LATIHAN SOAL
UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PAUD4102 Metode
Pengembangan Moral dan Nilai Agama
KODE NASKAH: LM
01
KODE MATAKULIAH:
PAUD4102
NAMA
MATAKULIAH: METODE PENGEMBANGAN MORAL dan NILAI AGAMA
NAMA
PENGEMBANG: DIAN NOVITA (ophie@mail.ut.ac.id)
Sapaan
Hallo Mahasiswa Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD), Apakah Anda sudah mempelajari bahan materi Pokok (BMP)? bila sudah,
Anda dapat langsung mengerjakan naskah latihan Mandiri (LM) mata kuliah
PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama. LM ini di maksudkan untuk
membantu Anda untuk mengetahui keberhasilan atau kemajuan Anda setelah
mempelajari BMP.
Bacalah soal dengan teliti dan
pilih atau klik-lah pada butir pilihan jawaban A, B, C, atau D. setiap Anda
mengklik suatu pilihan jawaban Anda akan mendapatkan umpan balik (feedback)
mengenai benar salah jawaban yang Anda pilih. selain itu LM ini dilengkapi pula
dengan hint yang berisi rambu-rambu untuk menjawab setiap butir soal.
sehingga dengan mengerjakan LM ini Anda akan terbantu dalam memahami BMP
sekaligus dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan diri menghadapi UAS. Selamat mengerjakan dan selamat belajar,semoga sukses!
1
Affective
motivation aspect menurut Peter
memiliki makna sebagai ....
A. suatu
perhitungan emosi yang akan diakibatkan dari sebuah keputusan yang diambil
oleh seseorang
|
B. suatu
perhitungan antisipatif dari seseorang terhadap risiko yang mungkin muncul
jika dirinya menentukan suatu hal
|
C. suatu pola
yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu nilai moral yang didasari oleh
dua landasan perhitungan/ penilaian
|
D. suatu pola
standar awal yang dimiliki oleh anak usia Taman Kanak-kanak dalam rangka
mengembangkan moralitas anak
|
2
Berikut adalah
tahapan pengembangan moral menurut Dewey, kecuali ....
A. Pre
convensional
|
B. Autonomous
|
C. Heteronomous
|
D. tingkat
konvensional
|
3
Berikut adalah
hal yang harus dilakukan seorang pendidik agar dapat membantu anak didik
berhubungan dengan orang lain, kecuali ....
A. mampu
menempatkan dirinya setara dengan anak didik
|
B. dapat
menyelami pikiran dan jiwa anak didik
|
C.
menunjukkan ketegasan dan kewibawaan sebagai pendidik
|
D. membuat
anak dapat menerima pendapatnya
|
4
Salah satu
tujuan pendidikan moral yang dikemukakan oleh Adler adalah ....
A. menjalin
hubungan konstruktif antara anak-guru, guru-guru, dan dengan pihak lain
|
B. memberi
peluang kepada anak untuk memberi pengamatan
|
C. memberikan
dukungan positif kepada anak dengan tindakan guru sebagai model peran yang
positif
|
D. dapat
beradaptasi pada berbagai situasi dalam relasinya dengan orang lain dan dalam
hubungannya dengan kultur lain.
|
5
Pembentukan
karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan memberi dampak yang sangat
besar dalam pembentukan diri anak, Hal ini dapat dilihat pada anak yang diajari
iklim kerja keras dan tangggung jawab, maka anak tersebut akan....
A. belajar
memahami tentang bagaimana orang lain memperlakukan dirinya
|
B.
menunjukkan prestasi yang tinggi
|
C. membentuk
perilaku sosial pada kehidupan masa dewasa
|
D.
mengkontrol emosinya dalam kehidupan sehari-hari
|
6
Anak yang
berfikir heteronomous meyakini bahwa keadilan merupakan sesuatu yang tetap ada
Piaget mengistilahkan dengan ....
A. otonomus
justice
|
B. autonomous
morality
|
C. immanent
justice
|
D. heteronomous
morality
|
7
Pada level
pertama penalaran moral prakonvensional ada beberapa area perkembangan yang
perlu ditingkatkan dalam kegiatan pengembangan anak TK, kecuali ....
A. sosial
emosional
|
B. saint
|
C. fisik
|
D. bahasa
|
8.
Bangsa
Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya, pemahaman
terhadap perbedaan ini kepada anak bertujuan ....
A.
menitikberatkan pada pengembangan kepribadian
|
B.
meningkatkan antarbudaya dan membangun sikap toleran
|
C. memberi
kesempatan kepada anak untuk memahami satu budaya
|
D.
meningkatkan keterampilan berbahasa anak
|
9
Abdullah Nasih
Ulwan menjelaskan bahwa salah satu aspek tanggung jawab pendidik terhadap anak
didiknya adalah tanggung jawab pendidikan ....
A. sosial
|
B. kognitif
|
C. moral
|
D. bahasa
|
10
Kondisi yang
menekankan pada pengurangan ajaran nilai, norma dan moral yang ada pada diri
seseorang adalah ....
A. disolusi
|
B. resolusi
|
C. disonansi
|
D. resonansi
|
11
Sejak awal
kehidupan manusia telah memiliki potensi positif maupun negatif yang tertanam
pada dirinya. Peran guru dan orang tua dalam hal ini adalah ....
A. mengurangi
ketegangan, mengurangi rasa sakit dan menimbulkan kesenangan
|
B. melepaskan
energi pada setiap kesempatan yang memungkinkan tanpa penundaan
|
C.
mengantisipasi beberapa perilaku positif yang muncul pada anak
|
D.
pengkontrol dan pengendali dari perilaku anak didik dalam proses pendidikan
|
12
Jika disonansi
diistilahkan sebagai penghalang masuknya nilai-nilai budaya kehidupan, maka
resonansi....
A. menekankan
getar nilai, norma dan moral pada pendidikan
|
B. menghambat
getar nilai, kognitif dan moral pada pendidikan
|
C.
menghalangi getar nilai, fisik dan moral pada pendidikan
|
D. menguatkan
getar nilai, bahasa dan moral pada pendidikan
|
13.
Seorang anak
yang dilingkungan keluarganya tidak pernah ditegur ketika berbuat salah, maka
ia tidak merasa melanggar aturan karena sudah terbiasa dibiarkan oleh orang
tuanya. hal tersebut masuk kedalam kategori disonansi ....
A. sosio
politis
|
B. personal
|
C. bawaan
ilmu pengetahuan dan pola modernisasi
|
D. kognitif
|
14
Sebagai guru
kita dapat memberikan respon positif terhadap anak didik dengan cara dibawah
ini, kecuali ....
A. menghargai
dan memuji hasil karya anak
|
B. memberi
dukungan moril kepada anak
|
C. menghargai
pendapat dan mendekatkan diri pada anak
|
D. memberikan
berbagai informasi dan mengajukan beberapa pertanyaan
|
15
Pembuatan atau
cara untuk mendekati suatu aktivitas tertentu disebut ....
A. persamaan
|
B. persatuan
|
C. pendekatan
|
D. penjajakan
|
16.
Berikut ini
adalah faktor yang melandasi keputusan profesional dalam memilih pendekatan
pendidikan, kecuali pengetahuan tentang ....
A. sosial
kultural dimana anak hidup
|
B. proses
kegiatan belajar mengajar
|
C. belajar
dan perkembangan anak
|
D. kekuatan,
minat dan kebutuhan setiap individu anak dalam kelompok
|
17
Pada saat orang
tua melihat anak mencoret-coret tembok, guru menegur dengan memberi pujian
" warna lukisanmu bagus sekali, coba melukisnya diatas kertas gambar,
pasti lebih bagus". contoh diatas adalah teknik membentuk tingkah laku
anak dengan ....
A. memuji
|
B. mengubah
lingkungan rumah
|
C. peringatan
atau isyarat
|
D. mengajak
|
18
Salah satu
manfaat bercerita adalah guru dapat mengembangkan daya ....
