PAUD4107
DASAR-DASAR PENDIDIKAN TK
NASKAH LATIHAN MANDIRI UNIVERSITAS TERBUKA
KODE NASKAH: LM01
PENGEMBANG: SUKINIARTI (kuniarti@mail.ut.ac.id)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SAPAAN
Halo mahasiswa Universitas Terbuka, selamat berjumpa kembali dalam Latihan
Mandiri online. Apakah Anda sudah mempelajari Buku Materi Pokok (BMP)?
Bila sudah Anda dapat mengerjakan LM matakuliah online matakuliah tersebut. LM
ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan
belajar setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk menyiapkan diri dalam menghadapi
Ujian Akhir Semester (UAS). Naskah LM dilengkapi dengan umpan balik (feedback)
yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah dan hint
yang berisi rambu-rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.
Petunjuk mengerjakan
soal
Bacalah setiap butir soal dengan teliti. Untuk soal nomor 1-22, pilihlah
salah satu jawaban yang benar dari A,B,C atau D sedangkan untuk soal nomor
23-50 pilihlah lebih dari satu jawaban yang benar dari 1, 2, atau 3.
Selamat mengerjakan,
semoga sukses.
1
Persepsi tentang anak
usia dini berdasarkan catatan sejarah adalah....
A. anak usia dini
terbagi atas 3 rentangan usia
|
|
B. anak dipandang
sebagai miniatur orang dewasa
|
|
C. anak yang belum
dewasa yang akan dididik menjadi orang dewasa
|
|
D. sebagai makhluk
individu yang berkepribadian
|
2
Seorang anak sudah
mulai mengembangkan kemampuannya memegang beraneka ragam objek dengan satu
tangan. Kemampuan tersebut menunjukkan anak yang berumur....
A. 4 bulan
|
|
B. 5 bulan
|
|
C. 6 bulan
|
|
D. 7 bulan
|
3
Salah satu
karakteristik perkembangan anak usia dini diantaranya adalah bahwa anak....
A. berkembang
menuju kearah terbentuknya pribadi yang utuh, yang ditentukan oleh faktor
bakat dan lingkungan
|
|
B. usia 7-10 bulan
mulai mampu belajar duduk dengan bantuan orang lain
|
|
C. sosok individu
yang sedang mengalami perkembangan
|
|
D. telah terbentuk
sepenuhnya sebagaimana orang dewasa pada umumnya
|
4
Aliran Empiris adalah
aliran yang menyatakan bahwa perkembangan anak ditentukan oleh pengaruh....
A. lingkungan
|
|
B. faktor bakat
|
|
C. lingkungan dan
bakat
|
|
D. bawaan
|
5
Fase I pada
perkembangan anak usia dini menurut Aristoteles , bahwa masa dini adalah
masa bermain dan merupakan batas bawah untuk masuk pendidikan
dasar. Oleh karena itu usia ini sangat tepat untuk ....
A. melatih anak
untuk bisa membaca dan menulis
|
|
B. membentuk
kepribadian anak melalui bermain
|
|
C. mengembangkan
fisik anak secara maksimal
|
|
D. menyalurkan ide
anak melalui tulisan dan gambar
|
6
Hakikat pendidikan
usia dini adalah ....
A. pendidikan yang
diberikan untuk anak yang belum dewasa akan dididik agar menjadi dewasa
|
|
B. kemampuan yang
diharapkan bertujuan untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini
|
|
C. pendidikan usia
dini bukan bersifat wajib, tetapi lebih bersifat anjuran
|
|
D. akan membuat
anak untuk mengembangkan dirinya sendiri
|
7
Hakikat pendidik
adalah orang dewasa yang mampu mendidik anak, salah satunya adalah guru. Selain
jujur, terbuka, dan rendah hati guru PAUD dituntut juga untuk mampu....
A. memenuhi harapan
masyarakat luas
|
|
B. menjadi panutan
bagi anak didiknya
|
|
C. menyenangi dan
disenangi anak-anak
|
|
D. memberikan
berbagai permainan dalam kegiatan pembelajaran
|
8
Manusia sebagai
makhluk sosial yang mengandung arti bahwa manusia....
