Google

Friday, December 4, 2015

SOAL PAUD4107 DASAR-DASAR PENDIDIKAN TK



PAUD4107 DASAR-DASAR PENDIDIKAN TK
  NASKAH LATIHAN MANDIRI UNIVERSITAS TERBUKA
KODE NASKAH: LM01
 
  PENGEMBANG: SUKINIARTI (kuniarti@mail.ut.ac.id)
  FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

SAPAAN
Halo mahasiswa Universitas Terbuka, selamat berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri online. Apakah Anda sudah mempelajari Buku Materi Pokok (BMP)? Bila sudah Anda dapat mengerjakan LM matakuliah online matakuliah tersebut. LM ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk menyiapkan diri dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Naskah LM dilengkapi dengan umpan balik (feedback) yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah dan hint yang berisi rambu-rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.
 
Petunjuk mengerjakan soal
Bacalah setiap butir soal dengan teliti. Untuk soal nomor 1-22, pilihlah salah satu jawaban yang benar dari A,B,C atau D sedangkan untuk soal nomor 23-50 pilihlah lebih dari satu jawaban yang benar dari 1, 2, atau 3.
 
Selamat mengerjakan, semoga sukses.

1
Persepsi tentang anak usia dini berdasarkan catatan sejarah adalah....
       
A. anak usia dini terbagi atas 3 rentangan usia
B. anak dipandang sebagai miniatur orang dewasa
C. anak yang belum dewasa yang akan dididik menjadi orang dewasa
D. sebagai makhluk individu yang berkepribadian

2
Seorang anak sudah mulai mengembangkan kemampuannya memegang beraneka ragam objek dengan satu tangan. Kemampuan tersebut menunjukkan anak yang berumur....
       
A. 4 bulan
B. 5 bulan
C. 6 bulan
D. 7 bulan


3
Salah satu karakteristik perkembangan anak usia dini diantaranya adalah bahwa anak....
       
A. berkembang menuju kearah terbentuknya pribadi yang utuh, yang ditentukan oleh faktor bakat dan lingkungan
B. usia 7-10 bulan mulai mampu belajar duduk dengan bantuan orang lain
C. sosok individu yang sedang mengalami perkembangan
D. telah terbentuk sepenuhnya sebagaimana orang dewasa pada umumnya

4
Aliran Empiris adalah aliran yang menyatakan bahwa perkembangan anak ditentukan oleh pengaruh....
       
A. lingkungan
B. faktor bakat
C. lingkungan dan bakat
D. bawaan

5
Fase I pada perkembangan anak usia dini menurut Aristoteles , bahwa masa dini adalah  masa bermain dan merupakan  batas bawah untuk masuk pendidikan dasar.  Oleh karena itu  usia ini sangat tepat untuk ....
       
A. melatih anak untuk bisa membaca dan menulis
B. membentuk kepribadian anak melalui bermain
C. mengembangkan fisik anak secara maksimal
D. menyalurkan ide anak melalui tulisan dan gambar

6
Hakikat pendidikan usia dini adalah ....
       
A. pendidikan yang diberikan untuk anak yang belum dewasa akan dididik agar menjadi dewasa
B. kemampuan yang diharapkan bertujuan untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini
C. pendidikan usia dini bukan bersifat wajib, tetapi lebih bersifat anjuran
D. akan membuat anak untuk mengembangkan dirinya sendiri

7
Hakikat pendidik adalah orang dewasa yang mampu mendidik anak, salah satunya adalah guru. Selain jujur, terbuka, dan rendah hati guru PAUD dituntut juga untuk mampu....
       
A. memenuhi harapan masyarakat luas
B. menjadi panutan bagi anak didiknya
C. menyenangi dan disenangi anak-anak
D. memberikan berbagai permainan dalam kegiatan pembelajaran

8
Manusia sebagai makhluk sosial yang mengandung arti bahwa manusia....
       
A. harus bekerja sama dengan manusia lain
B. sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisiknya
C. harus mempunyai moral
D. mengakui adanya Tuhan

9
Tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam pasal 3UU No.20 tahun 2003, menyatakan bahwa....
       
A. tujuan anak usia dini adalah mengoptimalkan perkembangan otak serta membentuk pribadi anak
B. pendidikan ditekankan pada pemberian materi berdasarkan perkembangan anak
C. mengembangkan suasana damai, menciptakan suasana yang menyenangkan berdasarkan lingkungan
D. pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat

10
Pengaruh pendidikan TK terhadap pendidikan dasar adalah membantu anak....
       
A. mengenalkan huruf-huruf dan angkaagar ketika masuk SD tidak mengalami kesulitan
B. meningkatkan intelektualnya agar dapat diterima di sekolah dasar
C. memperkuat fisiknya agar kelak dapat mengikuti pelajaran di SD yang waktunya lebih panjang
D. meningkatkan emosi anak agar mereka tahan jika ditempa di SD dengan disiplin yang otoriter

11
Perhatian merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi belajar anakTK, sehingga anak....
       
A. senang karena pekerjaannya ditempel di kelas
B. merasa termotivasi untuk belajar lebih giat lagi
C. menjadi kreatif dan senang mencoba
D. akan lebih tekun dan prestasinya meningkat dengan pesat

12
Model pendidikan di TK berdasarkan pendapat Martin Luther adalah....
       
A. pendidikan diarahkan untuk program-program kegiatan kembali ke alam
B.anak-anak belajar dan mengenal berbagai hal
C. menggunakan pendekatan sistem among
D. agama yang dijadikan tujuan utama dari sekolah

13
Bentuk sarana bermain untuk anak TK yang bersifat keras adalah....
       
A. sarana bermain yang tidak menggunakan otot
B. sarana bermain yang berupa ayunan dan balok titian
C. alat permainan dokter-dokteran
D. permainan seperti krayon dan congklak

14
Kepribadian anak usia TK dapat dibentuk akibat pengaruh dari luar diri anak diantaranya adalah....
       
A. permainan yang disenangi anak
B. keinginan anak untuk bermain di luar
C. rasa ingin tahu anak terhadap permainan bahan alam
D. pengamatan anak terhadap teman-temannya yang sedang bermain

15
Kegiatan bermain sambil belajar yang dapat mengembangkan kemampuan sosial anak, adalah bermain....
       
A.lego dan plastisin
B. boneka dan puzzle
C. menggambar dan menyusun balok
D. gobak sodor dan sepak bola

16
Contoh cara mengembangkan program mendongeng di TK adalah....
       
A. menentukan tema yang bagus
B. menggunakan bahasa yang sesuai dengan daerah asal cerita dongeng tersebut
C. memilih tema yang dapat membuat anak menjadi seorang yang cerdas dan berwibawa
D. menentukan tema yang sesuai dengan perkembangan jiwa anak, dengan tokoh orang yang diidolakan anak-anak

17
Jika anak usia dini telah dapat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks, berarti anak tersebut dapat dikatakan telah memiliki....
       
A. pengalaman
B. intelektual
C. kemampuan
D. keahlian

18
Salah satu tugas guru sebagai penilai hasil kegiatan pembelajaran di TK adalah....
       
A. mengajukan pertanyaan secara lisantentang pelajaran yang akan disampaikan
B. merancang tujuan pembelajaran sesuai dengan tema
C. memilih strategi pembelajaran sesuai dengan alat penilaian
D. melaksanakan kegiatan penilaian pada saat kegiatan inti

19
Bu Tita selalu mengajak anak-anak didiknya untuk berbagi dengan teman lain dalam segala hal. Ia meminta anak-anak untuk saling berbagi mainan dan bahan belajar. Ilustrasi ini menggambarkan bahwa guru tersebut....
       
A. meningkatkan kemampuannya dalam mengajar
B. berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan
C. melatih kepribadian anak
D. melatih keterampilan sosial anak

20
Asesmen dalam evaluasi hasil belajar pada anak usia dini dapat....
       
A. mempengaruhi keberhasilan pendidikan tahap berikutnya
B. dilakukan dengan cara meluruskan atau membetulkan perilaku yang menyimpang
C. membantu merencanakan kebutuhan yang akan dicapai oleh program
D. dilakukan dengan tujuan yang terlebih dahulu dirumuskan

21
Nilai teori dalam kebudayaan adalah....
       
A. sesuatu yang berhubungan dengan keindahan
B. mencakup kegunaan dari berbagai metode ilmiah
C. nilai yang berhubungan dengan antar manusia
D. hakikat penemuan kebenaran melalui berbagai metode

22
Suatu bimbingan yang tepat dilakukan pada pendidikan akan berperan dalam hal....
       
A. memahirkan peserta didik untuk lebih terampil
B. memperdalam materi yang disajikan
C. penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan
D.memotivasi peserta didik untuk belajar secara mandiri

