Google

Tuesday, June 10, 2014

Soal PAUD4103 METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL



LATIHAN SOAL UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PAUD4103 METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL

MATA KULIAH: PAUD4103 METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
KODE NASKAH: LM01
PENULIS: UNTUNG LAKSANA BUDI (ibud@mail.ut.ac.id)
PENELAAH: DIAN NOVITA
Sapaan
Halo mahasiswa FKIP-UT selamat berjumpa  berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri (LM) Online. Apakah Anda sudah mempelajari buku materi pokok (BMP) matakuliah tersebut. Bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan LM Online ini. LM Online dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk menyiapkan diri menghadapi ujian akhir semester (UAS)

Naskah LM Online ini ini sudah dilengkapi feedback yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah, serta hint yang berisi rambu-rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.
Petinjuk mengerjakan soal:
Bacalah setiap butir soal dengan teliti,  pilihlah salah satu jawaban yang benar dari A, B, C, dan D.
Selamat mengerjakan !
1
Menurut World Book Dictionary emosi didefinisikan sebagai....

A. kecenderungan tindakan
B. berbaga iperasaan yang kuat
C. perasaan dan pikiran khas
D. suasana yang kompleks

2
Tahap terjadinya emosi berupa perubahan pada wajah dan daerah yang dapat diamati disebut....

A. elicitors
C. state
D. expression
D. expression

3
Contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak yaitu....

A. ramah dan penolong
B. takut dan stress
C. sedih dan menangis
D. tertawa dan gemmbira

4
Rasa impulsif dan frustrasi pada anak tergolong kedalam jenis emosi dasar.....

A. gembira
B. marah
c. takut
D. sedih

5
Tugas pengembangan sosial yang berkaitan erat dengan kemampuan memahami orang lain disebut....

A. sikap sosial
B. belajar berkomunikasi
C. belajar berorganisasi
D. sikap kompromi


6
Hakekat manusia sebagai mahluk sosial atau zoon politicon merupakan pandangan yang dikemukakan oleh.....

A. Loree
B. Syamsuddin
C. Muhibin
D. Plato

7
Pendapat berikut ini merupakan pandangan Hurlock mengenai perkembangan sosial, kecuali....

A. belajar bertingkah laku yang diterima oleh masyarakat
B. belajar memainkan peran sosial yang ada dimasyarakat
C. belajar menjai mahluk sosial
D. belajar berperilaku sosial terhadap individu lain.

8
Salah satu karakteristik individu yang bersifat introvert adalah.....

A. kurang suka bergaul
B. senang berteman
C. ramah-tamah
D. aktif

9
Contoh belajar mengorganisasi dalam pengembangan sosial anak yaitu ....

A. belajar berbagi dengan individu lain
B. mengerti dan dimengerti individu lain
C. belajar berbagi peran dalam bermain
D. memahami akibat dari tindakan yang dilakukan

10
Permainan kelompok seperti bermain menirukan aktivitas yang terjadi di pasar adalah contoh tingkatan bermain....

A. solitaire
B. paralel
C. asosiatif
D. kooperatif

11
Berikut merupakan karakteristik pokok reaksi yang diperlihatkan oleh anak, kecuali....

A. sangat kuat
B. berubah pada setiap kondisi
C. bersifat individu
D. selalu sama setiap saat

12
Anxiety atau perasaan cemas merupakan bentuk reaksi emosi yang tergolong sebagai....

A. marah
B. takut
C. cemburu
D. sedih

13
Keinginan anak yang tidak terpenuhi akan memunculkan rekasi emosi....

A. marah
B. takut
C. cemburu
D. sedih

14
Contoh perilaku marah yang bersifat impulsif yaitu....

A. frustrasi
B. agresi
C. menarik diri
D. lesu dan masa bodoh

15
Rasa tidak mampu dan malu melakukan sesuatu tergolong merupakan reaksi takut yang tergolong.....

A. shyness
B. anxiety
C. embarrassment
D. strange

16
Pemenuhan emosi positif pada anak akan memberi dampak rasa....

A. kecewa
B. sedih
C. aman
D. takut

17
Ciri yang bukan merupakan perkembangan sosial pada periode bayi yaitu....

A. belum mampu membedakan objek dan benda
B. bereaksi terhadap suara yang ramah dan tidak
C. memilih teman bermain
D. tersenyum sosial atau social smiles

18
Kesedihan untuk berbagi dengan orang lain merupakan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak yang berupa....

A. kerjasama
B. persaingan
C. kemurahan hati
D. empati

19
Contoh perilaku pada tahapan a normative stage dalam penerimaan sosial yaitu....

A. kesaman nilai
B. kesamaan harapan
C. kesamaan minat
D. kedekatan mendalam

20
Contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif dalam mengenal perilaku sosial anak yaitu....

A. menyatu dengan lingkungan anak
B. bertindak adil dan bijaksana.
C. mengamati perlaku dan ekspresi anak
D. memprediksi perilaku anak

21
Kemampuan mengamati perkembangan perilaku dan emosional anak disebut sebagai kemampuan....

A. prediksi
B. observasi
C. merekam
D. mencatat

22
Cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak yaitu.....

A. adil
B. tegas
C. disiplin
D. toleran

23
Contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik seseorang dapat terlihat dari.....

A. benci
B. ekspresi wajah
C. marah
D. kesal

24.
Pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak yaitu.....

A. denyut jantung bertambah cepat
B. pupil mata membesar
C. konsentrasi menurun
D. peredaran darah bertambah cepat

25
Contoh bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional yang dimiliki anak yaitu...

A. sikap gembira
B. kasih sayang
C. cemburu
D. bahagia

26
Salah satu kemampuan guru dan orang tua untuk mengenali perilaku sosial emosional anak adalah melalui observasi yaitu.....

