Berikut ini adalah Indikator PAUD kelompok umur 4 - 5 tahun atau TK A
No Urut | Indikator | |||
A | Pembentukan prilaku melalui pembiasaan (Moral dan nilai-nilai Agama, Sosial, Emosional dan Kemandirian) | |||
I | 1. | Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan dengan lebih tertib. | ||
2. | Menyanyi lagu-lagu keagamaan. | |||
3. | Bersyair yang bernafaskan agama. | |||
4. | Menyebutkan agama-agama yang dikenal. | |||
5. | Terlibat dalam upacara keagamaan. | |||
II | 1. | Melaksanakan kegiatan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya. | ||
III | 1. | Membedakan ciptaan-ciptaan Tuhan. | ||
2. | Berbuat baik terhadap semua makhluk Tuhan, Misal : tidak mengganggu orang yang sedang melakuka kegiatan, tidak menyakiti binatang, menyiram tanaman. | |||
3. | Mempunyai sahabat. | |||
IV | 1. | Selalu memberi dan membalas salam. | ||
2. | Berbicara dengan suara yang ramah dan teratur (tidak berteriak). | |||
3. | Selalu mengucapkan terima kasih jika memperoleh sesuatu. | |||
V | 1. | Menyebutkan mana yang salah dan benar pada suatu persoalan. | ||
2. | Menunjukan perbuatan-perbuatan yang benar dan yang salah. | |||
VI | 1. | Kesekolah tepat waktu. | ||
2. | Mentaati peraturan yang ada di sekolah. | |||
VII | 1. | Menghormati orang tua dan orang yang lebih tua. | ||
2. | Mendengarkan dan memperhatikan teman berbicara. | |||
VIII | 1. | Berbahasa sopan dan bermuka manis. | ||
2. | Menyapa teman dan orang lain. | |||
IX | 1. | Senang bermain dengan teman (tidak bermain sendiri). | ||
2. | Dapat melaksanakan tugas kelompok. | |||
3. | Dapat memuji teman / orang lain. | |||
X | 1. | Berani bertanya secara sederhana. | ||
2. | Mau mengemukakan pendapat secara sederhana. | |||
3. | Mau mengambil keputusan secara sederhana. | |||
XI | 1. | Senang menolong. | ||
2. | Mau memohon dan memberi maaf. | |||
3. | Mengajak teman untuk bermain / belajar. | |||
XII | 1. | Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan misal : menggosok gigi, mandi, buang air. | ||
2. | Memelihara milik sendiri. | |||
XIII | 1. | Memelihara lingkungan, missal : tidak mencoret-coret tembok, membuang sampah pada tempatnya, dll. | ||
2. | Menghemat pemakaian air dan listrik. | |||
XIV | 1. | Melaksanakan kegiatan sendiri sampai selesai. | ||
2. | Membersihkan peralatan makan setelah digunakan. | |||
B | Kemampuan dasar (Kemampuan Bahasa) | |||
I | 1. | Membedakan dan menirukan kembali bunyi suara tertentu. | ||
2. | Menirukan kembali 4-5 urutan kata. | |||
3. | Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal sama (misal: Ka ki–Ka li) atau suku kata akhir yang sama (misal : na ma - sama) dll. | |||
II | 1. | Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar. | ||
2. | Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut. | |||
III | 1. | Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap. | ||
IV | 1. | Bercerita menggunakan kata Aku, Saya, Kamu, Dia, Mereka. | ||
2. | Menunjuk dan menyebutkan gerakan-gerakan misalnya : duduk, jongkok, berlari, makan, dll. | |||
3. | Menunjuk dan memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/katerangan, misalnya : di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri, di kanan, dsb. | |||
4. | Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata. | |||
5. | Mengelompokan kata-kata yang sejenis. | |||
6. | Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas. | |||
7. | Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4 – 6 gambar). | |||
V | 1. | Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalnya. | ||
2. | Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya. | |||
C. | Kognitif | |||
I | 1. | Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut cirri-ciri tertentu. Misalnya : menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll. | ||
2. | Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, ukuran, atau menurut cirri-ciri tertentu. | |||
3. | Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak dan sedikit, sama-tidak sama, tebal-tipis. | |||
4. | Membedakan macam-macam suara. | |||
5. | Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, jenisnya, persamaannya, dll. | |||
6. | Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda. | |||
7. | Menunjukkan kejanggalan suatu gambar. | |||
8. | Menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya. | |||
II | 1. | Mencoba dan menceritakan tentang apa yang terjadi jika : warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman, balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda dijatuhkan (gravitasi), benda-benda didekatkan dengan magnit, mengamati benda dengan kaca pembesar, macam-macam rasa, macam-macam bau, mendengar macam-macam bunyi. | ||
2. | Mengungkapkan sebab-akibat, misalnya : mengapa sakit gigi ? mengapa kita lapar ? dll. | |||
3. | Mengungkapkan asal mula / terjadinya sesuatu. | |||
III | 1. | Membilang / mengurut urutan bilangan 1 sampai 20. | ||
2. | Membilang ( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda ) sampai 10. | |||
3. | Membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda. | |||
4. | Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis). | |||
5. | Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama lebih banyak dan lebih sedikit. | |||
IV | 1. | Membuat bentuk-bentuk geometri | ||
2. | Mengelompokan benda-benda tiga dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat). | |||
3. | Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama (lingkaran-bola, segiempat-balok). | |||
4. | Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan). | |||
5. | Mengerjakan “maze” (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan). | |||
V | 1. | Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran, dll. | ||
2. | Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya). | |||
3 | Mengisi dan menyebutkan isi wadah ( 1 gelas, 1 botol, dll ) dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll. | |||
VI | 1. | Menyatakan waktu yang dikaitkan dengan jam. | ||
2. | Mengetahui jumlah hari dalam satu minggu, satu bulan, dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun. | |||
3. | Menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya, misalnya : waktu tidur, waktu makan, waktu sekolah, dll. | |||
4. | Menggunakan konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, kemarin, besok, dll). | |||
VII | 1. | Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10. | ||
2. | Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan, misal : merah, putih, biru, merah, putih, biru, merah, …. | |||
3. | Meniru pola dengan menggunakan berbagai benda. | |||
D. | Fisik dan Motorik | |||
I | 1. | Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan, Misal : makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu. | ||
2. | Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough / tanah liat, pasir. | |||
3. | Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung, dan lingkaran. | |||
4. | Meniru melipat kertas sederhana (7 lipatan). | |||
5. | Menjahit bervariasi ( jelujur dan silang ) 15 lubang dengan tali raffia, benang wol. | |||
6. | Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk / pola (lurus, lengkung, gelombang, zig-zag, lingkaran, segiempat, segitiga). | |||
7. | Mencocok bentuk. | |||
8. | Menyusun menara kubus minimal 12 kubus. | |||
9. | Membuat lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi. | |||
10. | Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari). | |||
II | 1. | Memantulkan bola besar, bola sedang, dan bola kecil (diam di tempat). | ||
2. | Melambungkan dan menangkap kantong biji sambil berjalan / bergerak. | |||
3. | Memantulkan bola besar, bola sedang, dan bola kecil sambil berjalan / bergerak. | |||
4. | Menangkap, melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (tenis) dengan memutar badan, mengayunkan lengan dan melangkah. | |||
III | 1. | Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban. | ||
2. | Berjalan mundur, berjalan ke samping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa beban. | |||
3. | Meloncat dari ketinggian 30-50 cm. | |||
4. | Memanjat, bergantung dan berayun. | |||
5. | Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang. | |||
6. | Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh. | |||
7. | Menendang bola ke depan dan ke belakang. | |||
8. | Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi. | |||
9. | Bermain dengan simpai (digelindingkan sambil berjalan dan berlari). | |||
10. | Senam fantasi bentuk meniru, misalnya : menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman yang terkena angin (sepoi-sepoi dan angin kencang dan angin kencang sekali) dengan lincah. | |||
11. | Naik otopet, sepeda roda dua. | |||
E. | Seni | |||
I | 1. | Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang dan bahan-bahan alam) dengan rapi. | ||
2. | Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga, dan segiempat. | |||
3. | Menggambar orang dengan lengkap dan proporsional. | |||
4. | Mencetak dengan berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan lebih rapi. | |||
II | 1. | Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi. | ||
2. | Mewarnai benda tiga dimensi dengan berbagai media. | |||
III | 1. | Meronce dengan manik-manik sesuai pola (2 pola). | ||
2. | Meronce dengan berbagai media misal : bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll. | |||
3. | Menciptakan 3 bentuk bangunan dari balok. | |||
4. | Menciptakan 3 bentuk dari kepingan geometri. | |||
5. | Menciptakan bentuk dengan lidi. | |||
6. | Menganyam dengan berbagai media misal : kain perca, daun, sedotan, kertas, dll. | |||
7. | Membatik dan jumputan. | |||
8. | Membuat gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa, biji-bijian, kain perca, batu-batuan, dll). | |||
9. | Membentuk gambar dengan teknik mozaik dengan memakai berbagai bentuk bahan (segiempat, segitiga, lingkaran, dll). | |||
10. | Membuat mainan dengan teknik menggunting, melipat dan menempel. | |||
11. | Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri. | |||
12. | Permainan warna dengan berbagai media misalnya : krayon, cat air, dll. | |||
13. | Melukis dengan jari (finger painting) | |||
14. | Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan, dll). | |||
15. | Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat membentuk irama. | |||
16. | Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun-daunan, dll. | |||
17. | Menciptakan alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama. | |||
18. | Bertepuk tangan dengan 3 pola. | |||
19. | Bertepuk tangan membentuk irama. | |||
IV | 1. | Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur. | ||
2. | Bergerak bebas dengan irama musik. | |||
3. | Menari menurut musik yang didengar mengekspresikan diri dalam gerak. | |||
4. | Bervariasi dengan lentur dan lincah. | |||
V | 1. | Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak. | ||
2. | Menyanyi lagu anak sambil bermain musik. | |||
VI | 1. | Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi, misalnya : perubahan intonasi, perubahan gerak dan penghayatan. | ||
2. | Membuat sajak sederhana. | |||
VII | 1. | Mengekspresikan gerak sesuai dengan syair lagu atau cerita. | ||
2. | Mengucapkan syair lagu sambil diiringi senandung lagunya. | |||
VIII | 1. | Mengkomunikasikan gagasan melalui gerak tubuh. | ||
2. | Menceritakan gerak pantomim kedalam bahasa lisan. |
No comments:
Post a Comment