LATIHAN SOAL
UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PAUD4103 METODE
PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
MATA KULIAH:
PAUD4103 METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
KODE NASKAH:
LM01
PENULIS: UNTUNG
LAKSANA BUDI (ibud@mail.ut.ac.id)
PENELAAH: DIAN
NOVITA
SapaanHalo mahasiswa FKIP-UT selamat berjumpa berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri (LM) Online. Apakah Anda sudah mempelajari buku materi pokok (BMP) matakuliah tersebut. Bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan LM Online ini. LM Online dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk menyiapkan diri menghadapi ujian akhir semester (UAS)
Naskah LM Online ini ini sudah dilengkapi feedback yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah, serta hint yang berisi rambu-rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.
Petinjuk mengerjakan soal:
Bacalah setiap butir soal dengan teliti, pilihlah salah satu jawaban yang benar dari A, B, C, dan D.
Selamat mengerjakan !
1
Menurut World
Book Dictionary emosi didefinisikan sebagai....
A.
kecenderungan tindakan
|
B. berbaga
iperasaan yang kuat
|
C. perasaan
dan pikiran khas
|
D. suasana
yang kompleks
|
2
Tahap
terjadinya emosi berupa perubahan pada wajah dan daerah yang dapat diamati
disebut....
A. elicitors
|
C. state
|
D. expression
|
D. expression
|
3
Contoh fungsi
emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak yaitu....
A. ramah dan
penolong
|
B. takut dan
stress
|
C. sedih dan
menangis
|
D. tertawa
dan gemmbira
|
4
Rasa impulsif
dan frustrasi pada anak tergolong kedalam jenis emosi dasar.....
A. gembira
|
B. marah
|
c. takut
|
D. sedih
|
5
Tugas
pengembangan sosial yang berkaitan erat dengan kemampuan memahami orang lain
disebut....
A. sikap
sosial
|
B. belajar
berkomunikasi
|
C. belajar
berorganisasi
|
D. sikap
kompromi
|
6
Hakekat manusia
sebagai mahluk sosial atau zoon politicon merupakan pandangan yang
dikemukakan oleh.....
A. Loree
|
B. Syamsuddin
|
C. Muhibin
|
D. Plato
|
7
Pendapat
berikut ini merupakan pandangan Hurlock mengenai perkembangan sosial,
kecuali....
A. belajar
bertingkah laku yang diterima oleh masyarakat
|
B. belajar
memainkan peran sosial yang ada dimasyarakat
|
C. belajar
menjai mahluk sosial
|
D. belajar
berperilaku sosial terhadap individu lain.
|
8
Salah satu
karakteristik individu yang bersifat introvert adalah.....
A. kurang
suka bergaul
|
B. senang
berteman
|
C.
ramah-tamah
|
D. aktif
|
9
Contoh belajar
mengorganisasi dalam pengembangan sosial anak yaitu ....
A. belajar
berbagi dengan individu lain
|
B. mengerti
dan dimengerti individu lain
|
C. belajar
berbagi peran dalam bermain
|
D. memahami
akibat dari tindakan yang dilakukan
|
10
Permainan
kelompok seperti bermain menirukan aktivitas yang terjadi di pasar adalah
contoh tingkatan bermain....
A. solitaire
|
B. paralel
|
C. asosiatif
|
D. kooperatif
|
11
Berikut
merupakan karakteristik pokok reaksi yang diperlihatkan oleh anak, kecuali....
A. sangat
kuat
|
B. berubah
pada setiap kondisi
|
C. bersifat
individu
|
D. selalu
sama setiap saat
|
12
Anxiety atau
perasaan cemas merupakan bentuk reaksi emosi yang tergolong sebagai....
A. marah
|
B. takut
|
C. cemburu
|
D. sedih
|
13
Keinginan anak
yang tidak terpenuhi akan memunculkan rekasi emosi....
A. marah
|
B. takut
|
C. cemburu
|
D. sedih
|
14
Contoh perilaku
marah yang bersifat impulsif yaitu....
A. frustrasi
|
B. agresi
|
C. menarik
diri
|
D. lesu dan
masa bodoh
|
15
Rasa tidak
mampu dan malu melakukan sesuatu tergolong merupakan reaksi takut yang
tergolong.....
A. shyness
|
B. anxiety
|
C.
embarrassment
|
D. strange
|
16
Pemenuhan emosi
positif pada anak akan memberi dampak rasa....
