SOAL UAS UT
MKDK4004
TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
NASKAH LATIHAN MANDIRI UNIVERSITAS TERBUKA
NAMA DAN KODE MATAKULIAH: MKDK4004 TEORI BELAJAR
DAN PEMBELAJARAN
KODE NASKAH: LM01
PENGEMBANG BUDI HERMAINI (budih@mail.ut.ac.id)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SAPAAN
Hallo, Mahasiswa Program S1! Jumpa kembali kita
dalam ajang melatih kerja otak kita. Anda tentunya sudah mempelajari materi
perkuliahan Teori Belajar dan Pembelajaran (MKDK4004). Untuk itu, Anda pastinya
sudah siap untuk mengerjakan soal-soal yang sudah disiapkan, dalam bentuk
Latihan Mandiri/LM. Latihan Mandiri ini dimaksudkan untuk membantu Anda dalam
mengukur sampai sejauh mana penguasaan Anda terhadap materi matakuliah ini.
Anda dapat mengerjakan Latihan Mandiri dengan
mengikuti petunjuk berikut!
Untuk mengerjakan soal nomor 1 - 38, Anda tinggal
memilih Jawaban A, B, C, atau D. Sedangkan untuk nomor 39 -50, Anda bisa
memilih jawaban lebih dari satu.
Saya berharap Anda dapat mengerjakan soal-soal
Latihan Mandiri berikut ini dengan baik. Selamat mengerjakan dan selamat
belajar!
Sukses buat Anda!!
MKDK4004 TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
1. Belajar menurut Bell-Gredler adalah proses
manusia untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan
secara bertahap dan berkelanjutan. Proses belajar ini berlangsung ...
A. pada saat seseorang sedang bersekolah.
B. dari bayi sampai tua.
C. pada waktu siswa sudah siap.
D. pada waktu seseorang sedang belajar.
2. Murid TK Ananda pada umumnya telah mampu
mengenali berbagai kesenian menurut daerahnya masing-masing. Pada tahap ini
murid telah mencapai tingkat ...
A. Discrimination Learning
B. Concept Learning.
C. Verbal Association Learning.
D. Problem Solving Learning.
3. Pada waktu proses pembelajaran, seorang guru
sering melontarkan pertanyaan kepada siswanya. Hal ini dilakukan oleh guru
sesuai dengan pola dasar pembelajaran yang dikemukakan oleh Jean Piaget, yaitu
...
A. conditions of learning.
B. information processing.
C. cognitive development.
D. social learning.
4.Ada tahap-tahap yang harus dilalui guru pada
waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan
atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran
tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan ...
A. kurikulum.
B. kerangka pembelajaran
C. sistem.
D. evaluasi.
5. Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita
berikan, maka gambar yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses
belajar S – R haruslah ...
A. berwarna gelap.
B. seminimal mungkin.
C. berwarna-warni.
D. semaksimal mungkin.
6. Pada dasarnya teori belajar behavioristik
sangat menekankan pada ...
A. proses belajar.
B. perkembangan siswa.
C. hasil belajar.
D. kepandaian siswa.
7. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya,
pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut
extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
B. Connectionism dari Thorndike.
C. Behaviorism dari Watson.
D. Operant conditioning dari Skinner.
8. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah
atau pujian kepada siswa yang berhasil menjawab atau menyelesaikan satu soal.
Dalam hal ini guru menerapkan teori belajar ...
A. clasical conditioning.
B. connectionism.
C. behaviorism.
D. operant conditioning.
9. Menurut Hull dalam teori systematic behavior,
proses belajar merupakan upaya menumbuhkan kebiasaan melalui ...
A. pengalaman.
B. serangkaian percobaan.
C. kegiatan membaca.
D. serangkaian kegagalan.
10. Proses lupa pada diri seseorang menurut
Guthrie terjadi secara ...
A. tiba-tiba.
B. tidak terkendali.
C. bertahap.
D. terkendali.
11. Pemberian pujian terhadap siswa yang berhasil
menyelesaikan tugasnya dengan tepat, sebaiknya diberikan ...
A. pada waktu semua siswa telah menyelesaikan
tugasnya.
B. segera setelah siswa menyelesaikan tugasnya.
C. kalau siswa yang lain sudah meninggalkan ruang
kelas.