A. imajinasi
anak
|
B. pikir anak
|
C. halusinasi
anak
|
D. ingat anak
|
19
Untuk
menunjukkan perwatakan dalam suatu cerita sesungguhnya guru dapat menggunakan
media, maka teknik bercerita yang digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan
....
A. dongeng
|
B. ilustrasi
dari buku
|
C. boneka
|
D. papan
flanel
|
20
Pendekatan
pembelajaran yang mudah membuat anak senang dan gembira adalah ....
A.
karyawisata
|
B. dongeng
|
C. sajak
|
D. bernyanyi
|
21
Dibawah ini
adalah program perilaku anak TK yang dilakukan dengan pembiasaan, kecuali ....
A. berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
B. menjenguk
teman sakit
|
C. menyerobot
pada saat antri mainan dengan temannya
|
D.
bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan
|
22
Untuk
menumbuhkan sikap sopan santun pada anak guru dapat mengajarkannya dengan ....
A.
mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain
|
b. mengenal
arti kebersamaan dan persatuan
|
C.
bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan
|
D. berdoa
sebelum dan sesudah memulai kegiatan
|
23
Kegiatan yang
dilakukan oleh anak usia 4-5 tahun yang terdapat pada materi inti pengembangan
moral dari menu pembelajaran anak usia dini adalah ....
A. meniru
gerakan beribadah dengan tertib
|
B. membantu
pekerjaan ringan orang dewasa
|
C. menghargai
teman dan tidak memaksakan kehendak
|
D. mengikuti
nyanyian lagu agama
|
24
Untuk
mengenalkan aturan bermain didapur, guru dan orang tua dapat memperkenalkan
hal-hal berikut kecuali ....
A. tidak
mengganggu ibu atau pembantu yang sedang bekerja
|
B. menekankan
pentingnya berperilaku sopan diatas meja makan
|
C. tidak
bercanda seperti mendorong atau berlari-lari yang dapat menyenggol benda yang
ada didapur
|
D.
memperlihatkan benda-benda didapur yang dapat membahayakan
|
25
Pada saat
kegiatan bercerita selesai, guru meminta anak menceritakan kembali cerita yang
telah dibacakan, hal ini termasuk dalam melatih anak agar memiliki sikap ....
A.
sosialisasi
|
B. tenggang
rasa dan toleransi
|
C. mampu
mengendalikan emosi
|
D. berani,
bangga, bersyukur dan tanggung jawab
|
26
Dibawah ini
adalah fungsi penilaian, kecuali ....
A. sebagai
bahan masukan bagi pihak lain yang memerlukan pembinaan selanjutnya
|
B. memberikan
informasi kepada orang lain tentang ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan
anaknya
|
C. sebagai
pertimbangan untuk menetapkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan niat dan
kemampuan anak
|
D. mengetahui
ketercapaian kemampuan yang telah ditetapkan dalam GBPKB TK
|
27
Prinsip yang
berorientasi pada proses dan tujuan, penilaian di TK dilaksanakan dengan .....
A. bertahap
dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan hasil
belajar
|
B.
berorientasi pada tujuan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak
|
C.
memperhatikan kesesuaian antara apa yang diajarkan di TK dengan laporan yang
dibuat
|
D. memberikan
gambaran sejauh mana penguasaan bahan belajar yang disampaikan guru selama
proses pembelajaran
|
28
Dibawah ini
adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan lembar
pengamatan, kecuali ....
A. memberi
kesempatan untuk anak dalam mempertahankan atau mempertanggungjawabkan
pendapat
|
B. diadakan
pembatasan agar jumlahnya tidak terlalu banyak
|
C. disepakati
bersama sehingga siapapun yang menggunakannya tidak mengalami kesulitan
|
D. mewakili
keseluruhan tingkah laku atau kemampuan yang akan dinilai
|
29
Penilaian
kegiatan bercerita yang dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan teknik
....