A. mengamati
B. mencatat
C. merekam
D. memprediksi

27
Contoh pengaruh sosial dan emosional yang menyenangkan terhadap interaksi sosial anak yaitu.....

A. menarik diri dari lingkungan
B. mengurangi peran sosial
C. senang menjadi bagian dari masyarakat
D. kurang senang bergaul

28
Berikut merupakan contoh reaksi emosi yang negatif pada anak, kecuali.....

A. mengamuk
B. tindakan agresif
C. bersahabat
D. melukai diri

29
Penyaluran energi emosional dapat dilakukan melalui sikap......

A. agresif
B. antisosial
C. egois
D. berteman

30
Contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional yaitu...

A. mudah memaafkan
B. rendah diri
C. suka berteman
D. percaya diri

31
Berikut ini merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai pada diri anak kecuali.....

A. mudah tersinggung
B. suka bergaul
C. suka menangis
D. selalu ingin berkuasa

32
Anak yang selalu mendapat perlakuan kasar akan berkembang menjadi anak yang.......

A. agresif
B. kurang inisiatif
C. egois
D. menarik diri

33
Tindakan penyembuhan pada anak yang dianggap positip mengalami gangguan emosi maupun sosial disebut.....

A. proaktif
B. kuratif
C. referal
D. preventif

34
Contoh faktor kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak yaitu......

A. kesehatan yang buruk
B. perlengkapan intelektual yang buruk
C. penyakit kronis
D. perubahan kelenjar

35
Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku, kecuali......

A. disiplin yang ketat
B. pemberian hukuman yang keliru
C. pemahaman dan kesadaran disiplin
D. meniru contoh yang tidak pantas.

36
Konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga akan mengakibatkan anak bersikap......

A. pemurung
B. beringas
C. kasar
D. kurang sopan

37
Pernyataan anak merupakan praktisi masa depan mempunyai makna......

A. kondisi emosi dan sosial anak perlu dikembangkan
B. anak akan mengisi baik buruknya hari esok
C. keberhasilan membina anak usia dini membawa kesuksesan
D. anak memerlukan pembinaan, bimbingan, dan pendidikan yang baik

38
Salah satu karakteristik penting dari kecerdasan emosional adalah......

A. diturunkan dari generasi sebelumnya
B. merupakan faktor bawaan atau genetika
C. tumbuh dan berkembang seumur hidup
D. berkaitan dengan hal-hal akademis

39
Menurut Goleman kecerdasan emosional seseorang terkait dengan.....

A. menentukan sikap
B. memecahkan masalah
C. bersifat akademis
D. mengendalikan perasaan

40
Upaya pengembangan emosional dan sosial tidak dapat ditumbuhkan bentuk melalui permainan statis seperti......

A. lompat tali
B. play Station
C. main gundu
D. kucing - kucingan

41
Tujuan pemanfaatan permainan dinamis dalam perkembangan emosional anak adalah untuk melatih kemampuan......

A. individual
B. kerjasama
C. pemahamaan
D. pengetahuan

42
Menirukan perbuatan orang tua merupakan cara anak belajar dari lingkungan melalui tindakan.....

A. trial and error
B. pengkondisian
C. imitasi
D. coba dan ralat

43
Contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin yaitu....

A. aktif bergaul dengan teman
B. mengikuti aturan permainan
C. meniru kegiatan orang dewasa
D. bekerjasama dengan orang lain

44
DAP adalah pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan tujuan - tujuan pembelajaran dengan dimensi perkembangan anak. Definisi ini dikemukakan oleh........

A. Maurice J. Elias
B. Al Mabrur
C. Weikert
D. Eliason dan Jenkin

45
Contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait yaitu.....

A. perkembangan anak dipengaruhi kematangan biologis dan lingkungan
B. anak-anak memberi kontribusi terhadap perkembangannya sendiri
C. keterampilan berbahasa berpengaruh terhadap keterampilan sosial
D. pengalaman anak bersifat kumulatif dan berpengaruh kuat

46
Perancangan pengembangan kurikulum TK perlu mempertimbangkan beberapa faktor, kecuali........

A. mencakup fisik, emosi, sosial, bahasa, estetika dan kognitif
B. penekanan pada aspek kobnitif semata
C. mengintegrasikan kemampuan membaca, menulis dan berhitung.
D. memberikan pengalaman belajar yang bermakna

47
Karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun yaitu.......

A. tertawa dan menjerit karena gembira diajak bermain
B. berkomunikasi dengan orang dewasa
C. menolong dan membela teman
D. senang menirukan lagu dan dongeng

48
Prosedur pengembangan pembelajaran berorientasi pada perkembangan anak mempunyai karakteristik.......

A. anak pasif dan mendengar
B. guru aktif memberi petunjuk
C. belajar bersifat situasional dan menyenangkan
D. guru lebih banyak mengarahkan

49
Faktor yang tidak termasuk kedalam pelaksanaan pembelajaran yang bersifat holistik adalah......

A. menggunakan media
B. memperhatikan kebutuhan guru
C. memanfaatkan rangsangan psikologis
D. memanfaatkan rangsangan fisiologis

50
Berikut ini merupakan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus atau multisensori .......

A. menggali potensi dalam diri anak secara optimal
B. memfasilitasi perkembangan anak secara seimbang
C. mengantisipasi hal yang menghambat perkembangan anak
D. membuat pembelajaran lebih bersifat variatif

LATIHAN SOAL UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PAUD4103 METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL

No comments:

Post a Comment