Indikator PAUD Kelompok Usia 2 – 3 Tahun
Dibawah ini adalah contoh indikator PAUD untuk anak usia 2 sampai 3 tahun
Untuk mendapatkan dalam bentuk MS.Word bisa diunduh sini >Unduh Indikator 2-3 Tahun
ASPEK PERKEMBANGAN | STANDAR PERKEMBANGAN | PERKEMBANGAN DASAR | INDIKATOR |
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA | Anak mampu meniru secara sederhana perilaku keagamaan yang dilihat dan didengarnya, mengekspresikan rasa sayang atau cinta kasih sayangnya serta mulai meniru perilaku baik dan sopan | Dapat meniru perilaku keagamaan secara sederhana | · Menyebut nama Tuhan · Mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan · Menyanyikan lagu keagamaan · Mengucapkan salam keagamaan |
Dapat mengekpresikan rasa sayang atau cinta kasih sesamanya | · Menunjukkan rasa sayang dan cinta kasih melalui belaian/ rangkulan · Menyayangi binatang · Memelihara tanaman · Suka menolong teman | ||
Dapat meniru perilaku yang baik dan sopan | · Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong secara sederhana · Mau menjawab sapaan dengan ramah | ||
SOSIAL, EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN | Anak mampu beriteraksi, dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar, mengenal tagungjawab, mulai menunjukkan kemandirian, disiplin, dan percaya diri | Dapat berinteraksi dengan lingkungan terdekat | · Mulai menunjukkan senang bermain dengan teman · Merespon terhadap beberapa nama teman bermain · Senang meniru apa yang dilakukan orang lain · Mau menyapa teman |
· Dapat menunjukkan keinginannya | · Mau memilih sesuatu yang disukai · Mempertahankan hak milik · Menunjuk benda miliknya | ||
Dapat mengenal diri dan lingkungan Terdekat | · Menunjuk orang-orang yang terdekat · Menyebutkan ciri-ciri dirinya · Menyebutkan idintitas dirinya | ||
Dapat menunjukkan kemandirian | · Dapat ditinggalkan oleh orangtuanya · Memilih kegiatan sendiri · Mulai dapat menggunakan toilet (wc) namun masih dibantu/diingatkan · Makan dan minum sendiri | ||
Dapat mengekpresikan emosi secara wajar | · Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya) · Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami kegembiraan (Misal: Melihat hal yang lucu) | ||
Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan | · Menyimpan mainannya sendiri · Mulai mengikuti aturan sederhana | ||
Mulai menunjukkan percaya diri | · Berani mengungkapkan perasaannya · Berani menampilkan kemampuaannya | ||
BAHASA | Anak mampu mendengarkan dan berkomunikasi secara lisan dengan kalimat sederhana | Dapat mendengarkan informasi lisan | · Mendengarkan cerita · Mendengarkan lagu-lagu · Melaksanakan perintah sederhana · Merespon ketika namanya dipanggil |
Dapat mengungkapkan keinginannya melalui ungkapan sederhana | · Mengucapkan kalimat dengan 2-3 kata (Contoh: Saya mau makan, dll.) · Menjawab pertanyaan sederhana “apa, siapa, dimana” · Menggunakan kata ganti "aku" · Menyebutkan nama diri · Meniru dan mengulangi bunyi dan atau kata · Menceritakan pengalaman sehari-hari secara sederhana | ||
Dapat mengenal lambang (pramembaca) | · Menunjukkan lambang suatu benda (Contoh: mengenal lambang/logo dari produk makanan, minuman yang dikenal anak, dll.) · Mengemukakan kembali cerita yang digemari · Memilih-milih buku/media cetak lainnya menurut kesukaannya · Meminta tolong kepada orang dewasa untuk menuliskan cerita gambar yang dibuatnya | ||
Dapat membuat coretan-coretan (pramenulis) | · Menghasilkan coretan dengan menggunakan berbagai alat tulis · Menghasilkan garis-garis dengan alat tulis | ||
