LATIHAN SOAL UAS S1 PGPAUD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
MKDK4004 Metodologi Penelitian
KODE NASKAH: LM 01
PENGEMBANG: DURRI ANDRIANI
PENELAAH: REFNI DELFI
email: durri@mail.ut.ac.id
SapaanHalo mahasiswa FKIP-UT selamat berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri (LM) Online. Apakah Anda sudah mempelajari Buku Materi Pokok (BMP) mata kuliah MKDK4004 Metodologi Penelitian. Bila sudah, Anda bisa langsung mengerjakan LM Online tersebut. LM Online ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS).
Naskah LM Online ini sudah dilengkapi feedback yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah, serta hint yang berisi rambu-rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.
Petunjuk mengerjakan soal:
Bacalah setiap butir soal dengan teliti, dan pilihlah salah satu jawaban yang benar dari A, B, C, dan D.
Selamat mengerjakan
1
Dari beberapa karakterstik berikut ini, yang sesuai
dengan karakteristik penelitian ilmiah adalah ....
A. bahasa jelas, dan dapat diverifikasi
|
B. objektif,emprik, dan dapat ditindaklanjuti
|
C. bahasa jelas, akurat, dan dapat ditindaklanjuti
|
D. emprik, subjektif,dan dapat diverifikasi
|
2
Pada tingkat generalisasi, penelitian dasar bersifat
....
A. umum dan berkaitan dengan ilmu yang diteliti
|
B. abstrak dan berkaitan dengan sains
|
C. konkret dan bersifat spesifik
|
D. spesifik dan melekat pada praktek di lokasi
tertentu
|
3
Urutan yang ideal dalam melakukan perumusan masalah
adalah....
A. mencari latar belakang masalah – identifikasi
masalah – merumuskan masalah
|
B. mencari pustaka terkait – merekapitulasi kumpulan
masalah – merumuskan masalah
|
C. identifikasi masalah – memfokuskan masalah –
merumuskan masalah
|
D. mencari masalah – menjelaskan masalah –
merumuskan masalah
|
4
Pada dasarnya tujuan penelitian berfungsi sebagai ....
A. pedoman bagi peneliti unutk menjalankan aktivitas
penelitian tanpa kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja
|
B. arah petunjuk atau pengontrol yang memandu agar
seluruh tahapan aktivitas penelitian yang akan dilakukan tidak menyimpang
|
C. alat kontrol bagi pemberi dana agar aktivitas
penelitian dilakukan sesuai dengan jangka waktu dan dana yang telah
ditetapkan
|
D. acuan bagi peneliti lain untuk melihat sampai
sejauh mana aktivitas penelitian dilakukan di tempat yang telah ditentukan
|
5
Penelitian yang secara tipikal menunjukkan adanya
keingintahuan yang besar dari si peneliti untuk memahami atau mengkaji lebih
dalam suatu fenomena tertentu termasuk ke dalam penelitian jenis ....
A. eksplorasi
|
B. deskripsi
|
C. eksplanasi
|
D. intuisi
|
6
Hipotesis yang menguji penerapan metode belajar
tertentu dengan capaian hasil belajar siswa merupakan salah satu contoh
hipotesis yang baik dilihat dari sudut ....
A. ada kemungkinan hipotesis tersebut tidak benar
|
B. sifat kemustahilan dari pembuktian hipotesis
tersebut
|
C. penggunaan dua variabel dalam hipotesis tersebut
|
D. rasionalitas yang dapat diukur dari hipotesis
tersebut
|
7
Hipotesis yang diturunkan dari teori yang sudah banyak
dikenal dan mempunyai kontribusi dalam dunia ilmu pendidikan dinamakan ....
A. hipotesis deduktif
|
B. hipotesis induktif
|
C. hipotesis penelitian
|
D. hipotesis nol
|
8
Pak Adi akan melakukan penelitian untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn. rumusan hipotesis yang paling
tepat untuk penelitian tersebut adalah ....
A. Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar
siswa dalam matapelajaran PKn
|
B. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
|
C. motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
meningkat
|
D. meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
matapelajaran PKn
|
9
Bagian dari proposal penelitian yang berisi temuan-temuan
penelitian yang berkaitan dengan masalah atau variabel penelitian yang pernah
dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya adalah ....
A. bab latar belakang
|
B. bab tinjauan pustaka
|
C. bab metode penelitian
|
D. bab hasil & pembahasan
|
10
Salah satu tujuan melakukan kegiatan tinjauan pustaka
adalah ....
A. menemukan variabel penelitian yang penting
|
B. mencontoh apa yang sudah pernah dilakukan
peneliti terdahulu
|
C. mendapatkan pendekatan yang steril
|
D. memastikan bahwa temuan kita sejalan dengan
temuan penelitian sebelumnya
|
11
Buku acuan yang memuat data publikasi dari buku-buku
ataupun artikel riset dalam suatu topik tertentu disebut ....
