PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN
BAHASA
NASKAH LATIHAN MANDIRI
KODE MATA KULIAH : PAUD4106
NAMA MATAKULIAH : METODE
PENGEMBANGAN BAHASA
KODE NASKAH : LM01
PENGEMBANG : SARDJIYO
(sardjiyo@mail.ut.ac.id)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSTAS TERBUKA
Sapaan
1.
Bahasa manusia berbeda dengan isyarat hewan. Pada
manusia, bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang
lain. Dengan demikian bahasa pada manusia merupakan ...
A.bahasa isyarat
|
|
B. upaya kreatif yang tidak pernah berhenti
|
|
C.fenomena
|
|
D.manipulasi simbol-simbol
|
2.
Tedapat aliran yang mengartikan bahasa sebagai suatu
perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia. Aliran yang dimaksud adalah
aliran menurut ...
A.Sofisme
|
|
B.Stoijin
|
|
C.Plato
|
|
D.Aristoteles
|
3.
Salah asatu karakteristik bahasa adalah hubungan
antara berbagai macam suara dan visual, objek, maupun gagasan. Hal tersebut
termasuk karakteristik bahasa ...
A. sistematis
|
|
B.fleksibel
|
|
C.beragam
|
|
D.arbitier
|
4.
Dalam komunikasi diperlukan bahasa yang bersifat
dimengerti atau diterima. Istilah lain terkait peristilahan tersebut adalah ...
A.ekspresif
|
|
B.reseptif
|
|
C.sosialisasi
|
|
D.berbicara
|
5.
Dalam penggunaan bahasa dimaksudkan untuk memperoleh
ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya.
Pernyataan tersebut adalah contoh yang termasuk fungsi bahasa ...
A.instrumental
|
|
B.regulatif
|
|
C.heuristik
|
|
D.personal
|
6.
Menurut teori behavioristik bahwa anak dilahirkan
tanpa membawa kemampuan apapun, sementara ahli nativis mengatakan individu
dilahirkan dengan alat penguasaan bahasa (Language Acquisition Device). Tokoh
nativis tersebut adalah...
A.Chomsky
|
|
B.Howe
|
|
C.Marantos
|
|
D.Miller
|
7.
Berikut adalah contoh penerapan teori behavioristik”
saya makan susu” kata si anak. Sang ibu tidak menerima kalimat tersebut
walaupun secara tata bahasa sudah benar. Umumnya Sang ibu menerima kalimat dari
anak walaupun tata bahasanya tidak benar tetapi maksudnya benar, adalah ...
A.Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu saat kalau
kamu sudah besar kamu bisa belajar di sana
|
|
B.Bu, Ani berangkat sekolah dulu ya...
|
|
C.Sekarang saya sudah sekolah dan banyak temannya
|
|
D.Di sekolah banyak tempat permainan
|
8.
Anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk berperan
aktif terhadap lingkungannya, dalam memproses informasi, dan dalam penyimpulan
tentang struktur bahasa. Hal tersebut kajian dari teori ...
A.nativistik
|
|
B.behavioristik
|
|
C.kognitif
|
|
D.prakmatik
|
9.
Berikut adalah contoh penerapan teori Pragmatik
sebagaimana diungkapkan Halliday dalam Bromley (1995) tentang bahasa awal anak
melalui bahasa personal
A.Saya senang bermain denganmu
|
|
B.Seandainya saya memilki mainan sepertimu
|
|
C.Berikan pada saya mainanmu
|
|
D.Ajaklah saya bermain denganmu
|
10.
Berikut contoh penerapan teori Interaksionis
dalam bentuk kalimat ...
A.
A.
Seandainya saya memilki mainan sepertimu
|
|
B. Saya ingin memberitahukanmu tentang teman baruku
|
|
C.Ajaklah saya bermain denganmu
|
|
D.Berikan pada saya mainanmu
|
11.
Whole Language adalah sebuah sistem yang alamiah
tentang pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah. Pernyataan
ini dikemukakan oleh :
A.Eisele
|
|
B.Kruhm
|
|
C.Richard
|
|
D.Weaver
|
12.
Whole Language berprinsip bahwa anak diharapkan
bekerja dan belajar sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan
dirinya. Prinsip tersebut lebih tepat disebut .... masyarakat; Ilmu
Politik mempelajari Negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya, pendapat tersebut
dikemukakan....