A. harus bekerja
sama dengan manusia lain
|
|
B. sangat
dipengaruhi oleh kesehatan fisiknya
|
|
C. harus mempunyai
moral
|
|
D. mengakui adanya
Tuhan
|
9
Tujuan pendidikan
nasional yang tercantum dalam pasal 3UU No.20 tahun 2003, menyatakan bahwa....
A. tujuan anak usia
dini adalah mengoptimalkan perkembangan otak serta membentuk pribadi anak
|
|
B. pendidikan
ditekankan pada pemberian materi berdasarkan perkembangan anak
|
|
C. mengembangkan
suasana damai, menciptakan suasana yang menyenangkan berdasarkan lingkungan
|
|
D. pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradapan bangsa yang bermartabat
|
10
Pengaruh pendidikan
TK terhadap pendidikan dasar adalah membantu anak....
A. mengenalkan
huruf-huruf dan angkaagar ketika masuk SD tidak mengalami kesulitan
|
|
B. meningkatkan
intelektualnya agar dapat diterima di sekolah dasar
|
|
C. memperkuat
fisiknya agar kelak dapat mengikuti pelajaran di SD yang waktunya lebih
panjang
|
|
D. meningkatkan
emosi anak agar mereka tahan jika ditempa di SD dengan disiplin yang otoriter
|
11
Perhatian merupakan
salah satu faktor yang dapat mempengaruhi belajar anakTK, sehingga anak....
A. senang karena
pekerjaannya ditempel di kelas
|
|
B. merasa
termotivasi untuk belajar lebih giat lagi
|
|
C. menjadi kreatif
dan senang mencoba
|
|
D. akan lebih tekun
dan prestasinya meningkat dengan pesat
|
12
Model pendidikan di
TK berdasarkan pendapat Martin Luther adalah....
A. pendidikan
diarahkan untuk program-program kegiatan kembali ke alam
|
|
B.anak-anak belajar
dan mengenal berbagai hal
|
|
C. menggunakan
pendekatan sistem among
|
|
D. agama yang
dijadikan tujuan utama dari sekolah
|
13
Bentuk sarana bermain
untuk anak TK yang bersifat keras adalah....
A. sarana bermain
yang tidak menggunakan otot
|
|
B. sarana bermain
yang berupa ayunan dan balok titian
|
|
C. alat permainan
dokter-dokteran
|
|
D. permainan
seperti krayon dan congklak
|
14
Kepribadian anak usia
TK dapat dibentuk akibat pengaruh dari luar diri anak diantaranya adalah....
A. permainan yang
disenangi anak
|
|
B. keinginan anak
untuk bermain di luar
|
|
C. rasa ingin tahu
anak terhadap permainan bahan alam
|
|
D. pengamatan anak
terhadap teman-temannya yang sedang bermain
|
15
Kegiatan bermain
sambil belajar yang dapat mengembangkan kemampuan sosial anak, adalah
bermain....
A.lego dan
plastisin
|
|
B. boneka dan
puzzle
|
|
C. menggambar dan menyusun
balok
|
|
D. gobak sodor dan
sepak bola
|
16
Contoh cara
mengembangkan program mendongeng di TK adalah....
A. menentukan tema
yang bagus
|
|
B. menggunakan
bahasa yang sesuai dengan daerah asal cerita dongeng tersebut
|
|
C. memilih tema
yang dapat membuat anak menjadi seorang yang cerdas dan berwibawa
|
|
D. menentukan tema
yang sesuai dengan perkembangan jiwa anak, dengan tokoh orang yang diidolakan
anak-anak
|
17
Jika anak usia dini
telah dapat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks, berarti anak tersebut
dapat dikatakan telah memiliki....
A. pengalaman
|
|
B. intelektual
|
|
C. kemampuan
|
|
D. keahlian
|
18
Salah satu tugas guru
sebagai penilai hasil kegiatan pembelajaran di TK adalah....