KOGNITIF | Anak mampu mengenal benda dan memanipulasi objek/benda | Dapat mengenal benda | · Menyebutkan benda-benda di sekitar · Menyebutkan berbagai bentuk benda · Membedakan warna yang dikenalnya · Membedakan ukuran benda (besar-kecil) · Membedakan rasa dan bau · Membedakan konsep buka-tutup. depan-belakang, keluar-masuk |
Dapat menggunakan benda | · Menyusun benda ke atas dan ke samping · Memasang puzzel 3 keping · Membilang 1-5 (tanpa mengenal konsep) · Mengenal konsep 1-2 · Membedakan banyak-sedikit, sama- tidak sama · Membedakan bunyi –bunyian · Mulai dapat menggunakan alat untuk memperoleh sesuatu yang berada di luar jangkauannya (Contoh: meraih benda dengan menggunakan alat bantu) · Membangun balok dan merobohkannya · Menyodok, menjatuhkan, mendorong, menarik, dan meremas benda untuk melihat apa yang akan terjadi · Mulai dapat menempatkan benda pada tempat tempat yang sesuai (Contoh: Membuang sampah di tempat sampah, menyimpan mainan ditempatnya, dll.) | ||
Dapat mengenal ciri-ciri benda/orang | · Mulai mengenal jenis kelamin · Menyebutkan bagian tubuh secara sederhana | ||
FISIK/MOTORIK | Anak mampu melakukan gerak dasar sederhana | Dapat melakukan gerakan di tempat (tidak berpindah) | · Meniru gerakan senam sederhana · Mengekspresikan diri lewat seni musik, dengan berbagai gerakan |
Dapat melakukan gerak berpindah tempat | · Berjalan dengan kontrol yang baik · Berlari lurus ke depan · Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm dengan dua kaki · Merayap dan merangkak lurus ke depan · Menghindari rintangan ketika berjalan · Melompat ke depan dengan dua kaki bersama-sama · Menirukan gerakan binatang dan tanaman · Naik turun tangga dengan berpegangan | ||
Dapat memainkan benda menggunakan tangan atau kaki | · Menggulirkan bola dengan satu/dua tangan · Melempar bola dengan satu atau dua tangan · Memasukkan bola ke dalam keranjang · Menangkap bola besar yang dilambungkan dengan dua tangan · Menendang bola · Memegang benda dengan benar · Mengaduk cairan dengan berbagai alat · Menuang (air, beras, biji-bijian) · Meraup pasir, biji-bijian, beras | ||
Anak mampu menunjukan kontrol dan koordinasi antara tangan dan mata | Dapat melakukan koordinasi mata dan jari-jari untuk kelenturan otot | · Merobek dengan jari · Menggunakan lima jari untuk meremas-remas sesuatu · Menggunakan dua jari untuk memegang sesuatu · Melipat kertas tak beraturan · Menggunting kertas tak beraturan · Menggunakan kuas,spidol dan krayon untuk mencoret-coret bebas · Meronce dengan manik-manik yang besar · Membedakan permukaan benda melalui perabaan | |
Anak mampu menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya secara sederhana | Menjaga kesehatan fisik diri sendiri | · Mau makan makanan yang bergizi · Menutup mulut ketika batuk atau menguap | |
Menjaga kebersihan dirinya | · Menggosok gigi sendiri (dengan pengawasan) · Mandi pada waktunya · Makan sendiri dengan dibantu · Mau cuci tangan sebelum dan sesudah makan | ||
SENI | Anak Mampu melakukan berbagai gerakan anggota tubuhnya sesuai dengan irama dan dapat mengekspresikan diri dalam bentuk goresan sederhana | Dapat bergerak bebas mengikuti irama musik | · Bertepuk tangan mengikuti irama musik · Menari mengikuti irama musik · Memukul-mukul benda menurut irama musik |
Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk coretan sederhana | · Mengekspresikan diri melalui gambar sederhana · Mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk coretan atau gambar |
No comments:
Post a Comment