A.Demonstration
|
|
B.Expectation
|
|
C.Responsibility
|
|
D.Employment
|
13.
Kelas whole languageadalah kelas yang sibuk karena
dipenuhi dengan banyak buku-buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan. Berikut
adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalammenata sentra kegiatan,
kecuali ....
A.menata sentra agar mendapat pencahayaan dan
sirkulasi udara yang cukup
|
|
B.memperjelas pola lalu lintas jalan untuk keluar
masuk sentra
|
|
C.menata sentra seaman mungkin untuk anak
|
|
D.menata sentra agar nyaman dengan menggunakan
fasilitas sekolah seperti AC
|
14.
Dalam guru membacakan sebuah cerita dengan menggunakan
suara keras dan intonasi yang baik sehingga anak-anak dapat tertarik dari isi
cerita yang disampaikan guru tersebut. Contoh ini termasuk dalam ...
A.reading aloud
|
|
B.journal writing
|
|
C.sustained silent reading
|
|
D.guided reading
|
15.
Kemampuanmenyimak merupakan salah satu keterampilan
berbahasa reseptif yang melibatkan beberapa faktor sebagai berikut, kecuali :
A. penyimak
|
|
B.situasi
|
|
C.pembicara
|
|
D.kapasitas
|
16.
Menurut Jalongo (2007) tentang kemampuan anak dalam
mendengar mengalami perkembangan
A.infant, mulai mengeluarkan suara bergumam
|
|
B.usia satu sampai dua tahun, mulai mengenal namanya
sendiri
|
|
C.usia 3-4 tahun, mengingat permainan jari
|
|
D.usia 5-6 tahun , anak sering mengatakan “apa?”
atau “hah?”
|
17.
Jika anak mulai belajar bahasa asing yang dimulai dari
cara pengucapan fonem, kata, dan kalimat sebelum dia dapat mengucapkan kata dan
menggunakanya dalam berbicara, adalah fungsi
A.menjadi dasar belajar bahasa
|
|
B.menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa tulis
|
|
C.menunjang keterampilan berbahasa lainya
|
|
D.memperlancar komunikasi lisan
|
18.
Tarigan mengemukakan ada sejumlah tujuan orang
menyimakuntuk .... kecuali:
A. belajar
|
|
B.mengapresiasi
|
|
C. menghibur diri
|
|
D.mengisi waktu luang
|
19.
Dalam perkembangan berbicara anak dipengaruhi oleh
faktor neurologi, kecuali
A.perkembangan kognitif
|
|
B.strategi memproses informasi
|
|
C.kemampuan output motor
|
|
D.kemampuan sensorik
|
20.
Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal
serbagai berikut, kecuali
A.kesiapan berbicara
|
|
B.kesempatan berlatih
|
|
C.pengalaman
|
|
D. otivasi untuk belajar dan berlatih
|
PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA
21.
Menurut Bromley(1992) menyatakan terdapat perbedaan
kecepatan dalam berbahasa pada anak, namun komponen dalam bahasa tidak berubah.
Komponen tersebut adalah...
A.perkembangan fonologi
|
|
B.perkembangan morfologi
|
|
C.perkembangan fisik
|
|
D.semantik
|
22.
Tahap perkembangan bahasa berbicara anak terbagi dalam
dua periode besar yakni periode prelinguistik (0-1tahun) dan periode linguistik
(1-5tahun). Pada periode linguistik terbagi dalam tiga fase besar. Setelah Anda
analisis satu persatu dari alternatif jawaban, tentukan yang bukan termasuk
dalam fase linguistik adalah fase ...
A.satu kata
|
|
B.dua lebih dari satu kata
|
|
C.tiga lebih dari satu kata
|
|
D.diferensiasi
|
23.
Menurut Vygotsky (1986) terdapat tiga tahap
perkembangan bicara anak yang berhubungan erat dengan perkembangan berpikir
anak, kecuali tahap ....
A.eksternal
|
|
B.egosentris
|
|
C.berbicara internal
|
|
D.verbal
|
24.
Dalam memberi pengalaman menulis pada anak didik,
peran guru hendaknya.... kecuali
A.menyediakan bahan dan kesempatan bagi anak untuk
menulis sendiri
|
|
B.menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak
tidak terbengkalai dalam menulis
|
|
C.memperhatikan karaktristik, kebutuhan, dan minat
anak
|
|
D.perencanaan untuk pengalaman menulis yang beragam
|
25.