23
Anak usia TK memiliki kebutuhan tertentu untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangannya. Kebutuhan tersebut diantaranya....
1. gizi seimbang


2. permainan yang mahal dan bagus


3. bermacam-macam alat permainan yang sesuai perkembangannya




24
Tujuan pendidikan anak usia dini menurut Ki Hajar Dewantoro adalah....
1. mengoptimalkan perkembangan otak


2. mengembangkan rasa tertib dan damai serta pikiran yang sehat


3. menciptakan suasana yang menyenangkan berdasarkan lingkungan anak




25
Cara membelajarkan anak usia dini diantaranya adalah dengan....
1. menjawab semua pertanyaan anak


2. memberikan materi sesuai perkembangan anak


3. bermain sambil belajar




26
Apabila Anda sebagai pendidik akan menerapkan model High scope di TK, maka kegiatan yang dapat dilakukan adalah....
1. membantu anak belajar dengan teman sebayadengan cara berkomunikasi


2. membantu anak mengetahui sifat fisik suatu benda yang terdapat dari lingkungannya


3. mengajarkan Logico-mathematical, meliputi pengertian angka, serial, klasifikasi, waktu, dan ruang




27
Contoh cara mengembangkan program pemberian tugas di TK secara tradisional adalah....
1. mewarnai gambar yang sama


2. mewarnai harus selesai dalam waktu satu jam


3. menggambar bebas tentang lingkungan sekitar sekolah




28
Contoh permainan tradisional yang mengembangkan kemampuan fisik anak TK antara lain adalah....
1. gobak sodor


2. lowok


3. suda mandah




29
Contoh cara mengembangkan program perlibatan orang tua di TK adalah....
1. mendatangkan orang tua murid yang memiliki keahlian tertentu sebagai nara sumber


2. meminta bantuan orang tua murid sebagai pengamat kegiatan di kelas


3. meminta orang tua murid untuk mengumpulkan bahan bekas seperti koran, gelas air mineral untuk menunjang kegiatan di TK




30
Apabila pengemasan materi pendidikan dalam kurikulum TK disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak, serta mempertimbangkan perbandingan antara hasil yang dicapai dengan biaya yang telah dikeluarkan, maka kurikulum tersebut mempertimbangkan prinsip....
1. efisiensi


2. efektivitas


3. relevansi




31
Ani berusia 4 tahun dan tergolong anak yang genius. Ia mempunyai IQ di atas 140. Materi yang tepat untuk Ani adalah materi yang....
1. menantang untuk anak usia di atas 4 tahun


2. mudah dipahami oleh seluruh anak TK pada umumnya


3. dapat memotivasi belajar lebih lanjut untuk anak usia dini




32
Berikut adalah prosedur pengemasan bahan ajar di TK
1. membuat analisis kebutuhan yang sesuai untuk anak TK dan menyimpulkan hasil analisis kebutuhan tersebut


2. menentukan materi yang tepat dengan kebutuhan, serta memperhatikan perbedaan individual


3. menghitung jumlah materi yang akan diberikan untuk anak TK, serta menjaga kualitas bahan ajar




33
Profil umum seorang pendidik di TK adalah seseorang yang....
1. dapat merancang dan melaksanakan kegiatan bermain sambil belajar


2. dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak didiknya


3. mempunyai pribadi yang cinta anak dan mempunyai minat besar terhadap dunia anak-anak




34
Cara menerapkan pembelajaran yang sesuai usia anak TK antara lain....
1. kegiatan bermain sambil belajar


2. materi yang dikembangkan seyogyanya konkret, dan sesuai dengan usia anak TK


3. kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anak




35
Tugas guru sebagai perencana kegiatan pembelajaran di TK antara lain merancang....
1. tujuan dan tema kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia anak TK


2. aspek perkembangan anak yang akan dikembangkan


3. penilaian kegiatan pembelajaran untuk menilai hasil belajar anak




36
Tugas guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran di TK adalah....
1. guru melakukan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan dan memperlihatkan gambar yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan


2. mengakhiri kegiatan dengan cara memberikan tes tertulis untuk mengetahui penguasaan anak


3. mendemonstrasikan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan anak, kemudian membimbing anak untuk mengerjakan tugasnya




37
Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh seorang guru TK adalah membina hubungan dengan orang lain, dan saling membantu dengan teman, berarti perencanaan pembelajaran yang dibuat guru tersebut akan memanfaatkan ....
1. lingkungan alam