A. general references
|
B. bibliografi
|
C. buletin
|
D. ensiklopedi
|
12
Salah satu langkah yang perlu dilakukan pada saat
mencari sumber pustaka berupa media cetak adalah ....
A. mencari topik penelitian
|
B. mengumpulkan semua buku yang ada
|
C. menemukan kata kunci yang relevan
|
D. mencatat buku yang dibaca
|
13
Fasilitas dalam Internet yang memungkinkan kita untuk
melakukan log in sebagai user jarak jauh untuk mengakses suatu
alamat situs tertetnu disebut ....
A. FTP
|
B. Telnet
|
C. Browser
|
D. Command
|
14
Membuat ringkasan merupakan salah satu cara yang dapat
digunakan dalam ....
A. membuat latar belakang masalah
|
B. mengembangkan masalah
|
C. memformulasikan tujuan
|
D. menelaah sumber pustaka
|
15
Dua hal yang harus diperhatikan pada saat memilih sumber
pustaka adalah ....
A. keberadaan pustaka dan jenis informasi yang
diberikan
|
B. relevansi sumber pustaka dan kemutakhiran pustaka
|
C. jenis pustaka dan frekuensi perujukan pustaka
|
D. penulis pustaka dan bidang kajian pustaka
|
16
Tiga hal penting dalam penyusunan kerangka teori
penelitian adalah ....
A. judul-subjudul-penjelasan untuk tiap variabel
|
B. struktur-kesatuan-ketarkaitan antara hal-hal yang
dibahas
|
C. pendahuluan-latar belakang-pembahasan tiap temuan
|
D. teori-praktek-implikasi yang harus duperhatikan
|
17
Pertimbangan berapa waktu yang tersedia untuk
melakukan penelitian menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan pada saat
peneliti menentukan ....
A. topik masalah
|
B. desain penelitian
|
C. metode penelitian
|
D. analisis penelitian
|
18
Untuk memastikan bahwa data yang digunakan dalam
penelitian valid adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. data yang berasal dari sumber sekunder
|
B. data statistik yang diterbitkan oleh departemen
pemerintah
|
C. data dari hasil penelitian sebelumnya
|
D. data dari sumber yang tidak jelas
|
19
Penelitian yang menggunakan desain: O X O menunjukkan
bahwa desain penelitian yang digunakan ....
A. termasuk desain korelasional antara dua variabel
|
B. adalah desain diagramatik antar observasi dan
perlakuan
|
C. mempunyai satu kelompok yang diobservasi dua kali
|
D. merupakan desain skematik antar observasi dan
perlakuan
|
20
Desain eksperimental yang menunjukkan bahwa dalam satu
penelitian terdapat dua kelompok dimana satu kelompok mendapat perlakuan dan
diobservasi setelah perlakuan sementara kelompok yang satu yang juga
non-ekuivalen tidak mendapat perlakuan namun diobservasi pada waktu yang sama
dengan kelompok perlakuan, dapat digambarkan sebagai berikut ....
A. O X1 O
|
B. R X O R O
|
C. X1 O X2 O
|
D. R O X O R OXO
|
21
Ketidakcermatan dalam memilih kelompok dalam suatu
penelitian dapat menyebabkan terjadinya ancaman terhadap validitas ....
A. histori
|
B. maturasi
|
C. instrumentasi
|
D. regresi statistikal
|
22
Desain penelitian yang merupakan kombinasi dari dua
desain ES (Eksperimental Sejati) dikenal juga sebagai ....
A. desain Pretest-Posttest Control Group
|
B. desain Posttset-only Control-Group
|
C. desain Kelompok Empat ala Solomom (KES)
|
D. desain Kelompok Kontrol Tes Awal dan Akhir
(KKTAA)
|
23
Situasi dimana subjek penelitian tahu bahwa ia
terlibat dalam eksperimen sehingga respon yang diberikan disesuaikan dengan
penafsiran subjek tersebut terhadap tujuan penelitian, dikenal sebagai ....
A. efek histori
|
B. efek Rosenthal
|
C. efek Hawthorne
|
D. efek Novelty
|
24
Pada situasi dimana penelitian mungkin memiliki dampak
destruktif terhadap objek yang diteilti, apa yang harus dilakukan peneliti?
....
A. menggunakan data sekunder
|
B. tidak melanjutkan penelitian
|
C. menarik sampel dari populasi objek yang diteliti
|
D. mencari alternatif untuk mengurangi dampak
|
25
Perhatikan gambar berikut. Gambar
ini menunjukkan penarikan acak dengan cara ....
