IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
NASKAH LATIHAN MANDIRI UNIVERSITAS TERBUKA
NAMA MATA KULIAH : IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN
KELAS
KODE NASKAH: LM01
PENGEMBANG : WAHYUNI KADARKO
(wkadarko@mail.ut.ac.id)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
Sapaan
Hallo, Mahasiswa Program Studi S1 FKIP-UT, apakah
Anda sudah mempelajari Bahan Materi Pokok (BMP)? Bila sudah, Anda dapat
langsung mengerjakan naskah Latihan Mandiri (LM) online matakuliah IDIK4008
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Latihan Mandiri ini dimaksudkan untuk membantu
Anda untuk mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah
mempelajari BMP.
Bacalah Soal dengan teliti dan pilih atau klik-lah
pada butir pilihan jawaban A, B, C, atau D. Setiap Anda mengklik suatu pilihan
jawaban Anda akan mendapatkan umpan balik (feedback) mengenai benar salah
jawaban yang Anda pilih. Dalam LM online ini disertai pula hint yang berisi
rambu-rambu jawaban untuk menyelesaikan setiap butir soal. Selain itu LM ini
Anda akan terbantu dalam memahami BMP yang sekaligus dapat dimanfaatkan untuk
menyiapkan diri dalam menghadapi UAS.
Selamat mengerjakan dan selamat belajar!
Untuk No. Soal 1 sampai dengan Soal No. 50 Pilih
satu jawaban yang tepat!
1. PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului
dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. McTaggard
B. Carr dan Kemmis
C. Rochman
D. Schmuck
2. Maksud dari self-reflective inquiry adalah
penelitian yang ....
A.berbasis refleksi diri
B. metode yang longgar dan fleksibel
C. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D. disesuaikan dengan kemampuan guru
3. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel
yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
A. sampel representatif
B. sampel purposif
C. sampel acak
D. kasus khusus yaitu kelas
4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau
dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
A. teori belajar yang akan diuji
B. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C. perbaikan hasil belajar siswa
D. meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan
penelitian
5. Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk
meningkatkan ....
A. kemampuan guru di bidang instruksional
B. kualitas pendidikan di sekolah yang
bersangkutan
C. daya inovasi pada diri guru
D. kualitas pembelajaran di kelas
6. Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan
dengan penelitian formal, kecuali ....
A. peneliti
B. validitas
C. metodologi
D. instrumen
7. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus
dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A. dukungan dari pihak sekolah
B. kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian
di kelasnya
C. pengawasan dari Kepala Sekolah
D. kerjasama antar personil sekolah
8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan
melakukan ....
A. perumusan masalah
B. identifikasi masalah
C. analisis masalah
D. pembatasan masalah
9. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat
ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
A. melakukan refleksi
B. mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
C. berdiskusi dengan teman sejawat
D. melakukan studi banding ke sekolah lain
10. Hipotesis tindakan adalah ....
A. tindakan perbaikan yang dirancang pada saat
menyusun Rencana Perbaikan
B. alternatif tindakan perbaikan yangakan
diujicobakan
C. dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan
pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D. kajian teori yang relevan dengan masalah
penelitian
IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
A. menentukan metode pengolahan data yang tepat
B. mempersiapkan diri sebagai peneliti
C. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario
Tindakan (ST)
D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian
12. Yang dimaksud dengan high inference
observation adalah model pengamatan ....
A. tanpa penafsiran
B. langsung sebagaimana yang teramati oleh
peneliti
C. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan
subyek penelitian (candid camera)
D. yang membutuhkan penafsiran
13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana
verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
A. terfokus
B. sistematis
C. terstruktur
D. terbuka
14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping
observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan
data, kecuali ....
A. wawancara
B. studi dokumen kelas
C. pengisian kuesioner
D. survai
15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti
PTK pada saat ....
A. sebelum menyusun proposal
B. sesudah mengidentifikasi masalah
C. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D. sesudah melakukan upaya perbaikan
16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut
dalam PTK adalah ....
A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus
berikutnya
B. merevisi pedoman observasi
C. menyusun proposal PTK
D. menentukan metode yang akan digunakan
17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan
tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat
dikategorikan ke dalam domein ....
A. kenakalan remaja
B. disiplin belajar
C. interaksi belajar
D. prestasi belajar
18. Berikut adalah kriteria yang perlu
dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak
diteliti atau tidak, kecuali ....
A. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan
bermanfaat bagi siswa
B. guru mampu untuk melaksanakannya
C. relevan dengan pengembangan sekolah
D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal
dalam analisis masalah adalah ....
A. melakukan kajian dokumen kelas
B. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran
di kelas
C. mewawancarai siswa
D. memberikan tes formatif
20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa
tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan
(3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja
disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di
atas adalah, kecuali....
A. metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa
mau menyimak pelajaran?
B. strategi apa yang sebaiknya digunakan agar
siswa mau menyimak?
C. bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
D. bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau
mau bertanya?
IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
21. Berikut adalah beberapa alternatif cara
mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B. mempelajari hasil penelitian yang relevan
C. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar
selama ini
D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat
22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana
Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A. tujuan perbaikan
B. TIU
C. TIK
D. Kegiatan pembelajaran
23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif
dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum
memberikan tindakan perbaikan adalah ....
A. mempelajari proposal PTK
B. melakukan simulasi perbaikan
C. berdiskusi dengan rekan sejawat
D. memvalidasi RPP
24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada
dasarnya adalah ....
A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru
pada saat melakukan penelitian
C. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk
memperbaiki pembelajaran dikelasnya
D. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru
25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk
membangun....
A. relasi antar-guru kelas
B. kerjasama antar pihak-pihak terkait
C. persamaan persepsi
D. citra guru sebagai peneliti
26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2
apabila Siklus 1 ....
A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai
dilakukan
B. sudah berhasil
C. belum menunjukkan perbaikan
D. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan
27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di
kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah
teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana
cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan
Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan,
ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
A. ordinal
B. kuantitatif
C. kualitatif
D. numerik
28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis
data hasil PTK, kecuali ....
A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang
dilakukan selama penelitian
B. grafik histogram
C. narasi tentang perilaku siswa
D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang
digunakan
29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan
penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
A. urutan identifikasi masalah
B. pertanyaan penelitian
C. temuan penelitian
D. hasil analisis data
30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk
....
A. mempertinggi akurasi
B. memperoleh hasil yang valid
C. memperoleh perbaikan yang optimal
D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan
penelitian
IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang
....
A. temuan penelitian
B. kesimpulan hasil penelitian
C. rekomendasi
D. saran-saran perbaikan pembelajaran
32. Judul PTK harus menggambarkan ....
A. upaya perbaikan pembelajaran
B. masalah pembelajaran
C. masalah pendidikan
D. perbaikan sistem persekolahan
33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen
DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan
abstrak penelitian, kecuali ....
A. difokuskan pada saripasi penelitian
B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan
penelitian
C. disajikan secararuntut, singkatdan padat
D. merupakan ringkasan penelitian
34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian
ditulis/disajikan di bagian ....
A. identifikasi masalah
B. perumusan masalah
C. pendahuluan
D. Kesimpulan
35. Karena mau cepat selesai, pada saat
penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah
menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan
melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai
etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. ke-konsistenan (keajegan)
36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun
berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK
adalah .....
A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
B. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan
pikiran
C. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah
halaman yangdimulai dengan barisbaru
D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis
37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian
pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah
....
A. teori-teori yang elevan
B. kerangka berpikir
C. metodologi
D. pertanyaan penelitian atau hipotesis
38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan
....
A. proses sosialisasi laporan ilmiah
B. penyebarluasan hasil penelitian
C. publikasi temuan ilmiah
D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah
adalah ....
A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah
B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di
kelas
C. meningkatnya kredibilitas sekolah.
D. meningkatnya intelektualitas staf guru.
40. karena mau cepat selesai maka pada saat
penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah
menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan
bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika
penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. keajegan
IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
41. Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di
kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang
diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas
60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian.
Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang
karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan
dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran
sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan
soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?".
Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai
berikut:
(1) Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
(2) Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat
membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
(3) Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala
Sekolah?
42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins
adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun
....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan teman
sejawat
(2) membangun rasa saling percaya antar
pihak-pihak yang terlibat
(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang
terlibat
43. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi,
maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama
proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
(1) apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
(2) apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
(3) apakah dampak dari tindakan perbaikan yang
sudah saya berikan?
44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar
(teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
(1) perilaku mengajar guru dalam melaksanakan
tindakan perbaikan
(2) suasana dan perilaku belajar siswa selama
berlangsung tindakan perbaikan
(3) intensitas catatan penelitian yang
dibuat/ditulis oleh pengamat
45. Hasil analisis data dapat dijadikan bahan
untuk ....
(1) membuat kesimpulan dan tindak lanjut
penelitian
(2) melakukan refleksi untuk membuat perencanaan
tindak lanjut
(3) mengidentifikasi temuan penelitian
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi
terutama ditujukan untuk ....
(1) memperoleh masukan tentang perilaku belajar
siswa
(2) mempelajari dampak tindakan perbaikan yang
diberikan
(3) mempelajari dokumen hasil belajar
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan
di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
(1) mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan
yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa
(2) mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran
melalui wawancara dengan siswa
(3) mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal
belajar siswa
48. Refleksi pada dasarnya adalah .....
(1) mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa
masalah ini sampai terjadi dikelasnya
(2) merencanakan berbagai alternatif tindakan yang
mungkin dapat dilakukan
(3) merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang
sudah dilakukan selama ini
49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil
analisis data adalah ....
(1) menemukan makna dari hasil analisis datauntuk
menjawab pertanyaan penelitian.
(2) menterjemahkan hasil analisis data dan
menghubungkannya dengan masalah penelitian.
(3) mengolah data hasil penelitian dengan
menggunakan analisis statistik.
50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
(1) saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai
pihak
(2) alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan
penelitian
(3) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui
refleksi
IDIK4008 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
No comments:
Post a Comment