A. mengajukan
pertanyaan secara lisantentang pelajaran yang akan disampaikan
|
|
B. merancang tujuan
pembelajaran sesuai dengan tema
|
|
C. memilih strategi
pembelajaran sesuai dengan alat penilaian
|
|
D. melaksanakan
kegiatan penilaian pada saat kegiatan inti
|
19
Bu Tita selalu
mengajak anak-anak didiknya untuk berbagi dengan teman lain dalam segala hal.
Ia meminta anak-anak untuk saling berbagi mainan dan bahan belajar. Ilustrasi
ini menggambarkan bahwa guru tersebut....
A. meningkatkan
kemampuannya dalam mengajar
|
|
B. berusaha
menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
|
C. melatih
kepribadian anak
|
|
D. melatih
keterampilan sosial anak
|
20
Asesmen dalam
evaluasi hasil belajar pada anak usia dini dapat....
A. mempengaruhi
keberhasilan pendidikan tahap berikutnya
|
|
B. dilakukan dengan
cara meluruskan atau membetulkan perilaku yang menyimpang
|
|
C. membantu
merencanakan kebutuhan yang akan dicapai oleh program
|
|
D. dilakukan dengan
tujuan yang terlebih dahulu dirumuskan
|
21
Nilai teori dalam
kebudayaan adalah....
A. sesuatu yang
berhubungan dengan keindahan
|
|
B. mencakup
kegunaan dari berbagai metode ilmiah
|
|
C. nilai yang
berhubungan dengan antar manusia
|
|
D. hakikat penemuan
kebenaran melalui berbagai metode
|
22
Suatu bimbingan yang
tepat dilakukan pada pendidikan akan berperan dalam hal....
A. memahirkan
peserta didik untuk lebih terampil
|
|
B. memperdalam
materi yang disajikan
|
|
C. penguasaan
pengetahuan, sikap, dan keterampilan
|
|
D.memotivasi
peserta didik untuk belajar secara mandiri
|
23
Anak usia TK memiliki
kebutuhan tertentu untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangannya. Kebutuhan
tersebut diantaranya....
1. gizi seimbang
|
|
2. permainan yang
mahal dan bagus
|
|
3. bermacam-macam
alat permainan yang sesuai perkembangannya
|
|
24
Tujuan pendidikan
anak usia dini menurut Ki Hajar Dewantoro adalah....
1. mengoptimalkan
perkembangan otak
|
|
2. mengembangkan
rasa tertib dan damai serta pikiran yang sehat
|
|
3. menciptakan
suasana yang menyenangkan berdasarkan lingkungan anak
|
|
25
Cara membelajarkan
anak usia dini diantaranya adalah dengan....
1. menjawab semua
pertanyaan anak
|
|
2. memberikan
materi sesuai perkembangan anak
|
|
3. bermain sambil
belajar
|
|
26
Apabila Anda sebagai
pendidik akan menerapkan model High scope di TK, maka kegiatan yang
dapat dilakukan adalah....
1. membantu anak
belajar dengan teman sebayadengan cara berkomunikasi
|
|
2. membantu anak
mengetahui sifat fisik suatu benda yang terdapat dari lingkungannya
|
|
3. mengajarkan Logico-mathematical,
meliputi pengertian angka, serial, klasifikasi, waktu, dan ruang
|
|
27
Contoh cara
mengembangkan program pemberian tugas di TK secara tradisional adalah....
1. mewarnai gambar
yang sama
|
|
2. mewarnai harus
selesai dalam waktu satu jam
|
|
3. menggambar bebas
tentang lingkungan sekitar sekolah
|
|
28
Contoh permainan
tradisional yang mengembangkan kemampuan fisik anak TK antara lain adalah....
1. gobak sodor
|
|
2. lowok
|
|
3. suda mandah
|
|
29
Contoh cara
mengembangkan program perlibatan orang tua di TK adalah....
