hurlock terdapat sejumlah kriteria untuk mengukur tingkat kemampuan berbicara anak usia dini sehingga dapat diketahui apakah anak bicara secara benar atau hanya sekedar ‘membeo’, kecuali anak ...
       
A. mampu melafalkan kata-kata yang dapat dipahami orang lain dengan mudah
B.mengetahui arti kata yang digunakan dan mampu menghubungkannya dengan objek yang diwakilinya
C.memahami kata-kata tersebut bukan karena telah sering mendengar atau menduga-duga
D.mampu mengucap ulang kata-kata yang diucapkan orang dewasa tanpa ada kesalahan

44.
Kemampuan berbicara berhubungan dengan fonologi, morfologi, sintaksis, dan menyimak. Anak berbicara sangat erat kaitannya dengan aktivitas menfdengarkan bunyi-bunyi, termasuk mendengarkan orang bicara.Terdapat unsur-unsur kemampuan berbicara pada anak, pilih satu yang bukan merupakan unsur kemampuan bicara anak.
       
A.perkembangan kosa kata
B.ekspresi
C.lafal ucapan
D.intonasi suara

45.
Sebelum mengajarkan membaca pada anak, dasar-dasar kemampuan membaca atau kemampuan kesiapan membaca perlu dikuasai oleh anak. Kemampuan kesiapan yang dimaksud adalah sebagai berikut, kecuali kemampuan ...
       
A.penghafal aksara atau huruf
B.diskriminasi visual
C.bahasa lisan
D.membedakan auditorial

46.
Berikut adalah sejumlah contoh strategi dalam membaca permulaan yang dapat dilakukan guru pada lembaga PAUD yakni dengan menerapkan konsep DAP atau Developmentally Aproppriate Practice, kecuali
       
A.mengeksplorasi buku
B.memperbanyak fasilitas pembelajaran
C.memahami urutan
D.mengenali kata-kata adalah simbol

47.
Perkembangan menulis berkaitan dengan menggambar. Para ahli menyatakan menggambar sebagai bagian dari menulis terutama pada saat awal. Pada saat itu anak lebih cenderung mencoret-coret baik itu dalam bentuk tulisan atau gambar. Kaitan antara menggambar dan menulis antara lain sebagai berikut. Anda dapat menganalisa keterkaitan menggambar dengan menulis melalui alternatif jawaban, dan pilih satu yang alternatif jawaban yang tidak menunjukkan keterkaitan antara menggambar dan menulis yakni ....
       
A.menulis dan menggambar keduanya memerlukan keahlian motorik
B. peningkatan prestasi belajar maksimal
C.menulis dan menggambar sesuai dengan perkembangan anak
D.menulis dan menggambar merupakan persyaratan utama anak memasuki dunia pendidikan

48.
Untuk dapat melakukan asesmen perkembangan bahasa anak usia dini diperlukan pemahaman yang lebih spesifik terhadap indikator pencapaian perkembangan bahasa adalah anak usia...
       
A.empat bulan belum memberi reaksi terhadap suara
B.satu tahun telah mampu menyebutkan kata tunggal
C.18 sampai 24 bulan telah memiliki kosakata sampai 100 kata termasuk nama dan mainan
D.dua tahun telah mampu mengerti sampai 13.000 kata

49.
Salah satu keberhasilan dalam proses asesmen perkembangan anak adalah ketepatan guru dalam membuat isntrumen perkembangan anak. Berikut contoh langkah-langkah yang harus diperhatikan guru saat menyusun instrumen, kecuali ....
       
A.mengidentifikasi variabel
B.menganalis teori
C.menyusun definisi operasional
D.menyusun laporan hasil asesmen

50.
Pengumpulan data instrumen perkembangan anak dengan teknik observasi karena anak berkembangan sangat pesat sehingga lebih menekankan pada proses yang tidak dapat dilepaskan dengan pemilihan metode. Berikut beberapa metode yang digunakan dalam teknik observasi, kecuali
       
A.metode daftar nama digunakan untuk pencatatan menyesuaikan kegiatan rutin, menjaga diri, perkembangan fisik dan tahap perkembangan sosial
B.jurnal refleksi digunakan untuk mencatat ekspresi dan emosi, berpikir, pertanyaan dan ujian pribadi
C.cacatan anekdot digunakan untuk mencatat frekuensi kejadian, penggunaan dan pemilihan kegiatan
D.cek list digunakan untuk mencatat kemampuan menjaga diri, perkembangan fisik dan perkembangan non fisik

No comments:

Post a Comment