2. lingkungan sosial


3. solidaritas kelompok




38
Penataan ruang kelas yang nyaman untuk belajar anak TK adalah....
1. meja dan kursi fleksibel penataannya, serta dinding kelas diberi warna terang


2. cahaya matahari langsung menyinari kelas, serta hiasi dinding kelas seramai mungkin


3. kelas perlu disediakan tempat untuk memajang dan menyimpan hasil karya anak




39
Sarana yang sangat tepat diperlukan di TK adalah....
1. ruang kantor, ruang kelas, dan taman bermain


2. kamar mandi untuk anak, ruang kantor, dan ruang kelas


3. kantor, kelas, gedung, dan kebun percontohan




40
Karakteristik anak usia TK adalah....
1. suka meniru dan senang bermain


2. spontan, unik dan jujur


3. ingin tahu, dan selalu ingin mencoba




41
Menurut Joyce dan Well model pembelajaran di TK adalah model yang....
1. tidak dapat dipelajari dalam waktu yang singkat


2. disusun berdasarkan prinsip pembelajaran


3. meletakkan tekanan seimbang pada guru dan peserta didik




42
Prosedur penilaian kegiatan untuk anak TK adalah....
1. kurikulum dan penilaian diintegrasikan dalam program


2. hasil penilaian dapat digunakan sebagai acuan untuk perbaikan kurikulum


3. penilaian dapat dilakukan dengan observasi secara reguler dan periodik




43
Karakteristik penilaian belajar di kelas adalah....
1. penilaian terpusat pada anak


2. tidak ada aturan penilaian yang pasti


3. membutuhkan partisipasi aktif anak




44
Penilaian anak usia dini dalam pembelajaran di kelas dilakukan atas dasar tujuh asumsi, diantara ketujuh itu adalah....
1. kegiatan penilaian dilakukan hanya untuk lebih menekankan pada perbaikan pembelajaran


2. tujuan peningkatan atau perbaikan efektivitas sistem, kampus atau level-level program


3. meningkatkan atau memperbaiki pembelajaran, anak-anak perlu menerima umpan balik secara awal




45
Penilaian pada anak usia diniseyogyanya didasarkan atas kemajuan belajar atau perkembangan individual. Oleh karena itu guru harus....
1. memandang anak sebagai individu, serta sanggup menerima anak apapun kondisinya


2. mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan kapasitasnya masing-masing


3. mengelompokkan anak sesuai dengan sosial ekonomi mereka




46
Evaluasi proses berbeda dengan evaluasi bulanan. Evaluasi proses dilakukan seketika pada saat pembelajaran berlangsung, sedangkan evaluasi bulanan adalah untuk evaluasi yang....
1. bertujuan mengukur keberhasilan program secara menyeluruh


2. dilakukan dengan cara mendiskusikan masalah perkembangan anak antara guru dan orang tua


3. bertujuan untuk memberi laporan perkembangan atau permasalahanyang ditemukan di sekolah




47
Pengertian kebudayaan menurut Taylor, adalah....
1. merupakan bentukan dari kata budhi dan daya


2. keseluruhan kompleks dari kehidupan


3. semua kemampuan yang diperoleh manusia




48
Nilai politik dan nilai agama memiliki perbedaan, yaitu nilai politik berpusat kepada kekuasaan, sedangkan nilai agama....
1. merengkuh penghayatan tentang manusia yang bersifat mistik


2. berhubungan dengan usaha manusia untuk mengerti kehadirannya di muka bumi


3. memberi arti pada manusia sebagai kafilah di muka bumi




49
Hubungan antara kebudayaan dan pendidikan adalah....
1. nilai budaya yang harus dikembangkan dalam dirianak didik harus relevan dengan kurun waktu di mana anak itu akan hidup kelak


2. kesadaran yang tumbuh akibat bekerjanya akal pikiran dan sarana kerohanian yang lain seperti rasa dan imajinasi


3. usaha pendidikan yang sadar dan sistematis mengharuskan kita untuk lebih eksplisit dan devinitif tentang hakikat nilai-nilai budaya




50
Hakikat pendidikan multikulturadalah pendidikan yang....
1. terkait dengan sosial budaya suatu bangsa


2. mempunyai konsep tentang identitas suatu bangsa


3. mengajarkan untuk menghargai macam-macam budaya yang terdapat dalam suatu negara



1 comment: