LATIHAN SOAL
UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PAUD4101 METODE
PENGEMBANGAN KOGNITIF
NAMA MATA
KULIAH : METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF
KODE MATA
KULIAH : PAUD4101
KODE NASKAH :
LM01
PENGEMBANG :
MUKTI AMINI (muktiamini@mail.ut.ac.id)
SAPAAN
Hallo,
Mahasiswa Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Apakah Anda sudah
mempelajari Bahan Materi Pokok (BMP) ? Bila sudah, Anda dapat langsung
mengerjakan naskah Latihan Mandiri (LM) Mata Kuliah tersebut. LM ini
dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar
setelah mempelajari satu BMP penuh.
Naskah LM ini
dilengkapi dengan umpan balik (feedback) yang berisi penjelasan untuk setiap
option benar maupun salah dan hint yang berisi rambu-rambu untuk menyelesaikan
setiap butir soal.
Petunjuk
mengerjakan soal LATIHAN SOAL UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT).
Untuk soal di
bawah ini, bacalah soal dengan teliti dan pilih atau klik-lah pada butir
pilihan jawaban A, B, C atau D yang benar.
Selamat
mengerjakan, semoga sukses!
1.
Kognitif adalah
teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indera. Pendapat tersebut
dikemukakan oleh ....
A. Terman
|
B. Hunt
|
C. Henman
|
D. Colvin
|
2.
Thurstone
berpendapat bahwa kognitif adalah penjelmaan dari berbagai kemampuan primer
yaitu berbahasa, mengingat, berpikir logis, pemahaman ruang, bilangan,
penggunaan kata-kata dan kecepatan pengamatan. Teori perkembangan kognitif ini
sering disebut dengan teori ....
A. primary mental abilities
|
B. multiple
intelligences
|
C. triachic
of intelligence
|
D. two factors
|
3.
Tentang
kognitif, Cameron dan Barley berpendapat bahwa ...
A. Kognitif
adalah kecerdasan melalui pikiran yang dapat digunakan untuk mengatasi
situasi dalam memecahkan masalah.
|
B. Terdapat 3
aspek kemampuan dalam intelegensi yaitu konsentrasi, adaptasi, dan bersikap
kritis
|
C. Aktivitas
kognitif tergantung pada kemampuan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan
karena bahasa adalah alat berpikir
|
D. Struktur
kognitif terdiri dari kombinasi aktivitasmental operasi, materi, dan produk
|
4.
Anggi, anak TK
kelompok B, menemukan sebuah bando cantik yang terjatuh di halaman TK. Dia
tertarik sekali dengan model bando itu, tetapi dia segera menyerahkannya ke ibu
guru karena ia yakin bando tersebut milki salah seorang temannya. Perbuatan
Anggi sudah memenuhi kriteria tindakan intelijen, yaitu dalam hal ....
A. kemampuan
abstraksi dalam memecahkan masalah
|
B. penjelasan
dari solusi dapat diterima masyarakat
|
C. perbuatan
sesuai dengan tujuan, cepat dan akurat
|
D.
konsentrasi yang tinggi dalam melakukan sesuatu
|
5.
Sekolah
memegang peranan penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, terutama
pada anak usia dini karena di sekolah diajarkan berbagai materi yang akan
mengasah nalar dan konsentrasi anak. Peranan sekolah ini termasuk salah satu
faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak, yaitu faktor ....
A. keturunan
|
B. lingkungan
|
C.
pembentukan
|
D. kematangan
|
6.
Karakteristik
anak usia 3 tahun antara lain adalah ....
A. sering
bertanya karena ingin tahu.
|
B. rasa
egosentrisme masih kuat
|
C. daya
khayal makin menipis
|
D. mulai
mengembangkan tahap bermain kooperatif
|
7.
Hadi senang
sekali memainkan alat genitalnya. Kadang saat dia buang air kecil juga dengan
sengaja ia membuat bentuk-bentuk tertentu dari air seninya. Tingkah laku Hadi
merupakan wujud rasa ingin tahunya tentang seksual yang biasanya muncul pada
anak usia ....
A. 2 tahun
|
B. 3 tahun
|
C. 4 tahun
|
D. 5 tahun
|
8.
Pernyataan
Hurlock yang berkaitan dengan teori perkembangan kognitif anak antara lain
adalah bahwa anak usia 3-5 tahun disebut dengan....
A. masa
bermain
|
B. tahap
falish
|
C. masa peka
|
D. tahap
praoperasional
|
9.