Menurut Brewer ( terdapat empat tahapan dalam
kemampuan menulis pada anak, sebagai berikut. Pilih satu yang bukan tahapan
menururut Brewer adalah tahap ...
A.mencoret atau membuat goresan (Scribble stage)
|
|
B.pengulangan linear (Linear Repetitive stage)
|
|
C.menulis nama (Letter Name Writing or Phonetic
Writing)
|
|
D. menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via
Reproducting well-learned stage)
|
26.
Menurut Jolongo (2007) perkembangan menulis yang
saling berkaitan dengan menggambar dalam tahap awal disebut tidak ada
huruf-huruf yang dapat dikenal. Dalam tahap ini lebih menunjukkan konsep
komunikasi melalui simbol, yakni... kecuali
A.random scribbling
|
|
B.controlled scribbing
|
|
C.name of scribbing
|
|
D.modeling scribbing
|
27.
Terdapat sejumlah alasan guru untuk menumbuhkan cinta
membaca pada anak. Pilih satu yang bukan alasan menurut Leonard (1999:27)
adalah ...
A.anak yang senang membaca akan membaca dengan baik
dan sebagian waktunya digunakan untuk membaca
|
|
B.membaca akan memberikan wawasan yang lebih luas
dalam segala hal dan membuat belajar lebih mudah
|
|
C.membaca dapat membantu anak-anak untuk memiliki
rasa kasih sayang
|
|
D.membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan
|
28.
Hasil penelitian Grifin dkk (1998) menyatakan sekolah
yang mengajarkan keterampilan pra membaca di TK berdampak positif terhdapa anak
ketika memasuki sekolah dasar. Pilih satu jawaban yang tidak termasuk
pernyataan hasil penelitian Grifin tersebut adalah kemampuan ...
A.membedakan auditorial
|
|
B.diskriminasi visual
|
|
C.memainkan komputer
|
|
D.bahasa lisan<
|
29.
Kemampuan membaca seperti juga kemampuan menulis
merupakan kegiatan yang komplek, artinya banyak faktor yang mempengaruhinya seperti
faktor motivasi, lingkungan , keluarga dan guru. Pernyataan tersebut
dikemukakan oleh ...
A.Anderson
|
|
B.Tampubolon
|
|
C.Grifin
|
|
D.Leonhardt
|
PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA
30.
Ketika anak diperkenalkan dengan buku dan ia mulai
tumbuh kesadaran akan tulisan dalam buku, menemukan kata yang pernah ditemuai
sebelumnya, dan mengungkapkan kata-kata yang bermakna terkait dengan dirinya
serta mengenal tulisan kata-kata pusisi, lagu dan sudah mengenal abjad.
Pernyataan ini adalah salah satu contoh tahapan dalam perkembangan membaca
menurut Cochrane Efal yakni tahap ...
A.fantasi
|
|
B.pembentukan konsep diri
|
|
C.membaca gambar
|
|
D.membaca lancar
|
31.
Literatur anak-anak adalah pembelajaran yang baik
untuk anak karena akan merangsang daya pikir dan imajinasi dengan baik.Manfaat
buku bagi anak akan menggabungkan beberapa kualitas sebagai berikut, kecuali
A.memperpanjang pengalaman
|
|
B.sediakan bantuan bahasa
|
|
C.sediakan dana secukupnya
|
|
D.sediakan dukungan untuk pembaca
|
32.
Bahan pustaka atau literatur begitu banyak jenis dan
ragamnya yang kesemuanya bertujuan mendukung pengembangan bahasa atau
pengetahuan anak. Berikut adalah jenis karya cetak atau karya grafis sebagai
berikut, kecuali :
A.majalah
|
|
B.piringan hitam
|
|
C.surat kabar
|
|
D.laporan
|
33.
Banyak para ahli yang mengklasifikasikan literatur
berdasarkan usia anak. Berikut adalah contoh buku yang tepat sesuai dengan anak
yang berusia 2- 4 tahun, adalah buku yang ...
A.berwarna warni
|
|
B.mempunyai cerita yang sederhana dengan dengan
akhir yang menyenangkan
|
|
C.mempunyai imajinasi, fantasi, komedi, dongeng dan
buku yang berisi informasi
|
|
D.mempunyai fantasi tinggi, memecahkan masalah dan
mengidentifikasi karakter
|
34.
Peranan literatur dalam pengembangan bahasa bagi anak
adalah sebagai berikut, kecuali ...
A.memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan
membaca pada anak
|
|
B.memperluas pengetahuan anak
|
|
C.memberikan dasar-dasar ke arah belajar secara
mandiri
|
|
D.mendorong dan mengembangkan potensi diri yang
memiliki egoisme tinggi
|
35.
Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan
bahasa anak khususnya membentuk kebiasaan membaca anak dan cinta buku, kecuali
:
A.bawa anak ke toko buku yang terkenal dan
terlengkap koleksi bukunya
|
|
B.membaca dan berbicara tentang buku-buku dengan
cinta dan kasih sayang
|
|
C.pastikan bahwa di kelas ada cukup buku untuk semua
anak
|
|
D. buat suasana yang menyenangkan untuk membaca
|
36.
Cara mengenalkan buku bacaan bagi anak agar anak memiliki
sifat cinta buku diperlukan suatu proses yang harus ditempuh yakni pembangkitan
minat, relasi makna, dan refleksi. Pada tahap pembangkitan diharapkan anak
secara aktif terlibat dalam mengingingat apa yang anak tahu tentang topik.
Selanjutnya tahap relasi makna, dalam fase ini anak akan datang ke dalam
ide-ide baru dari teks dalam buku, serta tahap terakhir adalah tahap refleksi.
Inti dari fase ini adalah ...
A.anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata
sendiri ide-ide yang mereka temui
|
|
B.anak didorong untuk mulai berpikir tentang topik
dan mereka akan mengeksplorasi secara rinci
|
|
C.memperkenalkan judul dan penulis dari teks dan
ilustrasi
|
|
D.melihat ilustrasi dan memprediksi konten sesuai
dengan ilustrasi
|
37.
Permainan mendengarkan berkaitan dengan ...
A.benda
|
|
B.warna warni
|
|
C.bunyi-bunyian
|
|
D.tulisan
|
38.
Media visual yang sering digunakan adalah televisi.
Tidak diragukan lagi bahwa televisi dapat membantu memperkaya perbendaharaan
kata-kata atau bahasa AUD. Untuk memanfaatkan televisi tersebut langkah yang
harus dilakukan guru adalah ... kecuali :
A.mendampingi ketika menonton tayangan
|
|
B.memberi penjelasan dengan bahasa yang mudah
dipahami anak
|
|
C.memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya
seluas luasnya
|
|
D.mengajukan pertanyaan terkait dengan tayangan
televisi tersebut
|
39.
Berikut adalah peranan menyimak, kecuali ...
A.memperlancar komunikasi lisan
|
|
B.meningkatkan keterampilan berbahasa
|
|
C.landasan belajar bahasa
|
|
D.memberitahukan sesuatu informasi
|
40.
Berikut adalah contoh yang dapat dilakukan guru untuk
membantu siswa memiliki kemampuan mendengar yang dikaitkan dengan proses pemebalajaran,
kecuali :
A.memainkan beberapa musik yang diminati
|
|
B.menggunakan lagu-lagu berisi cerita
|
|
C.saya bercerita, kamu mengerjakan, latihan untuk
bekerja sama, yang satu menyebutkan yang lain mengerjakan
|
|
D.simak - kerjakan
|
PAUD4106 METODE PENGEMBANGAN BAHASA
41
Berbagai strategi dapat digunakan guru untuk
meningkatkan kemampuan menyimak anak agar anak menjadi pendengar aktif, kecuali
A.mempertahankan kontak mata
|
|
B.menggunakan bahasa verbal
|
|
C.menangkap pengertian
|
|
D.mengolah pesan
|
42.
Berikut contoh sejumlah metode yang dapat digunakan
untuk mengembangkan kemampuan menyimak . Pilihlah satu metode yang tidak sesuai
untuk mengembangkan kemampuanmenyimak pada anak, adalah ...
A.simak - ulang ucap
|
|
B.simak – kerjakan
|
|
C.simak – terka
|
|
D.simak - gambar
|
43.
Menurut Hurlock terdapat sejumlah kriteria untuk
mengukur tingkat kemampuan berbicara anak usia dini sehingga dapat diketahui
apakah anak bicara secara benar atau hanya sekedar ‘membeo’, kecuali anak ...