A. kecewa
|
B. sedih
|
C. aman
|
D. takut
|
17
Ciri yang bukan
merupakan perkembangan sosial pada periode bayi yaitu....
A. belum
mampu membedakan objek dan benda
|
B. bereaksi
terhadap suara yang ramah dan tidak
|
C. memilih
teman bermain
|
D. tersenyum
sosial atau social smiles
|
18
Kesedihan untuk
berbagi dengan orang lain merupakan contoh pola perilaku sosial pada awal masa
kanak-kanak yang berupa....
A. kerjasama
|
B. persaingan
|
C. kemurahan
hati
|
D. empati
|
19
Contoh perilaku
pada tahapan a normative stage dalam penerimaan sosial yaitu....
A. kesaman
nilai
|
B. kesamaan
harapan
|
C. kesamaan
minat
|
D. kedekatan
mendalam
|
20
Contoh
kemampuan guru dalam bersikap objektif dalam mengenal perilaku sosial anak
yaitu....
A. menyatu
dengan lingkungan anak
|
B. bertindak
adil dan bijaksana.
|
C. mengamati
perlaku dan ekspresi anak
|
D.
memprediksi perilaku anak
|
21
Kemampuan mengamati
perkembangan perilaku dan emosional anak disebut sebagai kemampuan....
A. prediksi
|
B. observasi
|
C. merekam
|
D. mencatat
|
22
Cara yang tepat
untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan
sosial dan emosional anak yaitu.....
A. adil
|
B. tegas
|
C. disiplin
|
D. toleran
|
23
Contoh pengaruh
emosional terhadap dimensi fisik seseorang dapat terlihat dari.....
A. benci
|
B. ekspresi
wajah
|
C. marah
|
D. kesal
|
24.
Pengaruh emosi
terhadap perubahan mental anak yaitu.....
A. denyut
jantung bertambah cepat
|
B. pupil mata
membesar
|
C.
konsentrasi menurun
|
D. peredaran
darah bertambah cepat
|
25
Contoh bentuk
perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional yang dimiliki
anak yaitu...
A. sikap
gembira
|
B. kasih
sayang
|
C. cemburu
|
D. bahagia
|
26
Salah satu
kemampuan guru dan orang tua untuk mengenali perilaku sosial emosional anak
adalah melalui observasi yaitu.....
A. mengamati
|
B. mencatat
|
C. merekam
|
D.
memprediksi
|
27
Contoh pengaruh
sosial dan emosional yang menyenangkan terhadap interaksi sosial anak
yaitu.....
A. menarik
diri dari lingkungan
|
B. mengurangi
peran sosial
|
C. senang
menjadi bagian dari masyarakat
|
D. kurang
senang bergaul
|
28
Berikut
merupakan contoh reaksi emosi yang negatif pada anak, kecuali.....
A. mengamuk
|
B. tindakan
agresif
|
C. bersahabat
|
D. melukai
diri
|
29
Penyaluran
energi emosional dapat dilakukan melalui sikap......
A. agresif
|
B. antisosial
|
C. egois
|
D. berteman
|
30
Contoh pengaruh
kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional yaitu...
A. mudah
memaafkan
|
B. rendah
diri
|
C. suka
berteman
|
D. percaya
diri
|
31
Berikut ini
merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai pada diri anak
kecuali.....
A. mudah
tersinggung
|
B. suka
bergaul
|
C. suka
menangis
|
D. selalu
ingin berkuasa
|
32
Anak yang
selalu mendapat perlakuan kasar akan berkembang menjadi anak yang.......
A. agresif
|
B. kurang
inisiatif
|
C. egois
|
D. menarik
diri
|
33
Tindakan
penyembuhan pada anak yang dianggap positip mengalami gangguan emosi maupun
sosial disebut.....
A. proaktif
|
B. kuratif
|
C. referal
|
D. preventif
|
34
Contoh faktor
kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak yaitu......
A. kesehatan
yang buruk
|
B.
perlengkapan intelektual yang buruk
|
C. penyakit
kronis
|
D. perubahan
kelenjar
|
35
Berikut ini
merupakan faktor-faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku,
kecuali......
A. disiplin
yang ketat
|
B. pemberian
hukuman yang keliru
|
C. pemahaman
dan kesadaran disiplin
|
D. meniru
contoh yang tidak pantas.
|
36
Konflik yang
terus menerus dalam sebuah rumah tangga akan mengakibatkan anak bersikap......