D. pada waktu siswa menunjukkan prestasi
berikutnya.
12. Suatu teori belajar dikembangkan untuk
membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari
teori belajar ...
A. insight.
B. kognitif.
C. conditioning.
D. connectionism.
13. Teori belajar kognitif mempunyai perbedaan
yang mendasar dengan teori belajar conditioning S-R . Teori belajar kognitif
menggunakan pendekatan masa kini, artinya ...
A. mempelajari perilaku manusia di masa lalu
digunakan untuk memprediksi masa depan.
B. mempelajari perilaku manusia masa lalu untuk
mengetahui perilaku manusia masa lampau.
C. mempelajari perilaku manusia masa kini untuk
keadaan manusia saat ini.
D. mempelajari perilaku manusia masa kini untuk
dibandingkan dengan perilaku manusia masa lalu.
14. Dalam hal belajar, antara siswa satu dengan
yang lain kemampuan berpikirnya tidak sama. Hal ini dikemukakan dalam teori
belajar ...
A. kognitif.
B. conditioning.
C. connectionism.
D. behaviorism.
15. Untuk menerapkan proses kognitif dalam
pembelajaran, maka sebaiknya dipakai konsep ...
A. KTSP.
B. CBSA.
C. KBK.
D. pembelajaran terpadu.
16. Penerapan teori belajar Bruner dalam
pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ...
A. membantu siswa agar dapat melihat adanya
hubungan konsep yang satu dengan yang lain.
B. memberikan pertanyaan yang memungkinkan siswa
untuk mencari jawabannya.
C. mendiskusikan tentang suatu masalah dengan
siswa.
D. mendorong siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
17. Dalam proses pembelajaran, informasi yang
diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau konsep
yang dimilikinya. Cara belajar seperti itu disebut dengan ...
A. belajar bermakna.
B. belajar sendiri.
C. belajar verbal.
D. belajar menghapal.
18. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan
manakah yang menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif
atau disebut dengan 'fase-fase belajar'?
A. Sebelum proses pembelajaran berlangsung,
diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa.
B. Pada waktu mengajar, Pak Wardi mengharuskan
siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas.
C. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan
kegunaan belajar dalam proses pembelajaran.
D. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah
laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir.
19. Salah satu faktor yang mempengaruhi
perkembangan intelektual adalah ekuilibrium. Yang dimaksud dengan ekuilibrium
adalah ...
A. pengaruh sosial.
B. proses pengaturan diri.
C. proses kematangan pribadi.
D. lingkungan fisik.
20. Anak-anak akan senang melakukan hal-hal yang
dilakukan oleh orang dewasa apabila hal tersebut akan menjadikan dia
mendapatkan hadiah atau pujian. Perilaku ini adalah salah satu contoh dari
proses pembelajaran lewat pengamatan terhadap model, berdasarkan ...
A. memperhatikan model.
B. mengingat.
C. produksi.
D. motivasi.
21. Dalam menerapkan teori belajar sosial, yang
dapat dijadikan model untuk ditiru adalah sebagai berikut, kecuali ...
A. guru pengajar di kelas.
B. teman satu kelas.
C. pahlawan nasional.
D. alumni.
22. Di bawah ini adalah contoh dari adanya dampak
dari keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu ...
A. Ratna dapat menyelesaikan tugasnya dengan
bantuan orang tua.
B. Hesti merasakan sakit perut karena akan
mengikuti tes.
C. Yanto merasa pusing setelah mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru.
D. Adi menangis setelah berantem dengan Agus untuk
berebut mengerjakan tugas.
23. Untuk mendukung agar ketiga elemen pengaturan
diri (pemantauan diri, evaluasi diri, dan reaksi diri) mempunyai dampak positif
dan maksimal pada kemampuan pengaturan diri siswa, maka ada prosedur yang harus
dilalui yaitu sebagai berikut, kecuali ...
A. penentuan tujuan.
B. tanggung jawab.
C. pemberian insentif.
D. penilaian atau evaluasi.
24. Yang dimaksud dengan multipel intelegensi atau
kecerdasan majemuk adalah berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk ...
A. menjawab pertanyaan.
B. memecahkan masalah.
C. mengembangkan diri.
D. mengerjakan tugas.
25. Yang tidak termasuk dalam karakteristik
kecerdasan interpersonal, adalah ...