1. mendatangkan
orang tua murid yang memiliki keahlian tertentu sebagai nara sumber
|
|
2. meminta bantuan
orang tua murid sebagai pengamat kegiatan di kelas
|
|
3. meminta orang
tua murid untuk mengumpulkan bahan bekas seperti koran, gelas air mineral
untuk menunjang kegiatan di TK
|
|
30
Apabila pengemasan
materi pendidikan dalam kurikulum TK disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan
anak, serta mempertimbangkan perbandingan antara hasil yang dicapai dengan
biaya yang telah dikeluarkan, maka kurikulum tersebut mempertimbangkan
prinsip....
1. efisiensi
|
|
2. efektivitas
|
|
3. relevansi
|
|
31
Ani berusia 4 tahun
dan tergolong anak yang genius. Ia mempunyai IQ di atas 140. Materi yang tepat
untuk Ani adalah materi yang....
1. menantang untuk
anak usia di atas 4 tahun
|
|
2. mudah dipahami
oleh seluruh anak TK pada umumnya
|
|
3. dapat memotivasi
belajar lebih lanjut untuk anak usia dini
|
|
32
Berikut adalah
prosedur pengemasan bahan ajar di TK
1. membuat analisis
kebutuhan yang sesuai untuk anak TK dan menyimpulkan hasil analisis kebutuhan
tersebut
|
|
2. menentukan
materi yang tepat dengan kebutuhan, serta memperhatikan perbedaan individual
|
|
3. menghitung
jumlah materi yang akan diberikan untuk anak TK, serta menjaga kualitas bahan
ajar
|
|
33
Profil umum seorang
pendidik di TK adalah seseorang yang....
1. dapat merancang
dan melaksanakan kegiatan bermain sambil belajar
|
|
2. dapat
mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak didiknya
|
|
3. mempunyai
pribadi yang cinta anak dan mempunyai minat besar terhadap dunia anak-anak
|
|
34
Cara menerapkan
pembelajaran yang sesuai usia anak TK antara lain....
1. kegiatan bermain
sambil belajar
|
|
2. materi yang
dikembangkan seyogyanya konkret, dan sesuai dengan usia anak TK
|
|
3. kegiatan yang
sesuai dengan minat dan kemampuan anak
|
|
35
Tugas guru sebagai
perencana kegiatan pembelajaran di TK antara lain merancang....
1. tujuan dan tema
kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia anak TK
|
|
2. aspek
perkembangan anak yang akan dikembangkan
|
|
3. penilaian
kegiatan pembelajaran untuk menilai hasil belajar anak
|
|
36
Tugas guru sebagai
pelaksana kegiatan pembelajaran di TK adalah....
1. guru melakukan
apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan dan memperlihatkan gambar yang
berkaitan dengan materi yang akan diajarkan
|
|
2. mengakhiri
kegiatan dengan cara memberikan tes tertulis untuk mengetahui penguasaan anak
|
|
3.
mendemonstrasikan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan anak, kemudian
membimbing anak untuk mengerjakan tugasnya
|
|
37
Perencanaan
pembelajaran yang dibuat oleh seorang guru TK adalah membina hubungan dengan
orang lain, dan saling membantu dengan teman, berarti perencanaan pembelajaran
yang dibuat guru tersebut akan memanfaatkan ....
1. lingkungan alam
|
|
2. lingkungan
sosial
|
|
3. solidaritas
kelompok
|
|
38
Penataan ruang kelas
yang nyaman untuk belajar anak TK adalah....
1. meja dan kursi
fleksibel penataannya, serta dinding kelas diberi warna terang
|
|
2. cahaya matahari
langsung menyinari kelas, serta hiasi dinding kelas seramai mungkin
|
|
3. kelas perlu
disediakan tempat untuk memajang dan menyimpan hasil karya anak
|
|
39
Sarana yang sangat
tepat diperlukan di TK adalah....
1. ruang kantor,
ruang kelas, dan taman bermain
|
|
2. kamar mandi
untuk anak, ruang kantor, dan ruang kelas
|
|
3. kantor, kelas,
gedung, dan kebun percontohan
|
|
40
Karakteristik anak
usia TK adalah....
1. suka meniru dan
senang bermain
|
|
2. spontan, unik
dan jujur
|
|
3. ingin tahu, dan
selalu ingin mencoba
|
|
41
Menurut Joyce dan
Well model pembelajaran di TK adalah model yang....