A. sampel acak sederhana
|
B. sampel acak berlapis
|
C. sampel acak klaster
|
D. sampel acak dua tahap
|
26
Menentukan sampel dengan bantuan potongan-potongan
kertas kecil untuk mewakili sampel, dikenal sebagai teknik penarikan sampel
....
A. acak sederhana
|
B. acak berlapis
|
C. acak kluster
|
D. acak probabilitas
|
27.
Langkah ke dua dalam penarikan sampel acak berlapis
adalah ....
A. tentukan ukuran sampel
|
B. identifikasi variabel yang akan diteliti
|
C. buat strata yang diperlukan
|
D. kelompokkan anggota populasi berdasarkan lapisan
|
28
Penarikan sampel yang paling tepat untuk penelitian
tentang perbedaan hasil belajar siswa SD kelas rendah dan kelas tinggi pada
matapelajaran Matematika yang diajar melalui metode pembelajaran “X” di satu
sekolah adalah….
A. sampel acak sederhana
|
B. sampel acak proporsional
|
C. sampel acak klaster
|
D. sampel acak dua lapis
|
29
Pemilihan sampel yang dilakukan berdasarkan kebetulan
dan kebutuhan dikenal sebagai ....
A. sampel purposif
|
B. sampel sistematis
|
C. sampel kuota
|
D. sampel aksidental
|
30
Prediksi yang dilakukan Gallup terhadap kandidat
presiden Amerika dengan sampel yang cukup besar ternyata meleset karena ....
A. kesalahan instrumen
|
B. kesalahan teknik pengumpulan data
|
C. kesalahan mendefinisikan populasi
|
D. kesalahan penentuan sampel
|
31
Pertanyaan “Bagaimana pendapat Anda terhadap sikap
guru yang melakukan demonstrasi guru?” hendaknya dihindari dalam penelitian
karena ....
A. tidak semua guru melakukan demontrasi
|
B. tidak semua guru bersedia menjadi responden
|
C. pertanyaan ini dapat diartikan beda oleh orang
yang berbeda
|
D. pertanyaan ini terkait erat dengan empati guru
|
32
Di jenjang konstrak, konsep “disiplin” perlu dijabarkan
ke dalam serangkaian ciri-ciri/sifaf yang diamati dan dinilai kedisiplinannya
dari aspek, misalnya ....
A. kecepatan ybs dalam mengetik
|
B. jam pulang dan masuk kantor
|
C. rutinitas kegiatan dalam rapat
|
D. tinggi badan
|
33
Salah satu upaya untuk menjamin bahwa responden dapat
mengisi atau menjawab kuesioner dengan benar adalah melalui ....
A. menanyakan tentang fakta
|
B. mengajukan pertanyaan tertutup
|
C. memberi petunjuk pengisian kuesioner
|
D. menggunakan format yang mudah dipahami
|
34
Pada jenis wawancara apa tidak dibutuhkan pedoman
wawancra yang detail tetapi cukup semacam rencana umum untuk menanyakan
pendapat atau komentar responden tentang suatu topik? ....
A. wawancara terstruktur
|
B. wawancara terukur
|
C. wawancara tak terstruktur
|
D. wawancara tak terukur
|
35
Jika seorang peneliti ingin mencatat kelakuan-kelakuan
luar biasa yang dinilai penting dari objek yang ditelitinya maka digunakan alat
yang dikenal sebagai ....
A. anecdotal records
|
B. catatan berkala
|
C. check list
|
D. rating scale
|
36
Mirrors for Bahavior and Evaluating Classroom
Instruction merupakan salah satu contoh dari ....
A. format check list
|
B. format rating scale
|
C. format catatan berkala
|
D. format observasi standar
|
37
Validitas yang dikatakan sebagai prosedur validasi
yang paling kuat adalah ....
A. validitas permukaan
|
B. validitas kriteria
|
C. validitas konstrak
|
D. validitas isi
|
38
Tiga aspek penting dalam reliabilitas mencakup ....
A. dapat digunakan, dapat direplikasi, dapat
dihitung
|
B. dapat dihitung, dapat diramalkan, dapat
dibuktikan
|
C. dapat diandalkan, dapat diramalkan, menunjukkan
ketepatan
|
D. dapat diandalkan, dapat direplikasi, menunjukkan
ketepatan
|
39
Untuk mendapatkan pengukuran yang valid sekaligus
reliabel, peneliti dapat melakukan ....
A. mendahulukan kebenaran konstrak dari variabel
yang diteliti
|
B. mengembangkan alat ukur yang tepat untuk mnegukur
konsep yang benar
|
C. memperhatikan dengan teliti keandalan alat yang
dikembangkan
|
D. menggunakan alat yang sudah pernah digunakan
peneliti sebelumnya
|
40
Untuk masalah penelitian “Apakah ada pengaruh
penerapan pola pembelajaran X pada nilai matapelajaran Sejarah siswa”.