Saat kegiatan
inti, Bu Ani mengajak anak-anak kelompok A merobek kertas tisu, dilanjutkan
merobek kertas koran, lalu kertas HVS. Anak-anak dapat melakukan dengan mudah
saat merobek kertas tisu, namun cukup kesulitan saat diminta merobek kertas
HVS. Kegiatan tersebut merupakan upaya pengembangan kognitif melalui bidang
pengembangan ....
A. auditory
|
B. visual
|
C. taktil
|
D. kinestetik
|
10.
Salah satu
aspek perkembangan kognitif menurut Jean Piaget adalah cara orang tua mengasuh
anak dan pola pendidikan yang diperoleh seseorang dalam dari masyarakat. Hal
ini termasuk dalam aspek ...
A. pengalaman
awal
|
B. kematangan
|
C. transmisi
sosial
|
D.
ekuilibrasi
|
11.
Tahap
perkembangan kognitif menurut Piaget yang ditandai dengan kemampuan dalam
berpikir sistematik terhadap objek yang konkret disebut dengan tahap ....
A. sensorimotor
|
B.
praoperasional
|
C. konkret
operasional
|
D. formal
operasional
|
12
Perhatikan 2
gambar berikut:
1. •••••••
2. • • • • • •
•
Doni mengatakan
bahwa bulatan pada gambar 2 jumlahnya lebih banyak karena untaiannya lebih
panjang. Cara berpikir Doni ini merupakan salah satu ciri khas tahapan
perkembangan kognitif, yaitu tahap ....
A.
sensorimotor
|
B.
praoperasional
|
C. konkret
operasional
|
D. formal
operasional
|
13
Melalui
eksplorasi pada dunia sekitarnya, anak akan memperluas wawasan berpikirnya dan
membangun pengetahuan. Hal ini merupakan salah satu kegunaan alat berpikir
menurut Vygotsky, yaitu dalam hal ...
A. membantu
memecahkan masalah
|
B. memudahkan
dalam bertindak
|
C. memperluas
kemampuan
|
D. melakukan
sesuai kapasitas
|
14
Setelah
bercakap-cakap tentang susu di kelas, Bu Hana mengajak anak-anak berkunjung ke
peternakan sapi perah yang tak jauh dari KB Ceria. Di peternakan tersebut,
anak-anak diberikan kesempatan untuk bertanya jawab dengan pemilik petenakan,
mengamati berbagai kegiatan sapi, dan juga mencoba memerah susu dari sapi.
Menurut Vygotsky, kegiatan seperti ini akan memacu alat berpikir untuk ....
A. membantu
memecahkan masalah
|
B. memudahkan
dalam bertindak
|
C. memperluas
kemampuan
|
D. melakukan
sesuai kapasitas
|
15
Contoh perilaku anak yang menggambarkan sudah tercapainya tahap ZPD kedua
yaitu tindakan yang didasarkan atas inisiatif sendiri adalah .....
A. Rani, anak
TK kelompok A, masih harus disuapi saat sarapan pagi dan belum mau mandi
sendiri
|
B. Dinda,
anak TK kelompok A, mau memakai sepatunya sendiri meskipun kadang kesulitan
saat mengikatkan talinya.
|
C. Roni, anak
TK kelompok B, sudah dapat memakai sepatu dan bajunya sendiri tanpa dibantu.
|
D. Danang,
anak TK kelompok B, sudah terbiasa bangun, makan, dan memakai baju sendiri
tiap pagi tanpa diingatkan lagi.
|
16
Aktivitas
terprogram yang dapat dilakukan untuk anak usia prasekolah antara lain adalah
...
A. komunikasi
emosional
|
B. manipulasi
objek
|
C. aktivitas
bermain
|
D. kegiatan
belajar
|
17
Anak-anak usia dini dapat diminta untuk menggambarkan perasaan atau pengalaman
yang menarik setelah melakukan suatu kegiatan melalui sebuah kertas sebagai
sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kegiatan ini merupakan salah satu
tahapan kerja block building dalam hal ....
A. penyatuan
rencana
|
B. pemetaan
kerja
|
C. permainan
drama
|
D. penulisan
jurnal
|
18
Salah satu jenis pengetahuan bersumber dari proses interaksi seseorang
dengan budaya, norma, dan moral orang lain. Pengetahuan ini menurut Piaget
disebut pengetahuan ....
A. fisik
|
B. logika
|
C. bahasa
|
D. sosial
|
19
Bu Dita membawa sekardus balok berisi berbagai bentuk geometri tanpa warna.
Setelah itu, dia meminta Haris untuk mengambil balok-balok berbentuk segitiga
lalu diletakkan di atas meja, dan Haris dapat melakukannya dengan baik.