1. tidak dapat
dipelajari dalam waktu yang singkat
|
|
2. disusun
berdasarkan prinsip pembelajaran
|
|
3. meletakkan
tekanan seimbang pada guru dan peserta didik
|
|
42
Prosedur penilaian
kegiatan untuk anak TK adalah....
1. kurikulum dan
penilaian diintegrasikan dalam program
|
|
2. hasil penilaian
dapat digunakan sebagai acuan untuk perbaikan kurikulum
|
|
3. penilaian dapat
dilakukan dengan observasi secara reguler dan periodik
|
|
43
Karakteristik
penilaian belajar di kelas adalah....
1. penilaian
terpusat pada anak
|
|
2. tidak ada aturan
penilaian yang pasti
|
|
3. membutuhkan
partisipasi aktif anak
|
|
44
Penilaian anak usia
dini dalam pembelajaran di kelas dilakukan atas dasar tujuh asumsi, diantara
ketujuh itu adalah....
1. kegiatan
penilaian dilakukan hanya untuk lebih menekankan pada perbaikan pembelajaran
|
|
2. tujuan
peningkatan atau perbaikan efektivitas sistem, kampus atau level-level
program
|
|
3. meningkatkan
atau memperbaiki pembelajaran, anak-anak perlu menerima umpan balik secara
awal
|
|
45
Penilaian pada anak
usia diniseyogyanya didasarkan atas kemajuan belajar atau perkembangan
individual. Oleh karena itu guru harus....
1. memandang anak
sebagai individu, serta sanggup menerima anak apapun kondisinya
|
|
2. mengembangkan
kemampuan anak sesuai dengan kapasitasnya masing-masing
|
|
3. mengelompokkan
anak sesuai dengan sosial ekonomi mereka
|
|
46
Evaluasi proses
berbeda dengan evaluasi bulanan. Evaluasi proses dilakukan seketika pada saat
pembelajaran berlangsung, sedangkan evaluasi bulanan adalah untuk evaluasi
yang....
1. bertujuan
mengukur keberhasilan program secara menyeluruh
|
|
2. dilakukan dengan
cara mendiskusikan masalah perkembangan anak antara guru dan orang tua
|
|
3. bertujuan untuk
memberi laporan perkembangan atau permasalahanyang ditemukan di sekolah
|
|
47
Pengertian kebudayaan
menurut Taylor, adalah....
1. merupakan
bentukan dari kata budhi dan daya
|
|
2. keseluruhan
kompleks dari kehidupan
|
|
3. semua kemampuan
yang diperoleh manusia
|
|
48
Nilai politik dan
nilai agama memiliki perbedaan, yaitu nilai politik berpusat kepada kekuasaan,
sedangkan nilai agama....
1. merengkuh
penghayatan tentang manusia yang bersifat mistik
|
|
2. berhubungan
dengan usaha manusia untuk mengerti kehadirannya di muka bumi
|
|
3. memberi arti
pada manusia sebagai kafilah di muka bumi
|
|
49
Hubungan antara
kebudayaan dan pendidikan adalah....
1. nilai budaya
yang harus dikembangkan dalam dirianak didik harus relevan dengan kurun waktu
di mana anak itu akan hidup kelak
|
|
2. kesadaran yang
tumbuh akibat bekerjanya akal pikiran dan sarana kerohanian yang lain seperti
rasa dan imajinasi
|
|
3. usaha pendidikan
yang sadar dan sistematis mengharuskan kita untuk lebih eksplisit dan
devinitif tentang hakikat nilai-nilai budaya
|
|
50
Hakikat pendidikan
multikulturadalah pendidikan yang....
1. terkait dengan
sosial budaya suatu bangsa
|
|
2. mempunyai konsep
tentang identitas suatu bangsa
|
|
3. mengajarkan
untuk menghargai macam-macam budaya yang terdapat dalam suatu negara
|
|
Kunci jawabannya gmn kak? feed backnya gitu?
ReplyDelete