Hipotesis yang sesuai adalah ....
A. penerapan pembelajaran Sejarah memiliki pengaruh
terhadap nilai matapelajaran tersebut
|
B. nilai matapelajaran Sejarah siswa akan mempengaruhi
pola pembelajaran X yang diterapkan
|
C. penerapan pola pembelajaran X pada siswa akan
berpengaruh positif terhadap nilai matapelajaran Sejarah siswa
|
D. perilaku siswa pada matapelajaran sejarah
dipengaruhi oleh pola pembelajaran X yang diterapkan
|
41
Nilai ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI sekolah
dasar diukur berdasarkan ....
A. skala nominal
|
B. skala ordinal
|
C. skala interval
|
D. skala rasio
|
42
Teknik pengolahan data yang memungkinkan peneliti
menarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pada sejumlah sampel dari suatu
populasi, dinamakan teknik anaisis ....
A. statistik deskriptif
|
B. statistik inferensial
|
C. koefisien korelasi
|
D. tingkat signifikansi
|
43
Berikut ini tip yang diberikan Eckhardt & Erman
(1977) untuk membuat laporan penelitian yang jelas dan mudah di pahami ....
A. sajikan informasi dengan cara yang sistematis
untuk memperlihatkan bahwa peneliti memahami masalah
|
B. gunakan istilah/ jargon abstrak untuk memperkaya
mutu laporan
|
C. tuangkan dengan jelas hakekat dan hasil
penelitian sesuai dengan target pembaca yang dituju
|
D. gunakan bahasa ilmiah sehingga laporan
memeberikan kesan ilmiah yang kental
|
44
Untuk masalah penelitian “Apakah ada pengaruh
penerapan pola pembelajaran X pada nilai matapelajaran Sejarah siswa”.
Hipotesis yang sesuai adalah:
A. penerapan pembelajaran Sejarah memiliki pengaruh
terhadap nilai matapelajaran tersebut
|
B. nilai matapelajaran Sejarah siswa akan
mempengaruhi pola pembelajaran X yang diterapkan
|
C. penerapan pola pembelajaran X pada siswa akan
berpengaruh positif terhadap nilai matapelajaran Sejarah siswa
|
D. perilaku siswa pada matapelajaran Sejarah dipengaruhi
oleh pola pembelajaran X yang diterapkan
|
45
Bagian dalam laporan penelitian yang berisi informasi
tentang prosedur rinci yang ditempuh untuk mengumpulkan data, bagaimana
instrumen dikembangkan, bagaimana validasi terhadap instrumen, dan bagaimana
pengadministrasiannya adalah .....
A. sumber data
|
B. cara pengumpulan data
|
C. teknik pengukuran variabel
|
D. teknik analisis
|
46
Pedoman yang dapat diikuti untuk menyejikan temuan
penelitian yang komunikatif, antara lain ...
A. tampilkan hasil uji statistik yang signifikan
untuk meningkatkan kepercayaan pembaca
|
B. gunakan tabel dan gambar saja untuk memudahkan
pembaca memahami temuan penelitian
|
C. sajikan data (nominal) yang dapat menarik
perhatian diikuti dengan prosesntase untuk memudahkan
|
D. sajikan dahulu gambaran umum populasi atau sampel
penelitian baru diikuti dengan sajian hasil analisis data
|
47
Sebagai titik awal diadakannya penelitian, masalah
perlu dideskripsikan secara ....
A. jelas dan menarik untuk mencuri perhatian pembaca
|
B. hati-hati dalam bentuk pertanyaan maupun
pernyataan
|
C. akurat dan didukung berbagai pendapat atau bukti
empirik
|
D. terang dan lugas agar mudah digunakan sebagai
pedoman
|
48
Dalam mendeskripsikan sumber data untuk laporan
penelitian, peneliti harus memperhatikan dampak dari informasi yang diberikan
terhadap ...
A. tujuan penelitian
|
B. sumber data itu sendiri
|
C. nilai yang dianut masyarakat
|
D. reaksi pembaca terhadap laporan penelitian
tersebut
|
49
Faktor sebagian besar pembaca pada saat membaca
laporan hasil penilaian adalah pada ...
A. latar belakang
|
B. tinjauan pustaka
|
C. metode penelitian
|
D. temuan penelitian
|
50
“Secara umum tingkat kemandirian siswa kelas VI SD X
bervariasi, mulai dari kurang sampai dengan kuat, tidak ada satupun yang
mempunyai tingkat kemandirian sangat kuat”. Dalam penelitian, pernyataan
tersebut merupakan ....
A. diskusi
|
B. kesimpulan
|
C. saran
|
D. rekomendasi
|
No comments:
Post a Comment