Pengetahuan yang dimiliki Haris menurut Piaget termasuk jenis pengetahuan ....
A. fisik
|
B. logika
|
C. bahasa
|
D. sosial
|
20
Pengetahuan dapat diperoleh anak dari hasil
pembentukan pemikiran terhadap hubungan antar objek yang ditemuinya. Hal ini
merupakan salah satu teori dalam mendapatkan pengetahuan yaitu melalui ....
A. peniruan
|
B.
konstruktivism
|
C.
transformasi
|
D. pembiasaan
|
21
Anak-anak diberikan media dengan tekstur yang bervariasi
seperti kapas, kertas amplas, daun teratai, sikat cuci, kulit salak, kerikil,
pasir, dan terigu. Setelah itu anak-anak diminta mengurutkan benda dengan
tekstrur yang paling lembut sampai yang paling kasar. Kegiatan ini bertujuan
mengembangkan pengetahuan ....
A. fisik
|
B. logika
|
C. non-fisik
|
D. sosial
|
22
Bu Erni ingin mengenalkan cara lebah bekerja sama dalam sebuah sarang.
Untuk memudahkan anak memahami penjelasannya, Bu Erni memutarkan film yang
menggambarkan dengan jelas tentang kehidupan lebah. Anak-anak tampak sangat
tertarik dengan film tersebut. Bu Erni telah berupaya mengembangkann
pengetahuan anak-anak melalui metode ....
A. praktek
langsung
|
B.
demonstrasi
|
C. bermain
peran
|
D. eksperimen
|
23
Bu Nurul akan
mengenalkan sebuah lagu berjudul ‘Becak’. Karena anak-anak belum dapat membaca,
Bu Nurul mendiktekan kalimat demi kalimat lalu ditirukan anak-anak. Lalu
menyanyikan baris demi baris dan diikuti anak-anak. Kegiatan itu dilakukan
beberapa kali sampai akhirnya anak-anak hafal dan dapat menyanyikan lagu
tersebut. Cara yang dilakukan Bu Nurul termasuk membangun pengetahuan dengan
memerankan dirinya sebagai ...
A. model yang
baik
|
B. motivator
|
C. teman
bermain
|
D.
fasilitator
|
24
Pernyataan berikut yang bukan merupakan teori Gardner tentang kecerdasan
adalah ....
A. meliputi
pengenalan seseorang terhadap ciri-ciri tertentu dari berbagai benda di
sekitarnya
|
B. kemampuan
untuk menciptakan produk yang efektif atau menyumbangkan sesuatu yang
bernilai dalam budaya
|
C. sebuah
perangkat keterampilan seseorang untuk memecahkan permasalahan dalam hidupnya
|
D. potensi
untuk menemukan jalan keluar dari masalah yang melibatkan penggunaan
pemahaman baru
|
25
Salah satu
fungsi yang biasa dilakukan oleh belahan otak kiri adalah ....
A.
mengembangkan kemampuan visual dan spasial
|
B. menekankan
pada cara berpikir sintesis
|
C.
mengembangkan kemampuan bicara dan berhitung
|
D.
mengembangkan kreativitas dan estetika
|
26
Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan memvisualisasikan gambar untuk
memecahkan suatu masalah disebut kecerdasan ....
A.
intrapersonal
|
B. visual
spatial
|
C. logika
matematika
|
D.
interpersonal
|
27
Salah satu cara
yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal antara lain
melalui kegiatan ....
A. mengajak
anak berjalan-jalan ke pegunungan untuk menikmati indahnya alam
|
B.
membiasakan anak untuk berdoa sebelum dan sesudah makan
|
C. mengajak
anak bermain tebak-tebakan kata atau merubah syair lagu
|
D. meminta
anak menggambar yang dilihatnya sendiri melalui sebuah cermin
|
28
Cara
menyampaikan suatu materi dengan bertutur atau memberikan penjelasan melalui
cerita disebut dengan metode ....
A. percobaan
|
B. bercerita
|
C. bersyair
|
D. peragaan
|
29
Kumpulan
catatan singkat yang bersifat spesifik tentang sikap dan perilaku anak dalam
situasi tertentu disebut ....
A. asesmen
kinerja
|
B. bundel
portofolio
|
C. buku
jurnal
|
D. catatan
anekdot
|
30
Bu Ana ingin mengetahui apakah anak-anak sudah dapat melempar dan menangkap
bola besar dalam jarak 2 meter dengan baik. Alat penilaian yang paling sesuai
untuk digunakan Bu Ana adalah ....