A. mampu melafalkan kata-kata yang dapat dipahami
orang lain dengan mudah
|
|
B.mengetahui arti kata yang digunakan dan mampu
menghubungkannya dengan objek yang diwakilinya
|
|
C.memahami kata-kata tersebut bukan karena telah
sering mendengar atau menduga-duga
|
|
D.mampu mengucap ulang kata-kata yang diucapkan
orang dewasa tanpa ada kesalahan
|
44.
Kemampuan berbicara berhubungan dengan fonologi,
morfologi, sintaksis, dan menyimak. Anak berbicara sangat erat kaitannya dengan
aktivitas menfdengarkan bunyi-bunyi, termasuk mendengarkan orang
bicara.Terdapat unsur-unsur kemampuan berbicara pada anak, pilih satu yang
bukan merupakan unsur kemampuan bicara anak.
A.perkembangan kosa kata
|
|
B.ekspresi
|
|
C.lafal ucapan
|
|
D.intonasi suara
|
45.
Sebelum mengajarkan membaca pada anak, dasar-dasar
kemampuan membaca atau kemampuan kesiapan membaca perlu dikuasai oleh anak.
Kemampuan kesiapan yang dimaksud adalah sebagai berikut, kecuali kemampuan ...
A.penghafal aksara atau huruf
|
|
B.diskriminasi visual
|
|
C.bahasa lisan
|
|
D.membedakan auditorial
|
46.
Berikut adalah sejumlah contoh strategi dalam membaca
permulaan yang dapat dilakukan guru pada lembaga PAUD yakni dengan menerapkan
konsep DAP atau Developmentally Aproppriate Practice, kecuali
A.mengeksplorasi buku
|
|
B.memperbanyak fasilitas pembelajaran
|
|
C.memahami urutan
|
|
D.mengenali kata-kata adalah simbol
|
47.
Perkembangan menulis berkaitan dengan menggambar. Para
ahli menyatakan menggambar sebagai bagian dari menulis terutama pada saat awal.
Pada saat itu anak lebih cenderung mencoret-coret baik itu dalam bentuk tulisan
atau gambar. Kaitan antara menggambar dan menulis antara lain sebagai berikut.
Anda dapat menganalisa keterkaitan menggambar dengan menulis melalui alternatif
jawaban, dan pilih satu yang alternatif jawaban yang tidak menunjukkan
keterkaitan antara menggambar dan menulis yakni ....
A.menulis dan menggambar keduanya memerlukan
keahlian motorik
|
|
B. peningkatan prestasi belajar maksimal
|
|
C.menulis dan menggambar sesuai dengan perkembangan
anak
|
|
D.menulis dan menggambar merupakan persyaratan utama
anak memasuki dunia pendidikan
|
48.
Untuk dapat melakukan asesmen perkembangan bahasa anak
usia dini diperlukan pemahaman yang lebih spesifik terhadap indikator
pencapaian perkembangan bahasa adalah anak usia...
A.empat bulan belum memberi reaksi terhadap suara
|
|
B.satu tahun telah mampu menyebutkan kata tunggal
|
|
C.18 sampai 24 bulan telah memiliki kosakata sampai
100 kata termasuk nama dan mainan
|
|
D.dua tahun telah mampu mengerti sampai 13.000 kata
|
49.
Salah satu keberhasilan dalam proses asesmen
perkembangan anak adalah ketepatan guru dalam membuat isntrumen perkembangan
anak. Berikut contoh langkah-langkah yang harus diperhatikan guru saat menyusun
instrumen, kecuali ....
A.mengidentifikasi variabel
|
|
B.menganalis teori
|
|
C.menyusun definisi operasional
|
|
D.menyusun laporan hasil asesmen
|
50.
Pengumpulan data instrumen perkembangan anak dengan
teknik observasi karena anak berkembangan sangat pesat sehingga lebih
menekankan pada proses yang tidak dapat dilepaskan dengan pemilihan metode.
Berikut beberapa metode yang digunakan dalam teknik observasi, kecuali
A.metode daftar nama digunakan untuk pencatatan menyesuaikan
kegiatan rutin, menjaga diri, perkembangan fisik dan tahap perkembangan
sosial
|
|
B.jurnal refleksi digunakan untuk mencatat ekspresi
dan emosi, berpikir, pertanyaan dan ujian pribadi
|
|
C.cacatan anekdot digunakan untuk mencatat frekuensi
kejadian, penggunaan dan pemilihan kegiatan
|
|
D.cek list digunakan untuk mencatat kemampuan
menjaga diri, perkembangan fisik dan perkembangan non fisik
|
No comments:
Post a Comment