A. mampu bermain dalam kelompok.
B. mampu menjadi pemimpin.
C. mudah berkonsentrasi.
D. peka terhadap teman.
26. Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk
mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu
...
A. siswa berolah raga di lapangan.
B. guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi.
C. siswa diajak berkarya wisata.
D. siswa belajar di ruang laboratorium bahasa.
27. Pernyataan berikut adalah contoh kegiatan
bagaimana cara melatih intelegensi secara berimbang ...
A. mengajak siswa untuk berdiskusi tentang
pelajaran tertentu.
B. siswa diberi tugas untuk menyelesaikan suatu
masalah.
C. melakukan studi dokumentasi tentang data-data
siswa.
D. mengobservasi perilaku guru dan siswa.
28. Cara melatih silang intelegensi anak dapat
dilihat dari kegiatan berikut ini, kecuali ...
A. guru dan siswa melaksanakan kegiatan di
lapangan yang ada di sekolah.
B. siswa diberi tugas untuk mendata tanaman yang
ada di sekitar rumahnya.
C. guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bernyanyi di depan kelas.
D. Ali mendapat tugas untuk membuat maket rumah
Minangkabau.
29. Dalam menerapkan strategi pembelajaran
berbasis multipel intelegensi, ada langkah–langkah yang dapat digunakan,
antara lain ...
A. membuat kebijakan baru mengenai strategi
pembelajaran.
B
MKDK4004 TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
31. Dalam proses mengkonstruksi pengetahuannya,
siswa mengembangkan gagasan atau konsep baru berdasarkan analisis dan pemikiran
ulang terhadap pengetahuan yang diperoleh pada ...
A. masa lalu dan masa depan.
B. masa sekarang dan masa lalu.
C. masa siswa belajar.
D. saat siswa sedang melakukan kegiatan.
32. Perspektif kognitivisme berpendapat bahwa
perilaku siswa ditentukan oleh persepsi siswa itu sendiri yang dipengaruhi oleh
...
A. pengalaman.
B. berbagai penguatan.
C. cara belajarnya.
D. lingkungannya.
33. Pada dasarnya strategi pembelajaran di sekolah
dapat menggunakan teori behavioristik untuk mengajarkan siswa memproses
informasi sebagai berikut, kecuali ...
A. membuat asosiasi.
B. membedakan.
C. membuat skema.
D. mengingat.
34. Pada waktu Pak Totok mengajarkan bidang studi
IPS, dia menerapkan ‘pembelajaran melalui menemukan’. Berkaitan dengan hal
tersebut langkah-langkah yang harus ditempuh Pak Totok diantaranya adalah ...
A. memberikan kasus untuk dianalisa secara
bersama-sama.
B. menghubungkan hasil pengamatan dengan analisis.
C. memberitahu tentang konsep dasar yang relevan
dengan materi.
D. menyusun prosedur yang tepat untuk mengerjakan
tugas.
35. Dari pernyataan di bawah ini, manakah yang
menunjukkan kelebihan pendekatan konstruktivisme dalam proses pembelajaran
dilihat dari peran guru?
A. Bu Siska hanya menunjukkan cara bagaimana siswa
dapat memperoleh data melalui internet.
B. Pak Hadi harus memberikan ceramah di depan
kelas sepanjang proses pembelajaran.
C. Pada saat mengajar, Pak Budi harus menjelaskan
materi secara terus menerus.
D. Bu Amalia menganggap bahwa kemampuan siswanya
adalah sama.
36. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan
untuk mengerjakan tugas bersama dengan teman-temannya. Hal ini dilakukan agar
siswa dapat ....
A. mengobrol bersama.
B. bertukar informasi.
C. saling percaya
D. saling memahami.
37. Dalam proses pembelajaran, agar proses
pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap
sebagai berikut, kecuali ....
A. mendorong siswa untuk membuat keputusan
sendiri.
B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana
diperlukan.
C. mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan.
D. memasukkan unsur yang tidak diperkirakan
sebelumnya.
38. Dalam pembelajaran konstruktivisme lebih
menekankan pada pengembangan strategi berpikir siswa. Untuk itu evaluasi yang
paling tepat digunakan adalah evaluasi yang mengukur hal-hal berikut,
kecuali....