A. asesmen
diri
|
B. bundel
portofolio
|
C. asesmen
kinerja
|
D. catatan
anekdot
|
31
Melalui media yang menarik dan menantang, anak dapat dirangsang untuk
menemukan gagasan-gagasan baru berkaitan dengan materi yang sedang dibicarakan.
Dalam hal ini, media berfungsi untuk ....
A.
mengembangkan kreativitas
|
B.
menghilangkan verbalisme
|
C.
menyelidiki sesuatu
|
D. melaksanakan
tugas
|
32
Untuk
mengembangkan kognitif, sedapat mungkin pendidik memilihkan media yang
memungkinkan anak dapat membongkar pasang media tersebut, bukan media jadi yang
hanya dapat dilihat atau didengar saja. Hal ini merupakan salah satu syarat
dalam pemilihan media untuk anak, yaitu ....
A. tampilan
menarik
|
B. dapat
dimanipulasi
|
C. ukuran
sesuai
|
D. tidak
membahayakan
|
33
Berikut ini yang merupakan penerapan dari syarat media untuk anak bahwa
media yang digunakan tidak membahayakan adalah ....
A. Gambar
terlihat oleh seluruh anak di dalam ruangan
|
B. Buku
cerita bergambar penuh warna dan tulisan kata sederhana
|
C. Boneka
dibuat dari bahan yang dapat dilepas anggota tubuhnya
|
D. Juluran
kabel listrik tertutup rapat dan terpasang rapi
|
34
Salah satu media yang dapat digunakan untuk anak antara lain adalah 2 sisi
gambar pada suatu kotak horisontal yang dibatasi dengan garis tengah. Biasanya
salah satu sisi berupa gambar benda, dan sisi yang lain berupa angka atau
huruf. Media ini disebut ....
A. loto
berpasangan
|
B. kartu
domino
|
C. gambar
seri
|
D. kotak
merjan
|
35
Salah satu
dimensi perilaku guru menurut model perilaku kognitif-afektif dari Willliams
adalah strategi untuk mengemukakan ciri-ciri sesuatu yang mencerminkan
identitas atau lambang. Strategi ini disebut ....
A. analogi
|
B.
diskrepansi
|
C. atribut
|
D. paradoks
|
36
Salah satu
jenis operasi dari model struktur intelektiual Guilford adalah pemberian
jawaban atau penarikan kesimpulan dengan penekanan pada satu jawaban yang
paling tepat. Hal ini disebut berpikir....
A. divergen
|
B. evaluatif
|
C. konvergen
|
D. kognitif
|
37
Bu Ani bertanya
pada anak-anak, “Ayo, siapa yang tahu, bulu ayam yang ibu pegang ini dapat
digunakan untuk apa saja ya? Pada saat tersebut, Bu Ani sedang mengajak anak
melakukan salah satu bentuk operasi menurut Guilford yaitu berpikir ....
A. divergen
|
B. evaluatif
|
C. konvergen
|
D. kognitif
|
38
Perilaku
kognitif berupa menggabungkan unsur-unsur yang kecil menjadi suatu kesatuan
menurut Bloom disebut dengan ....
A. analisis
|
B. pemahaman
|
C. sintesis
|
D. penerapan
|
39
Pagi itu Bu
Heni menyiapkan berbagai jenis makanan di dalam kelas. Ada pepes tahu, tempe
bacem, jagung rebus, roti tawar, nasi putih, bubur sagu, ayam goreng, ikan
bakar, sop daging, sayur bayam, cap cay, tumis buncis, dan telur mata sapi.
Selanjutnya anak-anak secara bergiliran diminta untuk mengelompokkan makanan
yang berupa sayuran di meja kuning, lauk-pauk di meja merah, dan makanan pokok
di meja biru. Kegiatan yang dilakukan Bu Heni ini termasuk mengembangkan
perilaku kognitif berupa ....
A. analisis
|
B. pemahaman
|
C. sintesis
|
D. penerapan
|
40
Kurikulum PAUD
di Indonesia hendaknya juga mempertimbangkan kekhasan budaya dan kondisi tiap
daerah. Hal ini sejalan dengan salah satu ciri kurikulum berbasis kompetensi,
yaitu ...
A.
berorientasi pada keberagaman
|
B.
menggunakan metode yang bervariasi
|
C.
ketercapaian kompetensi anak didik
|
D. sumber
belajar berpusat pada anak
|
41
Pernyataan
langsung berupa kesan tentang hal-hal yang telah dilakukan merupakan salah satu
prinsip dasar pembelajaran kontekstual yang disebut ....