A. bertanya
|
B. observasi
|
C. pemberian
tugas
|
D. portofolio
|
30
Pendidikan
nilai-nilai keagamaan dalam landasan yuridis berfungsi untuk ....
A. membangun
pondasi yang kokoh bagi pendidikan selanjutnya
|
B.
mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang memahami nilai-nilai
ajaran agama
|
C. meletakkan
kerangka kehidupan dalam tatanan masyarakat
|
D. menanamkan
sifat saling menghormati antar suku bangsa dan agama
|
31
Guru dapat
memberikan kegiatan pembelajaran nilai-nilai keagamaan anak TK dengan cara ....
A.
membereskan mainan setelah digunakan
|
B. memberikan
pembiasaan berdoa sebelum melakukan pekerjaan
|
C.
mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kita
|
D.
membiasakan mandi sendiri sebelum berangkat sekolah
|
32
Pada hakekat
belajar nilai-nilai keagamaan, peragaan mengandung makna ....
A. memberikan
hasil dan pengalaman belajar yang mendalam bagi anak
|
B.
menunjukkan keaktifan anak yang tumbuh atas dorongan dari dalam dirinya
sendiri
|
C. anak dapat
menangkap suatu pesan atau informasi secara langsung dan kongkret
|
D. anak dapat
menikmati gerakkan yang diperagakan oleh guru
|
33
Dibawah ini
adalah dampak positif dari target mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada anak
TK, kecuali ....
A. akal
pikiran
|
B. fisik
|
C. kemampuan
bersosialisasi
|
D. kemampuan
berbahasa
|
34
Guru dan orang
tua dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak hendaknya memiliki
tujuan khusus dengan melihat aspek-aspek dibawah ini, kecuali aspek ....
A. usia
|
B. sosial
|
C. fisik
|
D. psikis
|
35
Tujuan guru
melakukan penanaman nilai-nilai agama bagi anak TK adalah ....
A.
membentengi anak dari pengaruh lingkungan yang negatif
|
B. membantu
anak berfikir lebih matang
|
C. membantu
perkembangan bahasa anak
|
D. membantu
anak meningkatkan kreatifitas
|
36
Landasan utama
penanaman esensi nilai-nilai keagamaan kepada anak usia TK adalah ....
A. keluarga
|
B. guru
|
C. teman
|
D. lingkungan
|
37
Penanaman
nilai-nilai agama pada anak akan muncul manakala anak sering melihat dan
terlibat dalam acara-acara keagamaan seperti ....
A. melakukan
peribadatan
|
B. bimbingan
dan penyuluhan
|
C. renungan
dan intropeksi
|
D. pendidikan
budi pekerti
|
38
Pada saat
mengajarkan nilai-nilai agama pada anak TK hendaknya guru harus menguasai
terlebih dahulu materi yang akan diajarkan karena pada usia TK anak banyak
belajar dari apa yang mereka lihat. Kondisi diatas menjelaskan bahwa anak
bersifat ....
A. misunderstand
|
B. ritualis
|
C. imitative
|
D. egosentris
|
39
Materi
pembelajaran yang bersifat terapan dan sangat dibutuhkan untuk beraktivitas
dalam kehidupan anak adalah ....
A. enjoyable
|
B. aplikasi
|
C. mudah
dimengerti
|
D. mudah
ditiru
|
40
Untuk memantau
proses perkembangan dan kemajuan anak dalam mengikuti program yang disiapkan
guru maka prinsip materi pengembangan agama yang perlu dilakukan guru yaitu
....
A.
keteladanan dari lingkungan dan orang tua dan keluarga
|
B. monitoring
yang rutin
|
C. penekanan
pada aktivitas sehari-hari
|
D. kesesuaian
dengan kurikulum spiral
|
41
Dalam
menyiapkan kegiatan harian guru mengembangkan materi nilai-nilai agama yang
disisipkan melalui pengembangan bidang kemampuan dasar lainnya, kegiatan
tersebut disebut juga dengan kegiatan yang ....
A. rutinitas
|
B. khusus
|
C. umum
|
D.
terintergrasi
|
42
Dibawah ini
adalah beberapa tujuan dari pembuatan SKH, kecuali ....