A. pengetahuan saja.
B. pengetahuan dan kinerja.
C. sikap dan kinerja.
D. sikap, pengetahuan, dan kinerja.
39. Pada saat Ratna belajar matematika, maka
seluruh kemampuannya akan dimaksimalkan untuk mempelajari ilmu itu. Dalam hal
ini Ratna telah mengalami proses belajar yang ditandai dengan adanya ...
1. perubahan tingkah laku.
2. pengalaman yang merubah jalan hidupnya.
3. perubahan yang menetap.
40.
Kita lebih memilih istilah pembelajaran, karena
...
1. ada kegiatan guru dan siswa.
2. ada tatap muka antara guru dengan siswa di
dalam kelas.
3. ada kegiatan yang berpengaruh langsung terhadap
proses belajar siswa
MKDK4004 TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
SAPAAN
41. Pembelajaran
yang berorientasi pada proses belajar rangkaian, seharusnya memberikan
kesempatan pada siswa untuk ...
1. melaksanakan satu urutan kegiatan tanpa
terputus.
2. mengulang urutan kegiatan dengan tepat.
3. mengganti kegiatan dengan kegiatan yang lain.
42. Agar siswa berhasil dalam belajar konsep,
hendaknya pada waktu kegiatan pembelajaran guru melaksanakan hal-hal berikut
...
1. mengajarkan konsep yang akan dipelajari.
2. menyajikan contoh dan non contoh pada waktu
membahas tentang konsep.
3. memberikan penguatan dengan segera kepada
siswa.
43. Untuk menerapkan konsep “observable
behaviorâ€, maka dalam merencanakan suatu
pembelajaran guru hendaknya menyusun ...
l. tujuan pembelajaran.
2. tujuan pembelajaran umum.
3. tujuan pembelajaran khusus.
44. Pernyataan di bawah ini merupakan contoh dari
tujuan instruksional khusus yang harus ditetapkan oleh guru pada waktu
memberikan materi tentang kalimat inti.
l. siswa dapat melengkapi kata predikat pada satu
kalimat.
2. siswa dapat menyebutkan subyek pada kalimat.
3. siswa dapat menyusun satu kalimat inti.
45. Anak-anak lebih cepat belajar dengan cara ...
l. melihat tingkah laku orang tuanya sehari-hari
2. mencontoh apa yang dilakukan guru di sekolah
3. membayangkan kejadian yang akan datang
46. Di bawah ini adalah cara seorang guru memberi
semangat kepada siswa dalam melakukan suatu tugas sehingga siswa mampu
mengalami peningkatan keyakinan akan kemampuan dirinya, yaitu ...
1. siswa dibimbing untuk meniru suatu perilaku.
2. siswa diminta untuk menyelesaikan suatu tugas
bersama dengan temannya yang lebih mampu.
3. siswa disuruh menyelesaikan tugasnya dengan
jangka waktu yang ditentukan
47. Yang sebaiknya dilakukan oleh guru dalam
menghadapi persepsi diri siswa terhadap kemampuan kognitifnya, adalah ...
1. merancang program pembelajaran sesuai dengan
keterampilan siswa.
2. membuat kegiatan yang menjadikan siswanya
bersaing.
3. menghindari membuat evaluasi untuk
membandingkan siswa yang satu terhadap yang lain.
48.
Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal
biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ...
1. mudah memahami orang lain.
2. biasa melakukan refleksi terhadap diri sendiri.
3. dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan
orang lain.
49.
Menurut Piaget dalam teori konstruktivisme,
seorang siswa akan melalui proses adaptasi ketika belajar dengan cara ...
l. siswa terlibat dalam interaksi sosial yang akan
berkontribusi dan membangun bersama makna suatu pengetahuan.
2. mengaitkan pengetahuan baru dengan struktur
kognitif yang telah dimiliki.
3. mengakomodasi pengetahuan baru dengan sedikit
mengubah struktur kognitif yang telah dimliki.
50. Pernyataan berikut merupakan karakteristik
perspektif konstruktivisme dalam pembelajaran, yaitu ...
1. pentingnya kegiatan belajar dan evaluasi
belajar yang otentik.
2. guru lebih berperan sebagai tutor, fasilitator,
dan mentor bagi siswa.
3. mengembangkan strategi alternatif untuk
memperoleh dan menganalisis informasi
No comments:
Post a Comment