A. inquiri
|
B. refleksi
|
C. modelling
|
D.
questioning
|
42
Proses
pembelajaran di PAUD perlu diarahkan pada kemampuan anak untuk mengurus dirinya
sendiri dan kemampuan bertahan hidup dalam lingkungan yang lebih luas. Hal ini
merupakan salah satu prinsip dasar pendekatan pembelajaran di PAUD, yaitu ....
A.
menggunakan pendekatan tematik
|
B.
menyediakan lingkungan yang kondusif
|
C. menerapkan
bermain sambil belajar
|
D.
mengembangkan kecakapan hidup
|
43
Salah satu alat
penilaian yang dapat digunakan di PAUD adalah berupa tugas yang harus
dikerjakan anak dalam waktu yang realtif lama. Alat penilaian ini disebut ....
A. portofolio
|
B.
performansi
|
C. proyek
|
D. produk
|
44
Melalui
permainan matematika sejak dini, diharapkan anak akan merasa mampu dan menyukai
bidang matematika sehingga tidak menganggap matematika sebagai suatu bidang
studi yang sulit. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari permainan
matematika yaitu dalam ....
A. membelajarkan
dengan konsep yang benar dan menarik
|
B. membantu
anak belajar matematika secara alami
|
C.
menghindari ketakutan terhadap matematika
|
D.
mengarahkan anak menjadi ahli matematika
|
45
Saat bermain
matematika, anak dapat diajak untuk menyusun rangkaian warna, bentuk, nada,
atau kombinasi gerakan yang berulang. Keterampilan semacam ini disebut ....
A. mengelompokkan
benda
|
B. menyusun
pola
|
C.
mengurutkan bilangan
|
D. menyortir
bentuk
|
46
Permainan matematika dapat dilakukan dengan cara mengajak anak bermain
patah gunung atau bongkar puzzle unit. Kegiatan ini terutama akan mengembangkan
aspek ....
A. kreativitas
|
B. visual
|
C. fisik
|
D. sosial
|
47
Untuk menyiapkan area pasir dan air menjadi tempat yang nyaman dalam
bermain matematika bagi anak, maka hal yang perlu dilakukan adalah ....
A. menyiapkan
berbagai kostum, perabot rumah tangga dan alat dapur berbagai ukuran
|
B.
menyediakan balok berbagai ukuran dan bentuk yang menarik
|
C. menyiapkan
cat, kertas, kuas, tanah liat, lilin dan celemek
|
D.
menyediakan ember, sekop, baskom, corong, cangkir, dan karton
|
48
Siang itu, Bu Neni membawa beberapa ikat lidi dengan panjang yang
berbeda-beda. Secara berkelompok, anak-anak diminta menyusun lidi dari yang
paling pendek sampai yang paling panjang. Kelompok yang paling cepat dapat
menyusun lidi itu dengan benar diberikan hadiah. Permainan matematika yang
dilakukan Bu Neni bertujuan mengembangkan konsep ....
A. bilangan
ganjil-genap
|
B. pasangan
jumlah benda-lambang bilangan
|
C. urutan
panjang-pendek
|
D.
perbandingan lebih kecil-lebih besar
|
49
Permainan sains melalui percobaan pada berbagai hewan dan tumbuhan akan
dapat mengembangkan sikap menyayangi dan menghargai sesama makhluk. Hal ini
berarti permainan sains dapat juga mengembangkan aspek ....
A. kognitif
|
B. motorik
|
C. bahasa
|
D. emosional
|
50
Anak-anak TK
Kenanga akan mengadakan percobaan sederhana tentang air . Bu Nia telah
menyiapkan air dalam beberapa wadah, dan media berupa beberapa lembar daun
talas, daun pisang, plastik, kain perca, kertas koran, dan kapas. Secara
berkelompok, anak diajak untuk mencelupkan satu persatu media tersebut ke dalam
air bergantian. Tiap suatu media dicelupkan, anak-anak diminta mengamati apakah
media tersebut dapat meresap atau tidak dapat meresap jika terkena air. Setelah
itu anak-anak diminta mengelompokkan media tersebut dalam 2 kategori yaitu
media yang dapat menyerap air dan media yang tidak dapat menyerap air.
Permainan sains di TK ini terutama mengembangkan konsep ...
A. membedakan
volume air
|
B.
menyelidiki kapilaritas
|
C.
memprediksi ukuran
|
D. membandingkan
benda padat
|
LATIHAN SOAL UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PAUD4101 METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF
No comments:
Post a Comment