A. pemurung
|
B. beringas
|
C. kasar
|
D. kurang
sopan
|
37
Pernyataan anak
merupakan praktisi masa depan mempunyai makna......
A. kondisi
emosi dan sosial anak perlu dikembangkan
|
B. anak akan
mengisi baik buruknya hari esok
|
C.
keberhasilan membina anak usia dini membawa kesuksesan
|
D. anak
memerlukan pembinaan, bimbingan, dan pendidikan yang baik
|
38
Salah satu
karakteristik penting dari kecerdasan emosional adalah......
A. diturunkan
dari generasi sebelumnya
|
B. merupakan
faktor bawaan atau genetika
|
C. tumbuh dan
berkembang seumur hidup
|
D. berkaitan
dengan hal-hal akademis
|
39
Menurut Goleman
kecerdasan emosional seseorang terkait dengan.....
A. menentukan
sikap
|
B. memecahkan
masalah
|
C. bersifat
akademis
|
D.
mengendalikan perasaan
|
40
Upaya
pengembangan emosional dan sosial tidak dapat ditumbuhkan bentuk melalui
permainan statis seperti......
A. lompat
tali
|
B. play
Station
|
C. main gundu
|
D. kucing -
kucingan
|
41
Tujuan
pemanfaatan permainan dinamis dalam perkembangan emosional anak adalah untuk
melatih kemampuan......
A. individual
|
B. kerjasama
|
C. pemahamaan
|
D.
pengetahuan
|
42
Menirukan
perbuatan orang tua merupakan cara anak belajar dari lingkungan melalui
tindakan.....
A. trial and
error
|
B.
pengkondisian
|
C. imitasi
|
D. coba dan
ralat
|
43
Contoh perilaku
anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin yaitu....
A. aktif
bergaul dengan teman
|
B. mengikuti
aturan permainan
|
C. meniru
kegiatan orang dewasa
|
D.
bekerjasama dengan orang lain
|
44
DAP adalah
pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan tujuan - tujuan pembelajaran
dengan dimensi perkembangan anak. Definisi ini dikemukakan oleh........
A. Maurice J.
Elias
|
B. Al Mabrur
|
C. Weikert
|
D. Eliason
dan Jenkin
|
45
Contoh prinsip bahwa
semua aspek perkembangan anak saling terkait yaitu.....
A.
perkembangan anak dipengaruhi kematangan biologis dan lingkungan
|
B. anak-anak
memberi kontribusi terhadap perkembangannya sendiri
|
C.
keterampilan berbahasa berpengaruh terhadap keterampilan sosial
|
D. pengalaman
anak bersifat kumulatif dan berpengaruh kuat
|
46
Perancangan
pengembangan kurikulum TK perlu mempertimbangkan beberapa faktor,
kecuali........
A. mencakup
fisik, emosi, sosial, bahasa, estetika dan kognitif
|
B. penekanan
pada aspek kobnitif semata
|
C.
mengintegrasikan kemampuan membaca, menulis dan berhitung.
|
D. memberikan
pengalaman belajar yang bermakna
|
47
Karakteristik
program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun yaitu.......
A. tertawa
dan menjerit karena gembira diajak bermain
|
B.
berkomunikasi dengan orang dewasa
|
C. menolong
dan membela teman
|
D. senang
menirukan lagu dan dongeng
|
48
Prosedur
pengembangan pembelajaran berorientasi pada perkembangan anak mempunyai
karakteristik.......
A. anak pasif
dan mendengar
|
B. guru aktif
memberi petunjuk
|
C. belajar
bersifat situasional dan menyenangkan
|
D. guru lebih
banyak mengarahkan
|
49
Faktor yang
tidak termasuk kedalam pelaksanaan pembelajaran yang bersifat holistik
adalah......
A.
menggunakan media
|
B.
memperhatikan kebutuhan guru
|
C.
memanfaatkan rangsangan psikologis
|
D.
memanfaatkan rangsangan fisiologis
|
50
Berikut ini
merupakan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus atau multisensori
.......
A. menggali
potensi dalam diri anak secara optimal
|
B.
memfasilitasi perkembangan anak secara seimbang
|
C.
mengantisipasi hal yang menghambat perkembangan anak
|
D. membuat
pembelajaran lebih bersifat variatif
|
LATIHAN
SOAL UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PAUD4103 METODE
PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
No comments:
Post a Comment