Pengembangan bahasa pada anak PAUD diarahkan agar anak mampu menggunakan dan mengekpresikan pemikirannya dengan menggunakan kata-kata.
- Mengolah kata secara komprehensif.
- Mengekspresikan kata-kata tersebut dalam bahasa tubuh (ucapan dan perbuatan) yang dapat dipahami oleh orang lain.
- Mengerti setiap kata, mengartikan dan menyampaikannya secara utuh kepada orang lain.
- Berargumentasi, meyakinkan orang melalui kata-kata yang diucapkannya.
Pengembangan Berbahasa pada anak PAUD menekankan pada:
Mendengar dan Berbicara
Secara umum melalui kegiatan mendengar dan berbicara diharapkan anak dapat:
- Mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan merespon dengan tepat.
- Berbicara dengan penuh percaya diri.
- Menggunakan bahasa untuk mendapaPAUDan informasi dan untuk komunikasi yang efektif dan interaksi sosial dengan yang lain.
- Menikmati buku, cerita dan irama.
- Mengembangkan kesadaran bunyi.
Awal Membaca
Secara umum melalui kegiatan awal membaca diharapkan anak dapat:
- Membentuk perilaku membaca.
- Mengembangkan beberapa kemampuan sederhana dan keterampilan pemahaman.
- Mengembangkan kesadaran huruf.
Perilaku yang dapat Dilakukan oleh Anak
Mendengar dan Berbicara
- Melakukan kontak mata ketika mendengar atau mulai berbicara.
- Memberi perhatian ketika mendengarkan sebuah cerita.
- Merespon sumber bunyi atau suara.
- Menggunakan kata-kata yang sopan ketika berbicara dengan orang.
- Menyampaikan pesan sederhana dengan akurat.
- Membuat permintaan sederhana.
- Merespon ketika diajak berbicara atau ditanya.
- Memulai pembicaraan dengan teman sebaya dan orang dewasa.
- Berkomunikasi secara efektif dalam situasi tertentu.
- Menggunakan bahasa untuk menjelaskan tujuan sederhana.
- Berbicara tentang pengalaman pribadi, perasaan dan ide.
- Berpartisipasi dalam cerita, lagu dan irama.
- Berpartisipasi dalam dramatisasi dari cerita yang terkenal.
- Menceritakan kembali cerita dan peristiwa tertentu secara sederhana.
- Membuat cerita sendiri dan memerankannya.
- Menggabungkan suara dengan pola irama tertentu.
- Membedakan antara bunyi suara dan irama dalam kata-kata
Awal Membaca
- Mengekspresikan pendapat terhadap apa yang sudah dibaca.
- Mendemonstrasikan cara yang benar dalam menggunakan sebuah buku.
- Memahami bagian dasar yang digunakan dalam buku (misalnya: sampul, judul, paparan dan halaman).
- Menikmati membaca dengan orang dewasa dan mau membaca.
- Mengenal tulisan sebaik mengenal gambar, membawa pesan.
- Menyadari nama mereka sendiri.
- Mengetahui kalau tulisan dibaca dari kiri ke kanan atau atas ke bawah.
- Memahami bahwa kata yang diucapkan dapat direpresentasikan dalam tulisan.
- Menyadari bahwa cerita mempunyai bagian awal, tengah dan akhir.
- Mengantisipasi kejadian-kejadian dalam cerita dan membuat prediksi.
- Menggunakan suara inisial untuk kode kata-kata.
- Menggunakan gambar untuk kode kata-kata.
- Menggunakan tulisan untuk mengenal tulisan yang lebih kompleks.
Fungsi Bahasa sebagai Alat Komunikasi
Keterampilan Berbahasa
Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku: menyapa, memperkenalkan diri, bertanya, mendeskripsikan, melaporkan kejadian, menyatakan suka/ tidak, meminta ijin, bantuan, mengemukakan alasan, memerintah atau menolak sesuatu.
Keterampilan Mendengar
Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku: mendengarkan perintah, mendengarkan pertanyaan, mendengarkan orang yang sedang bercerita dan mendengarkan orang yang memberi petunjuk.
Keterampilan Berbicara
Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku: mengembangkan keterampilan bertanya, menyiapkan kegiatan yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meng-gunakan berbagai kegiatan yang bervariasi.
Keterampilan Membaca
Membaca adalah kegiatan yang melibaPAUDan unsur auditif (pendengaran) dan visual (pengamatan).
Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak
Berdasarkan dimensi perkembangan bahasa anak usia 4-6 Tahun memiliki karakteristik perkembangan, antara lain:
- Dapat berbicara dengan menggunakan kalimat sederhana yang terdiri dari 4-5 kata.
- Mampu melaksanakan tiga perintah lisan secara berurutan dengan benar.
- Senang mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut dan mudah dipahami
- Menyebut nama, jenis kelamin dan umurnya, menyebut nama panggilan orang lain (teman, kakak, adik atau saudara yang telah dikenalnya).
- Mengerti bentuk pertanyaan dengan menggunakan apa, mengapa dan bagaimana.
- Dapat mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa dan mengapa.
- Dapat menggunakan kata depan seperti di dalam, di luar, di atas, di bawah, di samping.
- Dapat mengulang lagu anak-anak dan menyanyikan lagu sederhana.
- Dapat menjawab telepon dan menyampaikan pesan sederhana.
- Dapat berperan serta dalam suatu percakapan dan tidak mendominasi untuk selalu ingin didengar.
No comments:
Post a Comment