A. proses
kegiatan belajar mengajar akan lebih lancar
|
B. guru dapat
mengajarkan materi yang diinginkan sesuai perkembangan situasi dikelas
|
C. guru dapat
menggunakan media secara integral
|
D. guru dapat
menghindari diri dari lupa dan kebimbangan selama kegiatan belajar mengajar
berlangsung
|
43
Salah satu
langkah pembuatan perencanaan Satuan Kegiatan Mingguan adalah ....
A. memilih
dan menentukan kegiatan berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai dan
mengintegrasikan dengan materi nilai-nilai ajaran agama
|
B. memilih
tema sesuai dengan keinginan guru serta menggunakannya hingga waktu yang lama
|
C.
mendistribusikan kemampuan yang harus dikuasai anak dalam satu bulan untuk
setiap sub tema
|
D. memberikan
tanda ceklis (V) pada setiap kemampuan dan tema yang disukai oleh guru, dan
membaginya untuk setiap 3 bulan sekali.
|
44
Berikut ini
adalah beberapa persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran yang telah
dibuat guru melalui kajian empirik, kecuali ....
A.
kesinambungan antara program satu dengan program lainnya
|
B. melalukan
pendekatan terpadu
|
C. menyiapkan
kurikulum yang komprehensif
|
D.
mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan
kebutuhan anak didik
|
45
Yang
melatarbelakangi perlunya inovasi dalam pengembangan pembelajaran di TK adalah
....
A. munculnya
berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan sarana yang ada
dilingkungan penyelenggara pendidikan
|
B.
ketidakseragaman dalam pencapaian target kompetensi standar pengembangan
nilai-nilai agama bagi anak
|
C. penerapan
metode yang tidak sesuai dengan perkembangan anak
|
D. sikap anak
yang tidak perduli dan antusias dalam mengikuti program pengembangan karena
terkesan dipaksakan
|
46
Berikut adalah
hal-hal yang harus diperhatikan untuk melakukan inovasi pendekatan dan
pengembangan nilai-nilai agama pada anak TK, kecuali ....
A.
menggunakan berbagai media dan sumber belajar
|
B. kesesuaian
dengan keinginan anak
|
C. lingkungan
yang kondusif
|
D.
menggunakan pembelajaran terpadu
|
47
Berikut adalah
beberapa langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang
kita lakukan, kecuali ....
A. lakukan
penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara yang anak pilih
|
B. kembangkan
pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri
|
C. biasakan
anak memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan
bergelut dengan ide dan gagasan
|
D. kembangkan
sifat rasa ingin tahu anak dengan memancing mereka untuk bertanya
|
48
Untuk dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam berkomunikasi guru dapat mengangkat tema pembelajaran
dengan bercerita terlebih dahulu kepada anak misalnya tema matahari, bulan dan
bintang. kemudian guru mengambil salah satu untuk dijadikan topik pembicaraan
dengan anak bertanya manfaat serta keindahannya. dalam kegiatan tersebut guru
sedang melakukan pendekatan ....
A.
karyawisata
|
B.
keteladanan
|
C.
demonstrasi
|
D.
bercakap-cakap
|
49
Karakteristik
penilaian yang ideal adalah ....
A.
dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung
|
B. dilakukan
hanya pada saat pembukaan pembelajaran
|
C. dilakukan
pada saat guru melakukan umpan balik tentang materi pembelajaran
|
D. dilihat
pada kemampuan dan kecepatan anak menyelesaikan tugas
|
50
Guru dapat
melakukan penilaian terhadap anak didik dengan melihat seluruh hasil karya anak
dan dengan melihat kinerja anak dalam melakukan kegiatan. dalam hal ini guru
melakukan instrumen penilaian dengan mengacu pada ....
A. produk
|
B. observasi
|
C.
performance
|
D. pengukuran
|
kunci jawaban lebih baik dsertakan, terima kasih
ReplyDelete